Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Monday, January 25, 2016

Harakat Huruf Arab

Hai semua ^_^ Hari ini mimin bakal share lagi tentang bahasa arab. Kalo dulu ane pernah share tentang huruf arab atau konsonan dalam huruf arab. Sekarang ane bakal share tentang harakat dalam huruf arab. Cekidot.








Tulisan arab biasanya berupa tulisan gundul tak berharakat. Orang arab kebanyakan dengan mudah membaca tulisan arab walaupun tanpa vokalnya karena itu emang bahasa ibu mereka dan mereka udah biasa. Tapi bagaimana dengan kita-kita ini, orang Indonesia yang tulisannya wajib gampang dibaca? Kita kan pusing buat ngebaca tulisan arab? Nah, inilah gunanya harakat atau tanda vokal. Meski bisa baca walau tanda vokalnya dihapus, orang arab-pun masih ada yang agak susah buat ngebaca kata yang sama hurufnya tapi beda vokalnya tapi itu mungkin jarang ya plus mereka bisa saja memberi sedikit harakat secukupnya biar bisa dibedakan sama kata laen. Yasudah, berikut gambar yang menjelaskan tentang tanda harakat pada huruf arab.


Bagi yang udah jago ngaji pasti tau dong! Fathah adalah garis miring di atas huruf yang menandakan vokalnya "a". Kasrah adalah garis miring di bawah huruf yang menandakan vokalnya "i". Dhammah berbentuk huruf "wau" di atas huruf menandkan vokal "u". Fathatain sama kayak fathah tapi penyebutannya ditambah "n" misalnya huruf ba' ditambah fathatain maka dibaca "ban". Kasratain vokalnya "i" ditambah "n". Begitupun dhammatain, sama kayak dhammah ditambah "n". Sukun artinya konsonannya mati gak ada vokal. Fathah berdiri maka vokalnya "a" panjang, kasrah berdiri "i" panjang, dan dhammah terbalik "u" panjang. Tanda tasydid menandakan penebalan huruf yang membuat hurufnya jadi dobel misalnya huruf "kaf" kasrah ditambah "ta" dengan tanda tasydid dan fathah maka dibaca "kitta".

Yasudah, ini cuma pemanasan doang. Di post berikutnya ane mulai serius dengan membahas soal "isim isyarah". Apaan tuh isim isyarah? Tunggu saja. Sekian and goodbye V(^_^)

NB: Sepertinya post ini gak berguna karena pembelajaran cara membaca sebaiknya dilakukan oleh gurunya langsung.

Oh yah, artikel tentang isim isyarah udah selesai aing tulis lho. Berikut linknya.
Isim Isyarah Bagian 1
Isim Isyarah Bagian 2

Jangan lupa juga
Download Flash Game Diving Contest
Baca tentang hal yang dapat menambah keberuntungan
Baca resep unik, Pigusa yang lezat

No comments:

Post a Comment