Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, April 15, 2018

5 Sanggar Tari di Jogja untuk Segala Jenis Tarian

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang kece lagi menawan . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh kedamaian ini, KnK Land. Kali ini, aing bakal bercopas ria dari situs laen. Jadi, mohon maaf kalo tulisannya terlalu formal eaa. Nah, bahan copasan yang aing comot ini adalah tentang tari. Of course, setelah copas, aing tetap menyediakan sumbernya, okey? Langsung saja qta cekidoot .



Kota Jogja memang memiliki aura berkesenian yang sangat kuat. Anda berminat menyalurkan minat menari anda? 5 sanggar tari di Jogja ini mungkin bisa anda coba.

Sanggar tari atau tempat berlatih tari di kota Jogjakarta sangatlah banyak dan memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari yang khusus untuk tari klasik, tari gaya baru, tari modern, hingga berlatih yoga bisa anda temukan di Kota Pelajar ini. Jika anda memang memiliki hobi menari, atau penasaran ingin mencobanya, tak ada salahnya untuk cek 5 sanggar tari di Jogja berikut ini.

Rekomendasi 5 sanggar tari di Jogja

Sanggar Teri Natya Lakshita
Sanggar tari di Jogja ini didirikan oleh seniman gaek bernama Didik Nini Thowok. Siapa yang tidak kenal beliau? Beliau adalah pionir di bidang tari di kota Jogja ini. Berbagai festival baik dalam dan luar negeri sudah pernah beliau ikuti. Maka tidak heran apabila sanggar ini menjadi salah satu rekomendasi yang wajib anda coba.
Di sini, anda akan diajarkan tari klasik dan gaya baru. Tarian beliau banyak berfokus pada olah gerak tubuh yang unik. Salah satu keunikanya adalah adanya dwi gerak. Jadi, penari akan menarikan gerakan tari tidak hanya dengan badan bagian depan namun juga bagian belakang. Bisa dikatakan ini sangat sulit karena koordinasi gerakan badan ketika menarikan dengan gerakan terbalik sangatlah sulit.
sanggar-tari-natya-lakshita-jogja
source: zetizen.com
Didik Nini Thowok juga menjadi tempat untuk menyewa kostum tari karena sangat banyaknya koleksi baju tari yang dimiliki. Salah satu yang sangat lengkap dan unik adalah koleksi topeng beliau. Koleksi topeng ini tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri. Sangat tidak mengherankan karena memang ketika ada tugas di luar negeri, membeli topeng adaah kegiatan kegemaran beliau, sebagai penambah koleksi ataupun sebagai cenderamata dari negara tersebut.
Keramah tamahan dan kesabaran Didik Nini Thowok dalam mengajar juga menjadi nilai tambah. Anda akan diajarkan dari nol mengenai gerakan tari dan anda akan diajarkan dengan metode yang muda dimengerti karena setiap gerakan anda akan diperhatikan oleh beliau dengan seksama. Menarik sekali ya, belajar dari sang mestro tari ini.

