Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, March 31, 2018

Determinan Matriks

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang menawan lagi keyen . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang cerah ini, KnK Land. Kali ini, aing bakal ngebahas lagi tentang matriks. Sebelumnya, aing pernah membahas tentang transpos matriks sama operasi pada matriks. Nah sekarang, aing bakal ngebahas tentang determinan matriks. Langsung aja qta cekidoot guys .








Determinan adalah semacam fungsi tertentu yang memetakan matriks bujur sangkar ke bilangan real. Disini aing gak bakal ngebahas asal usul determinan yah. Aing cuma kasih tau cara mencari determinan matriks yang sederhana aja.

Misalkan ada matriks A, maka determinannya disimbolkan dengan |A| atau det(A)

Determinan Matriks Ordo 1×1

Determinan dari matriks ordo 1×1 adalah unsur dalam matriks itu sendiri. Contohnya (7) determinannya adalah 7.

Determinan Matriks Ordo 2×2

Misalkan matriks ada matriks A.
 

Determinan dari matriks tersebut adalah


 Determinan Matriks Ordo 3×3

Untuk mencari determinan dari matriks berordo 3×3 bisa menggunakan metode sarrus, minor kofaktor dan metode chio. Ketiga metode tersebut akan dibahas laen kali di post selanjutnya. Jadi, mohon maaf yah, soalnya aing lagi gak mood, hehe. Silahkan cari di google aja, hehe.

Nah, itulah cara mencari determinan dari matriks 1×1 dan 2×2 serta semacam pengantar untuk matriks ordo 3×3. Maaf kalo postingan kali ini kurang lengkap soalnya aing lagi gak mood. Semoga dapat memberikan manfaat. Kalo kurang paham, silahkan tanyakan di komeng. Kalo ada yang salah, silahkan protes di komeng. Sampai jumpa dipostignan selanjutnya. Bye~


2 comments:

  1. Awokawokawok
    Ngk Mood :v

    "Jadi, mohon maaf yah, soalnya aing lagi gak mood, hehe. Silahkan cari di google aja"


    Saia = -_-


    ReplyDelete