Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Tuesday, December 26, 2017

Tutorial Cara Leech File Torrent

Yo semua~! Ketemu lagi sama mimin yang cerdik lagi senang berbagi, mimin K. Tentu saja, masih di blog yang penuh dengan warna warni kehidupan, KnK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas cara ngedonlot file torrent. Sebenarnya, donlot file torrent itu gak susah2 amat sih. Namun dalam ilmu donlotologi, sebaiknya qta menghindari pendolotan melalui metode torrent download ini. Ini karena dalam pendonlotan torrent terdapat lebih banyak hal yang harus diperhatikan, diukur, dan diperhitungkan dibandingkan dengan metode donlot secara direct ato langsung. Nah, kali ini mimin bakal kasih tau gimana sih cara leech file torrent. Langsung saja daripada lama lami mending cekidot.



Pertama2, bagi yang belum tau, mimin kasih tau dulu apa itu torrent. Apakah torrent adalah salah satu metode belajar efektif? Apakah torrent adalah sejenis kuaci? Apakah torrent termasuk istrumen? Jawabannya adalah tidak, tidak, dan tidak. Trus apa itu torrent? Sebenarnya sih ente bisa temukan jawabannya di google karena semuanya bisa dicari lewat google.

Okeh Jadi gini, torrent itu semacam metode buat berbagi file secara peer to peer. Apa yang dimaksud dengan peer to peer ato P2P ini? Peer to peer itu adalah semacam model jaringan yang menghubungkan dua ato lebih komputer dimana setiap komputernya bisa menjadi client sekaligus menjadi server. Dengan menggunakan model jaringan inilah proses berbagi file torrent berlangsung.

Cara kerjanya kayak gini. Pertama2 pemilik file yang disebut seeder membuat file torrent yang memuat informasi tentang file asli. File torrent ini pun didonlot oleh komputer laen. Setelah itu, File torrent ini dibuka dengan program torrent client seperti uTorrent dan Bittorrent. Nah, dari program ini diperoleh informasi file yang bakal didonlot dari komputer seeder tadi. File pun mulai didonlot oleh pendonlot ini yang disebut sebagai leecher. Sebelum pendonlotan terjadi, sebenarnya file aslinya dipilah2 menjadi fragmen2 terlebih dahulu baru ditransfer ke leecher. Nah, dalam proses pendonlotan ini sebenarnya bisa ada lebih dari satu leecher ato pendownload. Pendownload kedua ini dapat mendownload sebagian pecahan file dari seeder pertama tadi sekaligus mendownload pecahan file dari leecher tadi. Sehingga, leecher yang pertama tadi bukan hanya melakukan proses download tapi juga sekaligus mengupload ke leecher yang laen sehingga namanya bukan leecher lagi tapi berubah menjadi peer. Sesama peer akan saling berbagi pecahan file satu sama laen. Jadi, seeder yang pertama tadi tidak perlu mengupload file ke semua leecher dan peer karena sudah ada peer yang membantu proses pembagian file. Jika peer sudah selesai mendonlot file, peer tersebut bisa dengan sukarela beralih menjadi seeder kedua, ketiga, dst. Semakin banyak seeder maka file aslinya tersebut akan semakin mudah didonlot. Jadi, kalo dianalogikan yah, ah gak jadi pake analogi, susah cari contoh analoginya, hehe.

Semoga ente bisa mengerti penjelasan panjang lebar di atas. Kalo gak ngerti mohon sampekan di komen nanti mimin perbaiki kata2nya ^-^. Okeh, trus bagemana caranya melakukan leech file torrent. Menjadi leecher ato pendonlot sebenarnya gampang banget. Ada dua cara pendonlotan file torrent yakni menjadi leecher ato mendonlot file secara direct dari server penyedia jasa leeching.

