Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, March 20, 2016

Angka Dalam Bahasa Kanoka

Hai semua ^_^ Hari ini mimin bakal ngelanjutin proyek Bahasa Kanoka a.k.a Kanokis. Kali ini mimin bakal kasih tau angka atau bilangan Kanokis. Bagaimanakah bilangannya? Bilangannya sama kayak bilangan desimal, berbasis 10. Tapi simbolnya berbeda serta tentu saja namanya berbeda. Lihat gambar berikut.



Dari satu sampai empat, mimin buat berdasarkan sudut, sedangkan untuk lima, mimn buat lingkaran soalnya kalo dibikin segi lima terkadang bakal jadi kayak segiempat. Untuk enam sampai sembilan, mimin buat simbol yang digabung terus dijumlahkan. Penulisan angka ini sama kayak angka arab. Tau kan angka arab? Bukan, bukan yang dipake di Al-Quran tapi angka yang biasa kita pake sehari-hari. Penulisannya ditulis dari kiri ke kanan. Contohnya buat angka 10, 23, 151, sama 998


Lalu bagaimana cara bacanya?
Nol = Unon
Satu = Unan
Dua = Dito
Tiga = Tesan
Empat = Deto
Lima = Vergo
Enam = Dexo
Tujuh = Maus
Delapan = Egger
Sembilan = Miniq

Untuk angka satu digit sangat gampang dibaca, tapi gimana kalo angka yang lebih dari satu digit?
10 = Unanon
45 = Detergo
78 = Maugger
481 = Detoggenan/Detaggenan/Detuggenan
8.463 = Egger-Detexesan/Egger-Detoxesan

Nah, perhatikan huruf yang bercetak biru. Hanya huruf-huruf itu saja yang dibaca jika angka berada di tengah-tengah. Huruf yang ada di dipepannya dibaca jika angkanya terletak di depan sedangkan yang belakang dibaca jika angkanya di belakang. Jika sulit dibaca, contohnya 481 Detggenan atau 151 Unaergnan maka bisa diselipkan huruf vokal sehingga Detgeenan menjadi Detoggenan dan Unaergonan.

Nah, untuk yang lebih dari tiga digit, seperti 8.463, maka dipisahkan setiap tiga digit dari belakang. Contoh:
4.531 -> 4 .... 531 -> Deto-Vergesanan
45.583 -> 45 .... 583 -> Detergo-Vergeggeesan
843.894.235 -> 843 .... 894 .... 235 -> Eggeetesan-Eggeinieto-Ditesaergo

Nah, itulah angka dalam Bahasa Kanoka. Menarik bukan? Itulah kenapa ente harus belajar bahasa Kanoka. Yasudah, skian and goodbye V(^_^)

No comments:

Post a Comment