Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, November 25, 2017

Tips Belajar

Yo semua ^_^ Ketemu lagi sama  mimin yang baik hati lagi pintar, mimin K. Kali ini mimin bakal ngasih tips blajar buat ente2 semua. Faktanya, banyak skali tulisan baik di media cetak ataupun media elektronik yang isinya tips belajar dan banyak juga yang membacanya. Namun, yanG mengheranGkan adalah gak banyak orang yang jadi pintar setelah membaca tips belajar tersebut. So, disini mimin bakal kasih sedikit tips blajar buat ente2 semua yang mungkin bisa lebih efektif dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Langsung saja yah cekidot.





Banyak skali orang yang mengalami kesulitan belajar. Ini gak bisa dipungkiri dan sudah menjadi realitas. Akibatnya, banyak skali orang yang pengen cara instan dengan membaca tips belajar di blog orang misalnya. Padahal, sebenarnya kebanyakan tulisan yang menjelaskan tips blajar itu sama aja. Sama2 kasih tips belajar :v termasuk postingan ini. Sebenarnya mimin gak suka kasih2 tips blajar pasalnya mimin sendiri gak tau gimana biar orang bisa mengamalkan tipsnya dengan baik ditambah lagi cara belajar efektif bagi tiap orang itu beda2. Namun, karena ada request dari teman fb, mimin pun terpaksa harus mosting tips belajar.
Demi keamanan narasumber dan keluarganya, nama tidak disamarkan.
Kebanyakan orang yang suka nyari tips belajar itu adalah orang2 yang sulit untuk memahami pelajaran terutama pelajaran matematikamampus. Sungguh, pelajaran yang bagaikan berada di neraka. Mimin nggak tau kenapa banyak orang yang sulit untuk memahami pelajaran padahal mimin sendiri tinggal enjoy aja menerima pelajaran. Ya, gitulah tiap orang beda2 ada yang susah nyerap dan ada pula yang gampang nyerap kayak spons. Mari kita bagi manusia menjadi 2 tipe yakni tipe spons dan tipe.. apa ya bagus namanya? Hmm, sebut saja tipe bobo.

Sebenarnya, masih ada faktor laen yang membuat materi pelajaran sulit diserap misalnya guru yang pake "bahasa alien" saat menyampaikan materi pelajaran. Pasti murid2nya mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran yang disampaikan. Mungkin, bagi tipe spons, ini hampir tidak menjadi masalah karena di otak mereka ada semacam mesin yang disebut "kepekaan" dan "kepengertian" yang dapat mengubah informasi gaje menjadi jelas. Namun, bagaimana dengan tipe bobo. Kasian mereka :'(

Belajar untuk Tahu Bukan untuk Ujian
Kebanyakan manusia jaman now belajar cuma mau nilai bagus saat ujian. Sebenarnya, itu sah2 saja, tidak masalah, semua orang pasti senang jika nilai ujiannya bagus. Namun, banyak orang yang terlena dengan nilai ujian. Padahal, ilmu itu sebenarnya lebih penting dibandingkan nilai ujian. Akibatnya, banyak orang yang hanya belajar pas mau dekat ujian, banyak orang yang berhenti belajar kalo udah lulus sekolah ato kuliah, banyak orang yang langsung lupa ingatan (tentang semua yang telah dipelajari) setelah ujian. Hmm, mungkin ini pengaruh zaman. Skarang udah zamannya orang diterima kerja bukan karena ilmunya tapi nilai ujiannya yang bisa saja direkayasa.

Jangan Malas Belajar
Sebenarnya, mimin gak tau apa kunci biar belajar itu enak, gampang, cepat nyerap di otak. Namun, mimin tau satu kunci biar ente gak bisa belajar dengan baik. Kuncinya itu adalah malas. Yap, orang yang males belajar pastinya gak mau cari yang namanya tips belajar. Itu berarti ente termasuk orang yang rajin karena ente sedang berusaha keras untuk mencari cara bagaimana cara belajar yang baik, selamat.

Ingat Kembali Apa yang Pernah Ente Pelajari Sebelumnya
Mengingat kembali apa yang pernah dipelajari harus dilakukan agar ilmu yang pernah ente pelajari bisa tahan lama di otak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti menghafal, membaca kembali catatan, main game kuis, dll.

Pelajari Hal Baru
Jangan takut untuk mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru tidak akan melemahkan ingatan ente tentang hal lama. Justru, mempelajari hal baru bisa menguatkan memori ente kalo seandainya hal baru tersebut dapat mengingatkan ente dengan apa yang telah ente pelajari sebelumnya. Ente bisa mempelajari banyak hal baru bahkan melalui video. Banyak channel Youtube pendidikan yang bisa ente tonton sehingga ente menjadi pinter setelah menonton video di channel2 tersebut. Nih, mimin kasih listnya.
Bahasa Indonesia:
Arsypedia (channel tempat bertanya)
MAQ (channel si bogeng)
Kok Bisa? (channel tempat bertanya)
nous id (channel tempat bertanya juga)
Bahasa Inggris:
3Blue1Brown (channel penjelasan panjang math)
blackpenredpen (channel matematika ^_^)
Eddie Woo (channel guru math impian)
Geography Now (channel tentang negara di dunia)
MindYourDecisions (channel penyelesaian soal math)
Numberphile (channel math juga hehe)
PBS Infinite Series (channel matematika juga)
Seeker (channel sains)
TED-Ed (channel berbagai jenis pengetahuan disajikan dalam bentuk animasi) 
Veritasium (channel fisika :) ada eksperimennya juga)
Vsauce (channel yang buat ente berfikir)

Selain buka yucup, ada juga cara lain yang bisa ente lakukan buat bisa mempelajari hal baru. Tentu saja, browsing di internet. Kalo bingung mau browsing ke mana coba deh kunjungi stumbleupon.

