Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Thursday, June 6, 2019

Macam-Macam Sudut

Sudut Alfa
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang kece lagi baik hati . Tentu saja, masih di blog kesayangan ini yang penuh dengan cahaya kebenaran dan keadilan, KnK Land. Kali ini, aing kembali lagi membahas tentang matematika khususnya di bidang geometri. Kali ini, aing akan ngebahas tentang macam-macam sudut. Apa sajakah macam-macam sudut itu? Langsung aja qta cekidoot gouys .





Mendengar kata sudut, mungkin yang terpikir dalam pikiran kita yang berpikir adalah pojokan. Ya, taulah pojokan itu apa. Dalam geometri, sudut adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain. Itulah pengertian sudut yang aing comot dari Wikipedia Ensiklopedia Bebas Bahasa Indonesia atau biasa disebut Wikipedia saja.

Nah, sudut dalam matematika ini ada berbagai macam lho, digolongkan berdasarkan ukurannya. Langsung aja qta cekidoot.

Sudut Lancip


Sudut Lancip

Yang pertama adalah sudut lancip. Apa itu sudut lancip? Sudut lancip sesuai dengan namanya yang begitu self-explanatory yah sudut yang lancip. Terus apa itu lancip? Yah, kayak tajem-tajem gitu deh. Sudut lancip adalah sudut di antara 0° dan 90°. Jadi, sudut lancip adalah sudut yang lebih kecil daripada sudut 90°. Sudut 90° adalah sudut spesial lho. Biasanya disebut sudut siku-siku. Nah, next pembahasan sudut siku-siku.

Sudut Siku-Siku


Sudut Siku





Selanjutnya adalah primadona dari dunia persudutan, ia tidak lain dan tidak bukan adalah sudut siku-siku. Sudut siku-siku, yah emang mirip siku sih tapi yah beda juga sih.

Sudut siku-siku adalah sudut yang bisa kalian temukan pada dua garis yang saling tegak lurus. Lah, tegak lurus apaan tuh? Gak tau tegak lurus? Dasar lemah kalian. Tau arti kata "tegak", gak? Biasanya kan kata "tegak" dipake untuk benda yang berdiri. Nah, kalo suatu benda berdirinya tegak dan lurus atau gak miring terhadap tanah, bisa dikatakan benda tersebut tegak lurus sama tanah. Begitupun dengan garis yang saling tegak lurus. Kalo garisnya "berdiri" tegak dan gak miring "di atas" garis lain maka garis tersebut bisa dibilang tegak lurus. Yah, biar gampangnya liat gambar di atas lah.

Sudut siku-siku disepakati bernilai 90°. Nah, sudut yang lebih kecil dari sudut 90° disebut sudut lancip, sedangkan yang lebih besar dari 90° akan dibahas selanjutnya.

Sudut Tumpul

Sudut Tumpul
Selanjutnya adalah sudut tumpul. Dilihat dari namanya aja udah jelas, yah sudut yang tumpul. Kalo dilihat di gambar yang ada di atas, masih dibilang tajam sih. Akan tetapi, kalo dibandingin sama sudut lancip dan sudut siku-siku yah masih tajaman lancip dan siku-siku. Berarti kita kasih nama saja sudut ini sudut tumpul. Sudut tumpul adalah sudut yang lebih besar dari sudut 90° dan lebih kecil dari sudut 180°.

Sudut Lurus


Sudut Lurus

Sepertinya ini gak usah aing jelasin. Ini adalah sudut lurus. Eh, itu sudut atau bukan sih? Kan lurus? Ya, meski lurus tetap juga dinamakan sudut kok. Sudut lurus adalah sudut yang tepat 180°.

Sudut Balik

Sudut Balik

Sudut balik adalah sudut yang lebih besar dari 180°. Disebut sudut balik karena dia muter sejauh 180° trus balik lagi .  Ukurannya berkisar dari 180° sampe 360°. Kalo udah 360°, hitungan sudut kembali ke 0° alias sudut nol.

Selain macam-macam sudut berdasarkan ukurannya, ada juga yang dinamakan sudut-sudut istimewa. Sudut-sudut istimewa merupakan sudut-sudut yang ada istimewanya . Seberapa istimewakah mereka? Mereka seperti pahlawan di dunia persudutan. Kalian bisa baca di postigan tentang sudut istimewa disini.

Oke, sekian postingan dari aing. Semoga kalian paham dan bermanfaat bagi kita semua. Kalo ada pertanyaan, silakan tanyakan di komeng. Kalo ada kesalahan, monggo diprotes. Oh yah jangan lupa juga baca postingan tentang math lainnya seperti konsep limit, apa itu kalkulus, dan sifat-sifat bilangan riil. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment