Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Monday, May 3, 2021

Determinan Matriks 3x3 dengan Metode Sarrus


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini aye akan melanjutkan tentang postingan cara mencari determinan matriks. Sebelumnya, aye sudah membahas cara mencari determinan matriks 1×1 dan 2×2. Nah, sekarang yang 3×3.

 

 

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencari determinan matriks 3×3. Salah satunya adalah metode Sarrus. Misalkan, kita punya matriks sembarang sebagai berikut.



Pertama-tama dalam metode Sarrus, kita tulis kembali 2 kolom pertama ke bagian kanan matriks tersebut.



Selanjutnya, kita gambar garis-garis khayal diagonal seperti sebagai berikut.



Pastikan ada 6 garis diagonal, ada 3 yang dari atas ke bawah dan 3 yang dari bawah ke atas. Tandai garis diagonal yang dari atas ke bawah dengan tanda positif (+), sedangkan yang dari bawah ke atas dengan tanda negatif (-).


Untuk setiap garis diagonal, kalikan entri-entri yang dilewatinya. Kemudian jumlah/kurangkan semua hasilnya tergantung dengan tandanya. Sehingga determinan matriks tersebut adalah


.



Contoh


Kita akan menghitung determinan matriks berikut.


Tuliskan kembali 2 kolom paling kiri.



Buat garis-garis khayal diagonal.

 


 

Tandai dengan positif dan negatif.


Selanjutnya, bisa langsung dihitung determinannya.



Done. Selesai. Gimana? Mudah, kan? Metode Sarrus ini hanya bisa digunakan untuk mencari determinan matriks 3×3. Jadi, untuk ukuran lain seperti 4×4 atau 5×5 itu tidak bisa. Yap, metode Sarrus memang khusus matriks 3×3. Sebenarnya ada metode lain untuk mencari determinan matriks yang mungkin akan dipost di lain waktu.


Okey, cukup sekian postingan aye kali ini. Semoga berfaedah dan semoga kalian paham. Kalo ada yang mau ditanyakan, ada protes, unek-unek, atau mau menyatakan cinta, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment