Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, September 30, 2017

Macam-Macam Akun Dalam Akuntansi

Yo Semua! Kembali lagi sama mimin yang sok tau lagi sok pandai, mimin K. Dimana lagi yah kalo bukan di KnK Land. Nah, kali ini mimin bakal ngebahas soal yang namanya keduitan. Dalam ilmu keduitan, kita harus memenej pemasukan sama pengeluaran dengan baik. Nah, kami dari KnK Company membuka lowongan pekerjaan bagi yang mau menjadi akuntansi kami. Gaji Rp. 1.000/tahun. Minat? Oke, kalo ga minat yah gak masalah. Coba ente bayangin kalo ente bekerja bersama kami selama 1 juta tahun, pasti berapa gajinya. Yap, 1.000 x 1.000.000 = 1.000.000.000 WOW ente bisa jadi milyarder hanya dengan waktu 1 juta tahun; luar biasa! Nah, skarang waktunya cekidot.




Pada zaman dahulu kala, saat mimin masih goblok, mimin pernah belajar tentang akuntansi. Ternyata blajar akuntansi itu gak sesulit yang diduga. Jaman skarang udah gak perlu lagi akuntan yang pinter2 amat soalnya skarang teknologi udah pada maju buat ngitung2 duit perusahaan. Trus apa itu akun? Kenapa mimin sangat sotta (sok tau)? Kenapa mimin yang cuma jago matematika sok sokan jago akuntansi? Yap, of course, untuk menambah pengunjung blog yang tersesat dan menambah penghasilan mimin; itu aja gak tau.

Baiklah waktunya mimin mencurry, ngehehe.
Akun” adalah kata serapan dari bahasa inggris yaitu “account” yang artinya: tempat penampung catatan aktivitas yang tersusun secara koronologis berdasarkan sistim urut tertentu (tanggal misalnya). (sumber: mana saya tau saya kan pencurry). Dalam akuntansi, akun itu adalah penampung aktivitas2 keuangan gitu deh. Oh yah, akun juga sering disebut rekening atau pos.

Jadi, akun itu ada banyak macam. Ada akun kas, utang, modal, dll. Ya, itulah macam2 akun, sekian ^_^ Papay~

Maaf tadi mimin hanya becanda doang. Nih, aslinya. Oke, setelah melakukan berbagai macam penelitian (searching di google XD) dan melihat kembali catatan mimin pas mimin masih goblok dulu, akun dapat dibagi menjadi 5. Apa saja itu? Entah, coba cari di google, pasti dapat tuh tinggal dicurry. Aaaggh, akun dibagi lima, yaitu:
1. Harta/Aset/Aktiva
2. Hutang/Liabilitas
3. Modal
4. Pendapatan
5. Beban

Itulah macam2 akuntansi ^_^ sekian dan terimakasih papay~

Apa? Mau dijelasin? Ish ish ish. Oke, bakal mimin jelasin satu per satu yah

1. Harta/Aset/Aktiva

Harta a.k.a aset a.k.a aktiva adalah kekayaan2 yang dimiliki oleh perusahaan. Baik yang berbentuk duit, piutang, barang, dll. Aktiva dapat dibagi 2 yakni aktiva lancar sama aktiva tetap. So, apa itu aktiva lancar sama aktiva tetap? Baca truss dong

Aktiva lancar, Aktiva lancar adalah aktiva yang dapat habis dipakai dalam satu tahun. Aktiva ini harus terus mengalir keluar masuk dari perusahaan. Yang termasuk dalam aktiva lancar antara lain (mana catatan mimin yah?): kas, surat-surat berharga, wesel tagih, piutang usaha, perlengkapan, beban yang dibayar di muka, dan pendapatan yang masih harus diterima.

