Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, April 6, 2018

The Little Red Book


Kutipan dari Ketua Mao Zedong atau lebih dikenal di dunia Barat dengan judul Little Red Book/Buku Merah Kecil adalah buku yang berisi koleksi kutipan pidato dan terbitan lampau Mao Zedong. Nama lain buku ini diberikan karena untuk ukuran sakunya yang khusus dicetak dan dijual untuk memudahkan untuk dibawa.

Buku Merah Kecil berisi 427 pidato-pidato Mao dan terbagi menjadi 33 Bab, yang menyangkut semua aspek kehidupan yang di aplikasikan dalam kedisiplinan, rasa patriotisme, dan peranan para wanita di China. Buku Merah Kecil Mao kemudian dipakai sebagai buku pedoman secara terbatas bagi tentara China tahun 1961. 

Buku pegangan resmi bagi tentara China tersebut kemudian berkembang menjadi semacam buku wajib bagi rakyat China. Setelah melalui proses panjang dalam perdebatan maka pada 1966, The Little Red Book, akhirnya dipublikasikan ke masyarakat China di seluruh negri. Buku itu menyebar dengan cepat ke seantero negeri dan mampu menggerakkan massa yang kebanyakan mahasiswa untuk melawan penguasa yang bertentangan dengan isi buku merah kecil tersebut. Gerakan itu membesar menjadi gerakan politik  dengan isu protes kepada pejabat yang anti-partai dan anti-rakyat. Selama masa tahun 1966 Mao meluncurkan sebuah kebijakan yaitu Revolusi Kebudayaan. Di masa itu ribuan mahasiswa turun ke jalan memprotes kebijakan pemerintah yang dituduh anti rakyat, mereka mendatangi kantor-kantor pemerintah, membakar dan merusaknya. Pelayanan terhadap rakyat pun menjadi kacau yang mengakibatkan ekonomi China hancur dan tidak berkembang. Hingga masa kematiannya 1976 dan masa revolusi kebudayaan, buku merah kecil itu laris dicari rakyar China.

Sumber :
http://tabuhgong.blogspot.com/2016/04/buku-politik-mao-little-red-book.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kutipan_dari_Ketua_Mao_Zedong

1 comment: