Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Monday, December 24, 2018

Mencari Luas Persegi Panjang

Rumus Luas Persegi Panjang
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang pinter lagi baik hati. Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan ketegangan ini, KnK Land. Kali ini, aing akan membahas tentang persegi panjang. Persegi panjang adalah saudara dari persegi tapi bentuknya panjang. Rumus luas persegi panjang itu sebenarnya sangatlah mudah yakni panjangnya dikali lebarnya. Oke, cukup sekian postingan dari aing. Bye~

Ehem, kayaknya lebih baik aing perpanjang aja postingannya. Berikut bacotan aing yang lebih panjang, cekidoot .



Ehem, ehem, sebelum kita bahas luas, mari kita bahas terlebih dahulu tentang panjang. Panjang bisa didefinisikan sebagai jarak antara kedua ujung benda. Lebar pun sebenarnya adalah panjang tapi dimensinya yag berbeda.

Biasanya pada persegi panjang, panjang yang paling panjang disebut "panjang", sedangkan panjang yang paling pendek disebut "lebar".

Selanjutnya, bagaimana caranya menghitung luasnya? Bdw, apa itu luas? Luas merupakan besarnya daerah dalam persegi.






Trus, gimana caranya mencari luasnya? Yah, tinggal dikali aja panjang dan lebarnya. Sekian deh.

Sedikit analogi, aing akan memberikan sedikit ilustrasi. Ilustrasinya adalah tentang menghitung jumlah donat. Misalnya aing punya beberapa donat dan donat-donatnya aing susun sebagai berikut.


Donat-Donatku
Wah, banyak amat yah donatnya, bagi dong! Yap, aing emang punya banyak donat tapi donat-donat tersebut masih bisa dihitung. Coba deh dihitung berapa donatnya. Pasti sangat mudah menghitungnya satu persatu ya, kan?
Menghitung Donat

Dengan menghitungnya satu per satu, jelas kita tahu kalo jumlah donatnya itu ada 20 buah. Akan tetapi, ternyata ada metode menghitung lain yang lebih cepat lho! Yap, benar sekali, dengan menggunakan perkalian. Kita tinggal hitung ada berapa baris donatnya secara horizontal dan ada berapa baris donatnya secara vertikal, selanjutnya kita tinggal kalikan. Hal ini bisa kita lakukan karena donatnya emang tersusun dengan rapi sedemikian rupa sehingga berbentuk barisan-barisan donat.


Gampang, kan? Yaiyalah gampang, ini kan cuma pelajaran anak SD. Nah, ide ini juga digunakan saat kita menghitung luas persegi panjang yakni panjang dikali dengan lebar . Memang mirip tapi sebenarnya ada bedanya juga sih. Yah, begitu sih sedikit gambarannya atau ilustrasinya. Kalo kalian gak paham, coba baca lagi dari awal. Kalo masih blum paham, kurangi main game soalnya kata mama aku main game bisa bikin goblok apalagi mobel lejen. Jangan ngaku goblok kalo blum main mobel lejen. Bicara soal mobel lejen, jangan lupa donlot Mod mobel lejen terbaru 2018 di link ini.

Baiklah, sekian postingan dari aing. Semoga bisa bermanfaat bagi qta semua. Kalo ada yang mau ditanyakan silakan tanyakan di kolom komengtar. Kalo mau protes, yah silakan komeng juga. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

Jangan lupa juga
Ketahui jawaban dari 6÷2(2+1) = ?
Ketahui 5 sanggar tari di Jogja
Pelajari tentang pecahan yang senilai atau ekuivalen

No comments:

Post a Comment