Terus apa itu kas, surat-surat berharga, wesel tagih, dan sebangsanya? Apakah mimin harus jelaskan semua biar ini jadi longpost? Tentu saja tidaklah. Nanti, mimin bahas lagi di post berikutnya (kalo ada yang request di komen)

Aktiva tetap, Aktiva tetap adalah kebalikan dari aktiva lancar. Ya, u know lah, ngapain mimin kasih tau. Yang termasuk aktiva tetap adalah harta kekayaan perusahaan yang awet nan tahan lama sehingga tidak habis dipakai dalam satu tahun. Yang termasuk aktiva tetap yaitu: tanah, gedung, mesin, peralatan, dan kendaraan. Ada juga yang berbentuk tak berwujud misalnya hak cipta, hak paten, sama hak merek.

Dari beberapa sumber yang mimin temukan, ada yang namanya "Aktiva lain-lain". Aktiva lain-lain adalah aktiva yang tidak termasuk dalam aktiva tetap dan lancar. Contoh aktiva lain-lain yaitu: mesin yang sedang diperbaiki dan gedung yang sedang dibangun. Tapi yah terserah dari anda mana yang lebih masuk akal buat anda.

2. Liabilitas (Hutang)

Sekaya2nya perusahaan, ngutang masih tetap merupakan hal yang wajar. Ngutang adalah cara yang praktis biar perusahaan terus berkembang. Jangan kira perusahaan2 besar gak punya hutang! Bahkan, setiap taunnya, perusahaan besar punya utang sama pemegang surat2 berharga seperti saham sama obligasi. Utang ini ada dua macam, yakni utang jangka panjang sama utang jangka pendek. Lalu, apa sajakah utang jangka panjang sama utang jangka pendek itu? Baca truslah bogeng!

Utang Jangka Panjang, yaitu kewajiban perusahaan yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun. Misalnya, hutang bank, hutang obligasi, sama hutang hipotik

Utang Jangka Pendek, yaitu yah kebalikannya, misalnya utang usaha, beban yang masih harus dibayar, dan pendapatan yang diterima di muka.

3. Modal (Ekuitas)

Modal adalah kata kerja bantu dalam bahasa inggris, contohnya can, may, will, shall, dll. Eh, kok malah bahas bahasa inggris? Ya u knowlah modal itu apa. Modal bisa berasal dari pemilik, bisa juga dari investasi orang2 yang suka beli2 kertas ajaib misalnya saham, obligasi, dan sebangsanya. So, modal itu ada modal dari diri sendiri, modal dari saham, dan modal dari laba perusahaan yang ditahan.

Oh yah, ada juga yang namanya Prive. Apa itu prive? Apakah kata prive berasal dari bahasa kanoka? Ya tidaklah, gendeng! Prive adalah pengeluaran untuk kepentingan pribadi pemilik. Jadi, prive juga punya akun tersendiri lho! Sebagai makhluk hidup yang rakus, seorang pemilik perusahaan harus juga mencatat berapa jumlah privenya.


4. Pendapatan

Gak usah dijelasin, ente udah tau apa itu pendapatan. Toh, ngapain mimin cape2 ngejelasin, kan di google banyak. Pendapatan itu ada dua macam ada yang operasional (yang didapat dalam usaha) dan ada yang non operasional (yah kebalikannya lah). Contohnya saja yang non operasional yaitu pendapatan bunga, sewa, sama parkir.

5. Beban

Beban adalah kebalikan dari pendapatan. Beban juga ada yang operasional dan ada juga yang non operasional. Yang operasional itu seperti beban gaji, beban perlengkapan, beban listrik, beban air, beban telepon, beban iklan dan sebangsanya. Sedangkan yang beban non operasional contohnya adalah beban bunga.

Nah, itulah macam2 akun dalam akuntansi. Semoga ente semua paham dan mengerti dengan postingan mimin. Tidak disarankan copas dari postingan mimin buat dimasukin ke makalah toh kalian udah baca sendiri kan postingan mimin yang gak berguna ini. Pesan mimin, sebagai manusia kita harus menyadari kalo diri kita ini sangat kecil. Oke, sekian pesan mimin yang gak berhubungan sama skali dngan postingan, dan papay~

Jangan lupa juga
Ketahui apa itu Jonsa
Kenali tipe-tipe data dalam bahasa pemrograman
Kunjungi planet2 anti bosan

4 comments: