Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Friday, April 6, 2018

Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok


Tentara Pembebasan Rakyat adalah tentara nasional Republik Rakyat Tiongkok. Tentara ini biasanya juga disebut sebagai Tentara Rakyat.
Berbeda dari tentara nasional di negara lainnya yang komando militernya dipegang oleh pemerintah yang berkuasa, Tentara Rakyat langsung berada di bawah komando Partai Komunis Tiongkok. 
Pada bulan Juni 2005, Tentara Pembebasan Rakyat berkekuatan 3.530.569 personel. Jumlah ini tidak seluruhnya berupa tentara, karena kekuatan unit tentara hanya 2.296.861 personel, sisanya 1.233.708 personel adalah kekuatan unit paramiliter.


Benih lahirnya Tentara Pembebasan Rakyat adalah pada peristiwa Pemberontakan Nanchang tanggal 1 Agustus 1927. Pemberontakan tadi berhasil dipadamkan dan kekuatan pemberontak yang tersisa kemudian bersatu membentuk kesatuan militer dengan nama Tentara Revolusioner Petani dan Buruh Tiongkok. Tahun 1928, nama tentara ini berubah menjadi Tentara Merah Petani dan Buruh Tiongkok.
Pada saat invasi Jepang tahun 1937, Tentara Merah kemudian dipersatukan di bawah komando Tentara Nasionalis sebagai Angkatan Rute 8. Pada tahun 1945, Komandan Angkatan Rute 8, Zhu De menyerukan perlawanan hidup atau mati terhadap Jepang, di dalam pidatonya, ia pertama kali mengucapkan istilah Tentara Pembebasan Rakyat.
Tahun 1946, pecah perang saudara antara pihak komunis dengan nasionalis, unit-unit tentara yang tadinya merupakan kekuatan komunis segera melepaskan diri dari komando nasionalis dan membentuk kesatuan tentara dengan nama Tentara Pembebasan Rakyat sampai sekarang.

Sekarang ini, Tentara Pembebasan Rakyat dibagi atas 7 daerah militer :

  • Daerah militer Shenyang, berpusat di Shenyang, Liaoning
  • Daerah militer Beijing, berpusat di Beijing
  • Daerah militer Lanzhou, berpusat di Lanzhou, Gansu
  • Daerah militer Jinan, berpusat di Jinan, Shandong
  • Daerah militer Chengdu, berpusat di Chengdu, Sichuan
  • Daerah militer Guangzhou, berpusat di Guangzhou, Guangdong
  • Daerah militer Nanjing, berpusat di Nanjing, Jiangsu

Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat mempunyai 18 divisi tentara.
Angkatan Laut Tentara Pembebasa Rakyat dibagi atas 3 armada besar:
  • Armada Utara, berpusat di Qingdao, Shandong
  • Armada Timur, berpusat di Ningpo, Zhejiang
  • Armada Selatan, berpusat di Zhanjiang, Guangdong

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat sampai pada tahun 2005 berkekuatan 1500 pesawat tempur, 780 pesawat pengebom dan 500 pesawat pengangkut.

Hhhmm bisa dibayangkan jika negara kita Indonesia berperang melawan mereka... Pasti kalah wkwkwk


2 comments:

  1. Tentaranya ganteng ngak kayak indo item item jijiii


    YUK KLIK LINK DI BAWAH INI SEGERA !!!!

    Ton Nasa

    ReplyDelete