Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, January 18, 2020

Cara Membuka File Komik CBR

file cbr
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang ceria lagi inspiratif . Tentu saja, masih di blog kesayang kita yang terkeren ini, KnK Land. Kali ini aing akan memberikan tutorial cara membuka file CBR. Jadi, ceritanya nih, yu habis nge-download komik di internet, misalnya saja komik Pokemon gitu. Terus, setelah di-download ternyata gak bisa dibuka soalnya format file-nya adalah "*.cbr". Nah, mengetahui hal itu, yu langsung cekatan buka google buat nyari tutorial cara buka file cbr. Walhasil, yu langsung tersesat deh ke blog yang penuh inspirasi ini, muehehe. So, daripada lama-lami, langsung aja kita cekidoot .




Pertama-tama, mari kita berkenalan dulu dengan file CBR ini. Apa itu CBR? Yang jelas bukan singkatan dari comberan ya, gak keren tauk. Aing sendiri gak tau kepanjangannya apa, mungkin Comic Book Reader kali ya. Nah, file CBR ini berisi gambar-gambar halaman komik. Yah, mirip-mirip PDF lah tapi untuk komik.

Ada beberapa cara untuk membuka file CBR ini. Di postingan ini, aing hanya akan memberikan 2 cara saja. Lagipula ngapain pula tau semua cara padahal cuma buat baca kan ya. Cara pertama adalah hanya dengan me-rename file-nya secara manual dan cara kedua adalah dengan menggunakan software comic book reader. Aing lebih merekomendasikan cara kedua karena membaca file CBR lebih enak pake aplikasinya dibandingkan dengan cara manual. Namun, kalau kalian gak mau ribet download program comic reader-nya, silakan gunakan cara pertama.

Cara Pertama : Rename File

Nah, untuk cara pertama sangatlah mudah. Kalian tinggal me-rename file CBR-nya menjadi file arsip RAR. Jadi misalnya nama file-nya adalah "KungfuKomengVolume1.cbr", kalian tinggal rename saja menjadi "KungfuKomengVolume1.rar". Nah, setelah itu kalian bisa mengekstraknya menggunakan winrar. Setelah file-file gambarnya keluar, kalian bisa buka komiknya menggunakan image viewer yang kalian punya, Picasa misalnya atau Paint.



Oh yah, kalian juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat file CBR. Cukup kalian kompres file komik kalian dengan nama berurutan dalam file ZIP (bukan RAR), kemudian di-rename menjadi file CBR.

Cara Kedua : Menggunakan Software Comic Book Reader

Ada program khusus yang digunakan untuk membuka file CBR biar lebih enak bacanya. Salah satunya adalah CDisplay. Kalian bisa men-downloadnya di website-nya dengan menekan tombol Link di bawah ini.

Link

Setelah di-download, kalian bisa dengan mudah menginstalnya. Setelah diinstal, kalian bisa langsung membuka file CBR dengan software tersebut.

Setelah program CDisplay terinstal, tampilan icon file CBR-nya akan berubah menjadi seperti berikut.

Tampilan file cbr

Double click file tersebut, maka komiknya akan langsung muncul dalam tampilan fullscreen. Kalian bisa klik kanan untuk membuka menu navigasi. Kalian juga bisa melihat keyboard shortcut yang bisa digunakan tercantumkan di dalam kurung. Misalnya untuk keluar, kalian tinggal tekan tombol "X" pada keyboard.




Nah, sekian postingan tentang tentang cara membuka file CBR. Selamat menikmati baca komik kalian. Kalau ada pertanyaan atau link rusak, mohon disampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~


Jangan lupa juga pelajari kontraposisi dari suatu pernyataan implikasi dalam logika.

No comments:

Post a Comment