Padepokan Seni Bagong Kusudiardja

Berlokasi di daerah Bantul, padepokan ini merupakan milik dari seorang mestro tari kenamaan negeri ini. Nama beliau menjadi nama dari sanggar tari ini juga, Bagong Kusudiardja. Bealiau ialah mestro tari yang sangat membanggakan. Salah satu karya beliau pernah dipentaskan di Vatikan di depan Paus karena mengangkat cerita mengenai jalan salib.
Beliau memang seniman dengan paket komplit karena selain tari, beliau juga seniman lukis. Tari yang beliau ciptakan sampai saat ini masih menjadi acuan beberapa sanggar tari di Jogja. Baik tari klasik maupun tari gaya baru bisa anda pelajari di sanggar tari ini dan diampu oleh keluarga dari Pak Bagong sendiri. Beberapa pelatih tari juga merupakan murid dari Pak Bagong. Jadi, anda akan mendapatkan ilmu menari secara lengkap dan menyenangkan di sini.
sanggar-tari-padepokan-seni-bagong-kusudiardja-jogjakarta
source: merahputih.com
Murid yang belajar tari di sini tidak hanya anak-anak namun juga dewasa, jadi anda tidak perlu sungkan apabila mengingkan belajar mengenari kesenian tari di sini. Kostum untuk tari juga lengkap dan bisa dipinjam untuk keperluan pentas baik tari maupun drama. Sanggar tari ini juga menerima koreografi tari apabila anda menginginkan membuat sebuah tari yang khas akan diri anda atau instansi anda. menarik bukan?
  • Alamat  : Desa Kembaran, RT. 004 / RW. 21, Tamantirto, Kasihan
  • Telepon : (0274) 414 404
  • GPS        : –7.8304572,110.3300667

Ndalem Pujokusuman

Sanggar tari ini terletak di tengah kota dan mudah dijangkau baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Ndalem Pujokusuman bisa dikatakan merupakan sanggar tari yang fokus pada tari klasik, khusunya tari yang sering dipentaskan di keraton baik itu keraton Yogyakarta maupun Puro Pakualaman.
Di sini, anda akan diajarkan menari dengan gerak yang lembut dan membutuhkan konsentrasi tinggi serta keluwesan bak putri raja. Selain itu, anda juga diajarkan menggunakan pakaian tradisional Jogja dengan khas kutu barunya dan berjarik. Setiap latihan, sangat disarankan untuk menggunakan pakaian tersebut sehingga komplitlah kegiatan belajar kebudayaan dan kesenian.
ndalem-pujokusuman-jogjakarta
source: dianliwenmi.com
Di Ndalem Pujokusuman ini, terdapat kelas junior dan senior. Setiap peserta tari junior, akan diajarkan mengenai tari sederhana terlebih dahulu. Para senior di Ndalem Pujokusuman juga diikut sertakan untuk mengajari para peserta senior sehingga tidak ada senioritas di sini.
Keunikan lain dari sanggar tari ini adalah, setiap hari Selasa dengan pasaran Wagen akan diadakan latihan bersama antara senior dan junior. Anda akan melihat para peserta menari bersama dan ini seakan menjadi ajang untuk mengevaluasi kemampuan menari para peserta.
Pelatih tari di sanggar tari tari di Jogja ini juga bukan sembarang orang. Beliau para pelatih tari merupakan para penari keraton dan Ndalem Pujokusuman sendiri memang masih merupakan kepunyaan keluarga keraton. Anda akan mendapatkan ilmu yang banyak mengenai tari yang dipentaskan di keraton di sanggar ini jadi akan sangat rugi kalau anda tidak mencoba belajar menari di sini.
  • Alamat  : Jl. Brigadir Jenderal Katamso, Keparakan, Mergangsan
  • Telepon : (0274) 371 721
  • GPS        : -7.8129385,110.3674952

