Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Sunday, May 6, 2018

Magic Square (Kotak/Persegi Ajaib)

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi kece . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan kecerahan ini, KnK Land. Kali ini aing bakal ngebahas tentang magic square atau kotak ajaib. Perlu digarisbawahi bahwa postingan ini gak ngebahas sedikit pun tentang sulap. Okeh, garis bawahi postingan ini gak ngebahas sedikit pun tentang sulap. Jadi, kalo yu pesulap yang lagi cari barang sulap atau orang yang mau belajar sulap trus mau cari materi sulap, mending minggat dari sini karena aing lagi ngebahas seputar math. Okey, langsung saja qta cekidoot .


Menyelesaikan teka-teki emang asik dan bikin qta setres. Di dunia ini ada banyak sekali teka-teki atau puzzle yang asik dimainin misalnya saja sudoku, puzzle catur,  dll. Dalam matematika, teka-teki juga sering dimainin. Salah satu teka-teki yang bikin matematika jadi asik adalah magic square atau kotak ajaib. Apa sih magic square itu?

Magic square adalah persegi yang berukurun n×n petak yang setiap petaknya diisi bilangan sehingga jumlah bilangan pada satu baris, kolom, dan diagonalnya itu sama. Contohnya adalah sebagai berikut.


Perhatikan gambar di atas. Jumlah dari bilangan yang ada di baris pertama adalah 15, begitupun baris kedua dan ketiga. Begitu juga dengan kolom pertama, kedua dan ketiga, jumlah bilangan yang ada di dalamnya adalah 15. Diagonalnya juga seperti itu, jumlahnya sama2 15. Itulah yang dinamakan normal magic square. Namun, ada juga yang namanya semi magic square yang hanya mengharuskan bilangan pada baris dan kolom berjumlah sama tapi diagonal tidak harus sama. Jika qta membicarakan magic square maka yang qta bicarakan sebenarnya adalah normal magic square sehingga diagonalnya juga diperhitungkan.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang magic square, bakal aing posting lain kali . Pembahasannya meliputi macam2 magic square, cara membuat magic square, dll yang bakal diposting di postingan masing2.

Okeh, sekian postingan dari aing. Semoga yu bisa paham dan semoga bisa memberikan manfaat bagi qta semua. Kalo kurang paham, silahkan tanyakan di komeng. Kalo ada yang salah, silahkan protes di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment