Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, October 22, 2017

SEJARAH PENGUKURAN SATUAN METER

Halo pengunjung setia knkland apa kabar? Semoga sehat selalu Kembali lagi sama ane siapa lagi kalau bukan si S, S itu sebenarnya inisial ane Bukan hanya ane mungkin semua admin disini berinisialkan S. Wah, sungguh fakta yang mencengangkan kenapa bisa begitu? oke mari kita bahas soal Sejarah pengukuran yang telah ane dapatkan pada makul metode pengukuran, oke langsung saja.





        
        Tahukah ente kapan pengukuran digunakan dan digunakan dalam hal apa? Dan ternyata pengukuran itu digunakan untuk perdagangan lebih tepatnya Barter, apa itu barter? Barter adalah transaksi tukar menukar barang ataupun jasa pada zaman dahulu kalau sekarang udah jarang yang namanya barter karena telah hadirnya Money. Apa yang mereka ukur dalam barter? tentu saja yang diukur adalah barang yang akan ditukarkan agar tidak ada pihak yang dirugikan lalu dengan apa mereka mengukur? mereka mengukur menggunakan tubuh mereka berupa tangan, jari, kaki, hasta, langkah kaki.

       Dan lama kelamaan setelah mereka (manusia zaman old) pikir kembali sistem pengukuran menggunakan tubuh manusia itu tidak pasti, karena tubuh manusia yang satu belum tentu sama seperti tubuh manusia lainya sehingga ada rasa tidak puas.  Lalu beberapa upaya dilakukan oleh raja (untuk negara kekaisaran) yaitu menggunakan tubuh seorang raja untuk menentukan ukuran yang pasti, tapi tetep sama aja orang zama  old gak puas.

  • Lalu diciptakanlah ukuran meter pertama kali oleh academy sience francis pada tahun 1971 yaitu 1 meter = 1/107 kudran polar bumi, apa itu kuadran polar bumi? yaitu garis katulistiwa yang dipotong samapai ke kutub utara, perhatikan gambar dibawah.
Kuadran polar bumi



  • Dan pada tahun 1989 diciptakan sebuah batang dari platina iridium untuk menciptakan standar meter baru
Platian Iridiaum


  • Lalu pada tahun 1960 ditemukan sebuah gelombang radiasi  1.65076373-1010 dari kripton-86 dalam ruang hampa udara

  • Dan pada tahun 1983 diganti oleh cahaya, yaitu panjang jalur yang ditempuh cahaya 1/299792458 detik.

Itu dia sejarah singkat pengukuran  panjang sebagai satuan meter.

No comments:

Post a Comment