Sanggar Kinanti

Sanggar ini merupakan milik dari putri Bapak Jemek Supardi, seorang seniman pantomime kenamaan di kota Jogja. Iaalah Kinanti Sekar Rahina, seorang seniman tari yang masih muda dan berbakat di kota budaya ini. Kemapuannya menari tidak hanya terbatas pada tari klasik namun juga tari kontemporer.
Cara mengajar yang tidak menggurui menjadikan sanggar ini sangat cocok apabila anda ingin belajar menari dari nol. Hal yang menarik lainya adalah, adanya kelas anak-anak dan kelas dewasa sehingga anda para dewasa juga tetap bisa belajar tari di sini.
Para pelatih tari di sanggar tari di Jogja satu ini pun bisa dikatakan bukan orang sembarangan. Salah satunya adalah bapak Joko yang menjadi langganan menari di keraton untuk pementasan harian. Gerak luwes beliau sangat cantik dan mudah dipelajari meskipun oleh seorang pemula. Selain bapak Joko, pelatih tari di sanggar ini adalah Kinanti Sekar Rahina sendiri. Ibarat seorang ibu, dia mengelola sanggar ini dengan sepenuh hati sehingga anda akan dituntun dengan hati di sanggar ini.
sanggar-kinanti-jogjakarta
source: instagram/sanggarkinanti
Selain menari, sanggar ini juga membuka beberapa kelas yang masih berhubungan dengan kebudayaan Jawa lainya. Sebut saja kelas nembang (menyanyi dalam bahasa Jawa), dan kelas menulis huruf Jawa. Untuk kelas menari, terbagi menjadi tari klasik Jogja dan tari kreasi baru. Keduanya menerima kelas anak-anak dan dewasa. Kegiatan menari di sanggar ini banyak dilakukan di waktu sore hingga malam hari sehingga para peserta dewasa sangat terfasilitasi di sini.

Mila Art Dance School

Sanggar tari ini bisa dikatakan sebagai penjawab keinginan masyarakat Jogja akan keberadaan sanggar tari di wilayah Sleman atau utara. Letaknya yang berada di Jalan Kaliurang sangat terjangkau dengan kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat. Pendiri sanggar ini adalah Mila Rosinta, seorang seniman muda berbakat yang satu angkatan dengan Kinanti Sekar Rahina. Kegemaranya dalam menari sanggup mengantarnya untuk pentas hingga ke luar negeri.
Mila Art Dance School menawarkan kelas menari tidak hanya sebatas tari klasik dan kreasi baru namun juga tari modern seperti k-pop, hip-hop, salsa, ballet, hingga yoga dan senam. Lengkap! Bahkan, anda dapat mencoba satu sesi latihan di sanggar ini secara gratis! Tawaran yang cukup menggiurkan, bukan?
sanggar-tari-jogja-mila-art-dance-school
source: instagram/milaartdanceschool
Untuk pelatih tari, sanggar ini dilatih langsung oleh penari professional bahkan Mila Rosinta sendiri ikut terjun langsung mengajar tari di sanggar ini. Anda akan diajarkan tarian sesuai dengan kegemaran anda dan program yang anda pilih bahkan apabila anda merupakan seorang pemula. Dengan prinsip kekeluargaan, sanggar ini sangat merekatkan pelatih dengan peserta selayaknya hubungan keluarga.
  • Alamat  : Jalan Cendrawasih (Manggis) No.79 Catur Tunggal, Depok
  • Telepon : 0817 272 043
  • GPS        : -7.772482,110.3972663
Bagaimana? Sudah bisa menentukan kira-kira sanggar mana yang akan anda coba? Tidak ada salahnya anda datang ke sanggar tersebut untuk sekedar melihat dan berkenalan dengan pengelola sehingga anda akan bisa menentukan sanggar mana yang cocok untuk anda ikuti.
Cover image source: antarafoto.com

Nah, itulah hasil curryan aing dari situs laen tentang 5 sanggar tari di Jogja. Semoga yu bisa menari disana yah. Karena aing pencurry yang baek hati, maka aing akan menyertakan sumber. Nih sumbernya.
https://bonvoyagejogja.com/sanggar-tari-di-jogja/

Oh yah di situs bonvoyagejogja.com ini, yu juga bisa mengetahui seluk beluk kota Jogja mulai dari tempat wisata, kuliner, kesenian, dll. Jadi, jangan lupa buka situs itu yah kalo mau jalan2 ke Jogja .

Baiklah, cukup sekian postingan buatan oran yang aing comot ini. Semoga bermanfaat bagi qta semua. Sampai jumpa di postingan selanjutnya yah. Bye~

2 comments:

  1. Kebetulan sih saya tinggal di jogja, tapi nggak terlalu tertarik ikut sanggar kayak gitu. Lebih suka ngeliatin aja.

    ReplyDelete