Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, December 23, 2017

Bacaan Isymam

Yo semua~! Kembali lagi sama mimin yang alim lagi baik hati, mimin K. Tentu saja, masih di blog yang tercinta, KnK Land. Kali ini, mimin akan bagi2 tentang ilmu gharib. Hmm, apa itu ilmu gharib? Ilmu gharib adalah ilmu yang mempelajari tentang bacaan2 unik atau aneh yang ada di dalam Al-Quran. Aneh disini dalam artian hanya sedikit skali bacaan ini muncul dalam Al-Quran. Nah, kali ini mimin akan membahas tentang bacaan Isymam dan nanti, mimin juga bakal bikin iven tapi bukan buat natal. Mimin mau bikin iven biar pengunjung tambah banyak soalnya skarang jumlah penayangan blog nge-drop jadi 100-an padahal dulu tiap harinya bisa sampe 700-an T_T Apa yang salah dengan tulisan mimin. So, bersiap2lah dengan ivennya. Bdw, skarang juga iven math masih dilanjutkan, jangan lupa ikutan yah kalo mampu, hehe. So, daripada lama lami ngebacot soal iven mending qta main kartu cekidot!




Okeh, waktunya ngebahas apa yang harusnya qta bahas dari tadi. Yap, bacaan Isymam. Apa itu bacaan isymam? Sejenis makanan? Apakah termasuk instrumen? Tentu saja tidak. Bacaan isymam adalah bacaan yang dilakukan dengan mencucukan bibir di tengah dengung sebagai isyarat bunyi dhammah. Eeh, apaan tuh? Masih gak ngerti? Owalah, baiklah! Coba buka Quran sekitaran surah Yusuf kalo gak salah. Tunggu mimin googling dulu... Aha, surah Yusuf (surah ke-12 yah) ayat 11. Coba di baca ayatnya! Ato, gak perlu jauh2 cari mushaf, nih mimin udah copas dari internet ayatnya.


 قَالُوا يَا أَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَنَّا عَلَىٰ يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ

Nah, itulah bunyi ayatnya. Skarang, coba perhatikan tulisan yang mimin warnai. Jika qta membacanya seperti biasa. Maka bacaannya kira2 seperti ini:
Laa-ta'-man-(dengung)-naa

Yap, disitu terdapat hukum nun tasydid sehingga bunyi tasydid nun-nya didengungkan (ghunnah). Dalam ayat ini memang dibaca ghunnah seperti itu. Namun, ada yang sepesial dari ayat ini. Tidak lain dan tidak bukan, terdapat hukum bacaan isymam dalam ayat ini. Terus bagaimana cara membacanya? Okeh, memang sulit untuk menyebutkan dalam kata2. Bacaannya kira2 seperti ini:
Laa-ta'-man-(dengung-bibir mencucu di tengah dengung-bibir kembali seperti semula tapi masih dengung)-naa

Yap, begitulah. Jadi prosesnya kayak gini, baca dulu "Laa", trus "ta'", trus "man", dilanjut dengan dengung karena ada hukum bacaan ghunnah. Nah, di tengah2 dengung ini, bibir harus dicucukan atau dimonyongkan seakan2 mau mengucapkan "u" ato dhammah tapi tidak diucapkan yah, hanya mengisyaratkan doang. Lama dengungnya tetap sama seperti biasa, gak diperlama. Jadi, proses "pemonyongan" bibir ini berlangsung begitu singkat. Emang agak susah, mimin aja butuh berulang kali biar bisa membacanya.

Nah, itulah bacaan isymam. Trus, dimana qta bisa menemukan bacaan isymam dalam Al-Quran? Jawabannya hanya satu tempat yakni di surah Yusuf ayat 11. Di situlah letak satu2nya tempat bacaan isymam tepatnya di lafaz "ta'mannaa". Mungkin ente bertanya2, kenapa dibaca seperti itu? Coba perhatikan dulu makna dari ayat tersebut.

Mereka berkata: "Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya. (Q.S. Yusuf : 11)

Ayat ini menceritakan tentang saudara2 nabi Yusuf 'alaihi salam yang berusaha berbohong kepada ayah mereka, nabi Ya'qub 'alaihi salam. Tampaknya, mereka mau mengucapkan antara "laa ta'manunaa" dan "laa ta'mannaa" biar ambigu gitu deh, hehe. Berikut, mimin lampirkan cuplikan2 video biar ente2 semua lebih paham ^_^

How Sheikh Mishary read isymam

Jangan baca bacotan mimin di atas, mending nonton penjelasan di bawah kalo ada kuota ;v

Okey, skarang udah ngerti kan? Insyaallah ngerti, hehe. Sebenarnya masih ada satu cara baca laen dari "Laa ta'manna" ini yakni bacaan Ar-Raum. Simak aja video di atas kalo pengen tau apa itu bacaan Ar-raum. Moga aja dengan postingan ini, bacaan Quran ente2 semua makin lebih baik yah ^_^ Kalo ada yang salah, mohon diprotes di komen yah. Nah, sekian postingan dari mimin, papay~
 

Jangan lupa juga
Ketahui naga mitos atau nyata
Ketahui bedanya syirik jaman now dan jaman old
Membuat hot dog low budget

No comments:

Post a Comment