Belajar Bersama
Bagi tipe bobo, belajar bersama merupakan cara yang sangat efektif. Alangkah baiknya, dalam kelompok blajar ada tipe spons sama tipe bobonya. Belajar bersama merupakan cara belajar yang sangat baik menurut mimin karena biasanya kalo sendirian malah jadi malas buat blajar.

Belajar pada Suasana yang Disukai
Blajarlah di tempat dan pada suasana yang disukai misalnya saja di bawah pohon, di tepi sungai, di dalam kamar yang nyaman, di atas bukit, ato bahkan di bawah air yang penting ente merasa nyaman buat blajar. Oh yah, pakelah pakaian yang santai dan nyaman. Jangan lupa juga sediakan snack dan minuman hangat biar lebih nyaman lagi.

Perbanyak Membaca
Sebenarnya rahasia orang bisa pintar adalah banyak membaca. Bacalah banyak buku. Kalo ketemu buku, tidak ada salahnya buat dibaca. Kalo gak punya buku, silahkan ke perpus ato browsing di internet.


Jangan Lupa Berdoa
Mungkin ente sudah dikutuk oleh Tuhan menjadi seorang manusia tipe bobo ekstrim. Alangkah baiknya, ente berdoa sama Tuhan biar akal pikiran ente bisa terbuka buat menerima ilmu. Bukankah tidak yang lebih berkuasa dibandingkan Tuhan?


Jangan Sombong dan Malu
Sombong dan malu merupakan dua penyakit yang gak boleh ada bagi para pelajar. Kita gak boleh sombong dan menganggap diri kita lebih pintar. NO NO NO sombong. Kesombongan membuat kita meremehkan orang lain. Kesombongan dapat membuat kita tidak bisa menerima ilmu dari orang laen yang kita anggap rendah. Adapun malu sebenarnya adalah kebaikan. Namun, malu bertanya dapat membuat ente sesat di jalan. Kalo ente tersesat, kan masih ada GPS. So, ngapain bertanya. Ehem, sori. Rasa malu dapat membuat ente tidak bisa bertanya pada yang tau. Akibatnya yah ente jadi tidak tahu lah. Tunggu dulu, coba liat di paragraf satu. Astaga, mimin sendiri kok sombong yah. Mohon maaf, itu bukan kesombongan ^_^ sebenarnya itu mimin tulis cuma sebagai bunga2 postingan dan ciri khas saja. Itu mimin buat cuma untuk membentuk karakter mimin di blog ini. Gak ada hubungannya sama kepribadian mimin yang asli, bego.

Praktekkan!
Nah, ilmu2 yang udah ente pelajari alangkah baiknya ente praktekkan kalo bisa. Tentu saja, yang dipraktekkan bukan yang buruk2 yah. Kalo yang buruk2 mungkin bisa dilakukan dengan simulasi. Dengan mempraktekkan langsung ilmu yang udah dipelajari, ente bisa lebih paham dan ilmu tersebut bakal awet tersimpan di otak, hehe.

Bagikan ke Orang Lain
Salah satu cara untuk mempertahankan ilmu biar awet dalam otak ialah mengajar. Yap, mengajar bukan hanya memberikan efek pada orang lain tapi juga memberikan efek pada diri ente sendiri. Ente bisa membagikan ilmu ente bisa secara lisan maupun tulisan misalnya saja bikin blog, cenel yucup, ato mungkin status di sosmed juga bisa. ^_^ So, demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan demi menguasai dunia marilah kita saling berbagi ilmu pengetahuan.


Orang Pintar Makan Apa?
Tidak bisa dipungkiri lagi, banyak orang yang terlahir jenius. Mungkin karena gennya ato makanannya. Mungkin awalnya terdengar tidak masuk akal kok bisa ada orang jenius di dunia ini. Kenyataannya justru ada dan mimin merasakannya sendiri. Seingat mimin, mimin pernah makan banyak telur puyuh (dan tentu saja banyak minum ASI) pas masih kecil. Mungkin aja itu yang bikin mimin jadi pinter, hehe. Setelah googling ternyata bener kalo telur puyuh itu baik untuk otak. Mungkin, ini bisa menjadi solusi bagi manusia tipe bobo biar bisa jadi tipe spons. Oh yah, untuk jawaban orang pintar makan apa, jawabannya adalah.. Orang pintar minum tolak angin. Kalo orang bejo minum *7 masuk angin. Sekian.



Sekian postingan dari mimin. Kalo ada salah kata, itu cuma perasaan ente saja. Moga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di postingan berikutnya, papay~

Jangan lupa juga
Ketahui tentang besaran dan satuan
Nonton anime Arslan Senki
Ketahui tentang bilangan bulat

No comments:

Post a Comment