Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, January 6, 2018

Statistika untuk Penelitian

Yo semua~! Ketemu lagi sama mimin yang teliti lagi sok tau, mimin K. Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang tercinta ini, KnK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas tentang statistika. Apa itu statistika? Kenapa mimin ngebahas tentang statistika? Yah, terserah mimin mau nulis apa yang penting bisa menuhin blog ini dengan tulisan. Nah, daripada lama ngebacot di paragraf 1, mending qta pindah ke paragraf 2. Cekidot.




Statistika sangat penting dalam penelitian. Mau meneliti tinggi badan rata2 nenek2 butuh statistika, mau meneliti seberapa hebatnya anak kecil berbohong butuh statistika, mau meneliti persentase jumlah orang buta warna juga butuh statistika. Trus, apa itu statistika? Apakah sejenis genre anime? Apakah termasuk dalam instrumen? Hmm, semua itu gak bakal terjawab di postingan ini karena pertanyaan itu cuma pemanis postingan saja. Okeh, tama2 apa itu statistika?

Statistika berasal dari bahasa Latin "status", atau bahasa Yunani "Statizien", atau bahasa Inggris "State" yang artinya negara ato kesatuan politik. Nah, loh kok artinya negara sih? Tentu saja, latar belakangnya statistika yakni dulunya statistika hanya digunakan untuk kepentingan administratif negara misalnya perhitungan pajak, ataupun hal2 lainnya yang berhubungan dengan negara. Nah, skarang statistika udah berubah jauh dari yang dulunya hanya digunakan untuk kepentingan pengurusan negara, sekarang digunakan untuk berbagai macam penelitian. Statistika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara ato metode dalam mengumpul, meringkas, menganalisis, dan menyajikan data, serta menarik kesimpulan dari data yang ada.

Statistika sangat penting dalam melakukan penelitian. Dimulai dari menentukan sampel dari sekian banyak populasi, hingga dalam menganalisis data memerlukan yang namanya statistika. Yah, untuk pembahasan lebih lanjut tentang metode2nya bisa ente request di komen biar mimin postingkan atau langsung saja cari di google.

Ada dua macam setatistika (sengaja tulis "setatistika" biar yang copas harus edit wkwk), yakni setatistika deskriptif dan setatistika inferensi. Setatistika deskriptif hanya mencakup pengumpulan, pengolahan, hingga penyajian data. Adapun, untuk menganalisis serta mengambil kesimpulan ada pada setatistika inferensi.

Nah, itulah ringkasan singkat tentang setatistika. Semoga ente paham dan lebih banyak belajar lagi. Kalo ada yang salah mohon cimiumiu (Corret Me If I Wrong). Semoga postingan ini bergizi untuk ente2 semua serta memperbanyak pengunjung di blog ini hehe.

Jangan lupa juga kunjungi blog ini:
https://freelearningji.wordpress.com/

Blog ini hanya blog random yang mimin temukan. Dan ingat "Knowledge, Is The Right of ALL PEOPLE". Quote inilah yang bikin mimin promosi blog random ini di KnK Land, hehe. Meskipun blognya udah gak update, tidak ada salahnya mencurry ilmu di blog itu. Oh yah, blog itu terdapat ilmu tentang statistika serta penggunaan software SPSS. Semoga bermanfaat. Kalo ada yang mau dipromosiin blognya, channel youtubenya, akun sosmednya, dll, silahkan request di komen ^_^ Okey? Nah, sekian postingan mimin, papay~!

Jangan lupa juga
Liat kumpulan animasi gif yang menunjukan cara kerja sesuatu
Baca makalah Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjangan Bangsa Indonesia
Bermain Game Emperor Card

No comments:

Post a Comment