Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Friday, May 11, 2018

2 Cara Cepat Perkalian

Gambar Pemanis
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing Admin K yang keyen dan bersinar . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang juga keyen ini, KnK Land. Kali ini, aing bakal ngebahas cara perkalian cepat atau cara cepat perkalian yah terserahlah mau yang mana. Langsung saja qta cekidoot aja guys .








Seperti yang anda ketahui sekarang anak-anak zaman sekarang sudah sangat jarang sekali untuk belajar karena di zaman saat ini banyak anak-anak yang malas belajar karena sibuk memainkan gawainya alias smart phone. Padahal, jika kita terus menerus memegang hp atau memainkanya itu akan sangat berdampak buruk bagi otak si anak tersebut. Mungkin hanya ada beberapa anak sekali yang rajin atau terbebas dari kecanduan hp, misalnya jika yang melihat atau membaca artikel ini aing jamin anak itu ingin menajdi orang yang lebih baik lagi untuk kedepanya karena jika ada anak yang membuka artikel ini maka tentunya anak itu akan belajar bukan? atau bisa saja anak itu hanya mencari alasan untuk bermain hp. Ya setiap anak semua berbeda karakternya.

Yap, memang teknologi seperti hp saat ini banyak di salah fungsi kan bagi anak-anak saat ini, bukannya untuk mencari ilmu justru digunakan untuk bermain game yang tidak ada gunanya. Di era teknologi seperti ini memang banyak anak-anak yang sudah pintar mencari uang melalui teknologi saat ini, selain berdampak negatif tentunya berkembang pesat nya teknologi saat ini juga memberi dampak yang positif untuk anak-anak jaman now.

Lalu apakah hubunganya bagi pelajaran matematika perkalian ini, tentunya jika kalian membaca pembukaan di atas ini pasti pada bingung kan "judul nya 2 cara cepat perkalian tapi kok tentang teknologi mas?". Yak, itu cuman untuk pembukaan aja biar artikel ini bisa berada di page one pencarian google dan bisa dibaca banyak orang yang ingin menimba ilmu tentang cara cepat perkalian.

Memang matematika adalah mata pelajaran yang mungkin di benci oleh banyak siswa di dunia ini mulai dari sd, smp, hingga sma, bahkan mahasiswa. Kenapa? karena pelajaran matematika ini sangat membutuhkan banyak sekali rumus yang wajib dihafal dan dipelajari. Tetapi untuk pelajaran matematika di smp dan sma tidak terlalu banyak menghitung karena matematika di smp atau sma hanya butuh kosentrasi dan pemahaman yang luas. Namun, bagi pelajaran matematika di sd kita wajib hafal apa itu perkalian, pembagian dimana hal itu sudah sangat gampang bagi siswa smp dan sma, tetapi bagi siswa sd yang masih menginjak kelas 2 atau 3 tentunya akan kesulitan dengan perkalian dan pembagian. Semua cara sudah di lakukan tapi lupa-lupa terus dan terpaksa dihafal deh satu per satu.

Sebenarnya perkalian dan pembagian ini sangat mudah dan praktis tidak perlu pakai jari kek atau tidak perlu di hafal satu per satu perkalianya. Maka dari itu tujuan dari artikel ini adalah membuat anda yang membaca artikel ini memahami apa itu perkalian.

1. Perkalian Menggunakan Cara Bersusun. 

Cara ini memang sudah menjadi cara perkalian yang pasaran atau sudah sangat sering diajarkan oleh guru-guru matematika saat ini.

Contoh :  27×72

Perkalian Bersusun
• Pertama, kalikan 7 dengan 2.hasilnya 14 taruh 4 di bawah dan taruh 1 di atas angka 2.
• Kedua. kalikan 2 dengan 2 hasilnya 4 karena masih ada simpanan 1 dari hasil cara pertama maka tambahkan 1 dan hasilnya 5.
• Ketiga, kalikan 7 dengan 7 hasilnya 49 taruh angka 9 dan simpan angka 4 nya di atas 2
• Keempat, kalikan 2 dengan 7 hasilnya 18 karena ada simpanan 4 dari cara ketiga maka hasilnya 18
• Kelima, tambahkan semua angkanya

Nah untuk cara kesatu sangat mudah bukan? Kalian hanya tingal kali kan silang saja saja.

2. Perkalian Menggunakan Cara Kotak 

Cara ini memang lebih rumit dari cara ke satu karena yu harus terlebih dahulu membuat kotak untuk perkalian kotak tersebut. Sebaiknya yu menyiapkan dulu kotaknya dan silahkan tulis angka-angkanya dengan menyiapkan kotak-kotak nya terlebih dahulu cara ini akan lebih cepat dari perkalian menggunakan cara bersusun. Caranya:

Contoh :  654×44

Perkalian Diagonal

Caranya atau langkah-langlah perkalian menggunakan kotak sangat gampang, yaitu:

• Pertama, kalikan 2 dengan 6 taruh angka pertama ke kolom atas dan taruh angka terakhir ke kolom bawah
• Kedua, kalikan lagi 2 dengan 5 taruh juga seperti cara di atas
• Ketiga, kalikan lagi 2 dengan 4 taruh juga seperti cara di atas
• Keempat, kalikan 8 dengan 6 taruh angka pertama ke kolom atas dan taruh angka terakhir ke kolom bawah
• Kelima, kalikan 8 dengan 5 taruh juga seperti cara di atas
 • Keenam, kalikan 8 dengan 4 taruh juga seperti cara di atas
• Jika sudah tinggal tambahkan saja angka angkanya di setiap kolom diagonalnya

Cara menambahkan nya.
Kolom ke-1: 2
Kolom ke-2: 2+4+2 = 8
Kolom ke-3: 1+0+2+4 = 7
Kolom ke-4: 6+1+0 = 7
Kolom ke-5: 6

Dan hasilnya adalah 28776. Tingggal urutkan saja dari kolom kesatu sampai ke terakhir.

Mudah bukan cara yang aing berikan? Jika cara perkalian metode baru ini masih sulit bagi anda silahkan protes dan komplen di kolom komentar di bawah ini, heuheu.

Okeh, itulah postingan dari cara cepat perkalian atau cara perkalian cepat, yah terserah mau yang mana. Semoga yu bisa faham dan semoga memberikan manfaat bagi qta semua. Kalo kurang paham, silahkan sampekan di komeng. Kalo mau protes, silahkan juga sampekan di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

Jangan lupa juga
Baca juga tentang persamaan garis
Baca quote dari tokoh2 random terkenal
Ketahui perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap
Ketahui lifehacks gak etis yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari

1 comment: