Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, January 22, 2016

Cara Bermain Minesweeper

Hai semua ^_^ Hari ini ane bakal kasih tau cara memainkan sesuatu. Selain shogi, kali ini ane bakal kasih tau cara bermain Minesweeper. Minesweeper adalah permainan yang biasanya udah ada bagi yang menginstal OS Windows, tapi kebanyakan orang meninggalkan game ini karena gak tau cara memainkannya. Yasudah, daripada banyak basa-basi mending lanjut.











Minesweeper adalah permainan yang tujuannya sangat mudah yakni membuka semua petak kotak yang ada di layar kecuali kotak yang berisi bom. Ada orang yang salah mengira kalo permainan ini adalah permainan tebakan mana yang bom mana yang bukan. Padahal, sebenarnya permainan Minesweeper ini bisa dimenangkan dengan 70% ketelitian, 20% skill, dan 10% keberuntungan. Kenapa begitu? Yaudah, ane jelaskan dulu aturan mainnya.

Secara default, saat bermain kita bisa meng-klik kiri untuk membuka kotak, sedangkan klik kanan untuk menandai kalo kotak tersebut memiliki bom, klik kanan lagi untuk menandakan kalo kotak tersebut tidak diketahui isinya, klik kanan lagi untuk menghilangkan tanda. Tentu saja, aturan permainan ini mudah banget. Ane bakal ngasih tau dengan level beginner aja biar gampang.

Di dalam kotak, sering muncul yang namanya angka dari angka 1 sampai 8. Ini bukan cuma hiasan doang lho! Ente semua mungkin kagak tau fungsi dari angka-angka tersebut. Angka tersebut menunjukkan jumlah bom yang ada di sekitar kotak yang berisi angka tersebut baik yang di atas, bawah, kiri, kanan, maupun yang diagonal. Ane beri contoh angka 1, 3, 5 sama 8.
Itu hanya sedikit contoh saja, masih ada banyak sekali kemungkinan lokasi angka tergantung sama lokasi bom. Yasudah, biar ente semua ngerti, ane bakal mainin yang beginner terus di-SS.

Dalam bermain Minesweeper, kita harus pertama kali membuka ruang besar. Kita harus mengklik asal-asalan sampai ada salah satu ruang besar terbuka yakni kumpulan kotak yang nggak berisi alias kotak kosong. Saat seperti ini terkadang ente bisa saja meng-klik kotak berisi bom tapi gak masalah tinggal diulangi lagi. Lihat screenshot.


Nah, ruang besar udah terbuka, setelah itu, seperti yang ane bilang tadi, perhatikan angkanya. Namun, di saat seperti ini, ente hanya perlu memperhatikan angka yang ada di sudut-sudut yang ane lingkari merah di SS berikut.

Coba deh dipikirin apa yang ane bilang tadi. Yap, perhatikan angka, perhatikan setiap angka satu yang dilingkar! Di sekitarnya hanya ada satu kotak tertutup. Maka bisa disimpulkan kalo semuanya adalah bom. Yap, semua pasti bom, coba deh diklik kanan.

Nah, ane udah klik kanan. Sekarang bukan hanya disekitar dua angka 1 aja yang diketahui letak bomnya. Namun, sekarang letak bomnya banyak udah diketahui. Perhatikan deh yang ane lingkarin merah di gambar berikut.
Semua bom yang ada di sekitar semua angka 1 tersebut udah terungkap. Buktinya ada satu bom disekitarnya. Maka dapat disimpulkan, kalo kotak tertutup yang laen disekitarnya pasti bukan bom. Silahkan diklik kiri maka hasilnya sama seperti gambar berikut.
Nah, setelah itu, coba deh perhatikan angka 2 yang paling atas, kotak tertutup disekitarnya hanya ada dua maka dapat dipastikan keduanya adalah bom maka ditandai.
Nah, sekarang kita udah mencapai jalan buntu karena gak ada petunjuk sama sekali. Yang bisa kita lakukan adalah pasrah dengan keberuntungan. Yap, inilah tempat dimana keberuntungan yang 10% baru digunakan. Ente harus mengklik secara asal-asalan jauh ataupun dekat dari ruang yang luas tersebut sampai ente merasa udah menemukan satu petunjuk. Klik-nya pelan-pelan kayak awal bermain agar ente bisa memiliki kesempatan untuk melihat angka yang muncul sehingga ente gak buru-buru sampai-sampai nggak sengaja mengklik bom padahal ada petunjuk yang udah terbuka.

Nah, buat kasus permainan yang ane mainin sekarang. Wah, beruntung sekali, ane menemukan ruang luas yang baru.

Yee, sekarang ane bisa lanjut dengan petunjuk saudara dari ruang luas yang lama HOreeey. Apalagi kalo tersambung satu sama lain. Pasti letak bomnya lebih bisa diketahui.

Nah, sekarang kita lanjutin kayak cara awal yang ane bilang tadi. Setelah ruang luas terungkap pasti akan ada petunjuk di sela-selanya. Sekarang ane bakal main sampai selesai dengan menggunakan prisinsip di sekitar angka 1 pasti ada 1 bom, di sekitar angka 2 pasti ada 2 bom, dan seterusnya.
Dan hasilnya, ane menang. Begitulah cara main Minesweeper. Lagipula, ini baru level beginner yang pasti gampang banget. Yang terpenting dalam permainan ini tentu saja ketelitian dan kehati-hatian bisa-bisa ente bisa salah ngeklik dan tersesat dalam dunia bom hehe.

Sekian, ini memang merupakan permainan buat orang-orang yang lagi galau dan pengen sendirian. Kalo udah jago di beginner ente juga bisa lanjut ke tahap selanjutnya yang lebih susah. Tentu saja ketelitian, skill, dan keberuntungan pasti sangat dibutuhkan. Sekarang ente tau kan rahasia dari game ini? Mulai sekarang ente bisa pamer sama temen-temen kalo kekuatan tebakan ente memang luar biasa (padahal udah tau cara mainnya). Yasudah sekian and goodbye V(^_^)

Jangan lupa juga
Tau arti kata Gelinjang
Baca tentang makhluk horor yang muncul saat ente puasa
Baca tentang tips menulis di blog

No comments:

Post a Comment