Cara 1 : Leeching langsung di torrent client
Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Qta tinggal donlot file *.torrent trus dibuka pada software torrent client seperti uTorrent dan BitTorrent yang mimin harap ente bisa cari sendiri di google softwarenya. Biasanya file akan langsung terdonlot secara otomotis setelah dibuka. Terkadang qta tidak perlu mendonlot file *.torrent apabila sudah disediakan apa yang disebut "magnet link". Sebenarnya fungsi keduanya sama aja yakni memberikan informasi seputar file yang bakal didonlot sehingga dapat melacak dan menghubungkan dengan peer2 atao seeder2 yang aktif di seluruh dunia sehingga file torrent bisa didonlot.


Cara 2 : Menggunakan jasa layanan leeching
Terkadang ente berpikir ternyata proses donlot torrent memakan waktu yang sangat2 lama bahkan bisa memakan waktu berhari2 meskipun kecepatan internet ente begitu cepat bahkan file yang didonlot juga relatif kecil. Sebenarnya terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan lambatnya proses pendonlotan file torrent misalnya seeder yang sedikit dan leecher yang begitu banyak. Nah, dengan menggunakan layanan torrent leech. Ente hanya perlu mengupload file *.torrentnya. Nanti servernya bakal ngeleech buat ente. Setelah itu, ente bisa donlot langsung dengan menggunakan IDM dan sebangsanya yang relatif lebih cepat proses pendonlotannya. Layanan kyak gini bisa ente cari di google dengan kata kunci "torrent leech". Tentu saja, kebanyakan jasa layanan ini berbayar. Kalo beruntung, ente mungkin bisa temukan yang gratis dan tentu saja yang gratis belum tentu bagus.

Sebenarnya ada cara laen untuk melakukan leeching file torrent tapi yah mimin gak punya ilmu lebih soal itu. Yasudahlah, lagipula ini sudah tengah malam (pas mimin nulis postingan ini), biasanya banyak setan. Jadi, mimin gak mau lama2 lagi. Oh yah, mimin lupa, sebenarnya postingan ini direquest oleh teman mimin. Waso, lupa kasih SS-nya.

Makasih buat mas Arief yang telah merequest postingan ini. Makasih udah nyusahin mimin, hehe. Oh yah, mimin lupa kasih tau hal yang penting. Sebelum ente donlod file *.torrent ato ngambil magnet link, pastikan terlebih dahulu keterangannya yang tertera pada website tempat ente donlot torrent. Biasanya ada informasi berapa jumlah seeder dan berapa jumlah leecher. Yang terpenting yang harus ente liat adalah keberadaan seedernya. Pastikan setidaknya ada satu seeder yang tersedia tapi lebih amannya ente hindari donlot file dari seeder yang sedikit seperti dua ato tiga mungkin. Carilah file yang jumlah seedernya banyak. Tentu saja, seederlah yang berperan sebagai server dalam proses pentransferan file. Kalo gak ada seeder yah filenya mati gak bisa didonlot lagi. Kalo yang ada cuma peer sebenarnya masih ada kemungkinan besar filenya masih bisa didonlot kalo peernya banyak. Ketersediaan file tergantung pada adanya seeder dan peer. Selama ada seeder, file bisa didonlot. Namun, kalo yang ada hanya peer pastikan tingkat availibity-nya lebih dari atau sama dengan 1. Tingkat availbi peh peh availibity-nya bisa dilihat saat ente mendonlot filenya di torrent client. Availibity menunjukkan tingkat ketersediaan potongan2 file yang ada pada peer. Kalo ada seeder maka availibity akan bernilai lebih dari sama dengan 1. Kalo kurang dari 1, alangkah baiknya ente berhenti nge-leech file-nya soalnya ada potongan file yang tidak dimiliki oleh peer manapun. Duh panjang banget yah hal yang pentingnya.

Okeh, itulah postingan mimin dalam dunia leech meleech torrent. Mendonlot torrent merupakan salah satu ilmu tingkat menengah dalam donlotologi. Semoga ente2 semua paham dengan postingan panjang lebar tinggi mimin. Baiklah, sampai jumpa papay~!

Mimin hiatus bentar yah ^_^

No comments:

Post a Comment