Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, December 22, 2017

Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

Yo semua~! Ketemu lagi sama mimin yang kreatif lagi hebat, mimin K. Tentu saja, masih di blog kesayangan qta semua, KnK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas tentang gambar. Di alam ini, manusia sangat senang dengan yang namanya gambar. Gambar adalah... yah gambar. Dalam gambar menggambar ini, qta mungkin sering mendengar istilah Vektor sama Bitmap. Emang apa sih vektor sama bitmap ini? Hmm, langsung aja cekidot.




Dalam dunia grafika ada dua jenis grafik atao gambar yakni gambar bitmap dan gambar vektor. Yap, itulah dua jenis gambar yng bisa disimpan dalam komputer dalam bentuk data.

Baiklah apa itu gambar vektor dan apa itu gambar bitmap??

Gambar vektor adalah gambar yang terdiri dari kombinasi titik-titik dan garis-garis yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis. Misalkan, untuk menggambar garis lurus dalam bentuk vektor, kita hanya perlu menentukan dua titik. Untuk menggambar lingkaran pun kita hanya membutuhkan dua nilai yakni nilai posisi satu titik pusat dan jari-jari lingkaran (sebenarnya 3 karena nilai posisi terdiri dari x dan y). Gambar vektor dapat diperbesar tanpa mengurangi kualitas gambar, dan ukuran file gambar vektor relatif lebih kecil daripada file bitmap karena hanya berisi perhitungan matematis. Bahkan warnanya pun bisa dihitung secara matematis (kalo mau yah). Meskipun ukurannya relatif lebih kecil, gambar vektor membutuhkan kinerja processor yang lebih besar karena untuk menampilkan gambar vektor harus melalui proses hitung2an baru ditampilkan. Beda sama bitmap yang bisa langsung ditampilkan.

Skarang apa itu gambar bitmap? Gambar bitmap adalah gambar yang terdiri atas kumpulan titik-titik atau pixel (yang kotak-kotak itu) sehingga kalo diperbesar kualitasnya "semakin buruk". Ukuran file gambar bitmap relatif lebih besar daripada gambar vektor karena gambar bitmap membutuhkan kapasitas lebih besar untuk menyimpan data warna setiap pixelnya. Yap, namanya adalah bitmap yang terdiri dari kata "bit" dan "map". Bisa dibilang gambar bitmap merupakan pemetaan dari data yang berbentuk bilangan biner terus ditampilkan dalam bentuk gambar yang terdiri atas pixel2.

Yah, itulah dia dua jenis gambar, vektor sama bitmap. Kalo gak ngerti silahkan cari di google Klo kurang paham, itu salah sendiri yah. Kalo ada kesalahan di pos ini, silahkan diprotes di komen dan jangan dimaafkan. Okelah sekian postingan dari mimin. Semoga bisa memberikan pemahaman dan manfaat bagi ente2 semua. Sekian, and papay~

Jangan lupa juga
Ketahui Pose Aneh Orang Saat Nelpon
Ketahui Cara Mengakses Deep Web

No comments:

Post a Comment