Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, January 17, 2016

Fakta Sains: Atom

Zat terdiri dari partikel-partikel yang disebut atom. Oleh karena atom adalah struktur yang sangat stabil, atau selalu membangun blok untuk setiap benda di jagad raya. Ada sekitar 100 jenis atom dan atom sendiri terdiri dari partikel-partikel yang lebih kecil yang disebut partikel "sub-atom"


■ Struktur Atom
Di pusat, atau inti, semua atom kecuali hidrogen terdiri dari proton (bermuatan positif) dan neutron(tidak bermuatan). Partikel bermuatan negatif disebut elektron yang mengitari inti dalam lapisan yang disebut "kulit"


Jumlah Nukleon
Jumlah total proton dan neutron di dalam inti adalah jumlah nukleon dari atom. Bentuk umum dari karbon adalah mempunyai 6 proton dan 6 neutron sehingga karbon-12.

  Isotop
Semua atom dari unsur yang sama mengandung jumlah proton yang sama tetapi berbeda bentuk unsur mungkin mempunyai jumlah neutron yang berbeda. Hal seperti itu disebut isotop. Isotop karbon-14 mempunyai 2 neutron lebih banyak daripada isotop karbon-12

 Kuark 
Neutron & proton mengandung partikel-partikel kecil yang disebut kuark, yang saling terlekat oleh partikel yang sangat kecil yang disebut gluon. Kuark bawah memilik 1/3 muatan negatif dan kuark atas memiliki 2/3 muatan positif.

Tumbukan Partikel
Para ahli menemukan partikel baru dengan cara menabrakkan partikel subatom pada kecepatan tinggi. Tumbukan tersebut membentuk partikel baru yang pergerakannya dapat direkam dengan komputer.


Fakta Suatu Atom
□Proton & neutron 1.836 kali lebih besar daripada elektron.

□Ilmuwan telah menemukan lebih dari 200 partikel subatom yabg berbeda 

□Butiran halus dari debu terdiri dari satu triliun atom.

1 comment:

  1. Ini bisa dimasukin ke label "Kimiaboom", ^_^ Wah, post ini punya banyak kesempatan buat dicari di google tapi kayaknya udah banyak orang yang nge-post termasuk wikipedia yang sok pintar :v

    ReplyDelete