Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Friday, August 11, 2017

Huruf Katakana

Yo All! Yo! Yap, jumpa lagi sama mimin yang kawaii lagi kakkoi, mimin K. Bersama dengan mimin, ada Mr. Japang. Mr. Japang katakan "Halo"

ハロ

Nah, itulah Mr. Japang. Padahal dia sudah janji buat nemanin mimin di setiap postingan tapi pas mimin posting tentang Pokemon GO malah ngilang. Daripada lama2 langsung aja yah cekidot.



チェキドーット!

Nah, para wibu sekalian, dulu mimin pernah mosting tentang huruf hiragana. Silahkan klik link ini untuk mengetahui huruf hiragana itu kayak gimana. Setelah mosting tentang huruf hiragana, skarang tebak mimin mau posting tentang apa?

フルフ カタカナ!

Seratus buat Mr. Japang. Kali ini mimin bakal pos tentang huruf katakana yah meski udah dikasih tau di judulnya.. gpp deh buat basa basi. Oke, Mr. Japang. Apakah kau tau apa fungsi dari huruf katakana ini?

テンチュ サジャ アク タウ。アク カン オラン ジェパン

Oh, okedeh. Fungsi dari huruf katakana ini adalah menuliskan kata-kata dari bahasa asing atau serapan yang diambil dari bahasa asing. Huruf katakana juga sering digunakan untuk menulis kata-kata slang. Terus apa sajakah huruf katakana itu? Apakah sama dengan huruf hiragana? Pada dasarnya huruf katakana dan hiragana itu sama ada yang beda hanya bentuk hurufnya (u don't say).

Oke, mari kita mulai dengan apa saja sih huruf katakana itu? Nah, mimin bakal bajak foto di google tanpa cantumin sumber.

ダサー プラギアット

Mana saya tau, saya kan pencurry.


Nah, huruf katakana ini juga sama kayak hiragana. Bisa ditambahin ten-ten (dakuten) sama maru (handakuten); cara bacanya juga sama lho. Tsu kecil dan Yo-on juga berlaku untuk katakana. Yang gak tau Tsu kecil dan Yo-on, boleh dong buka link ini soalnya mimin gak suka ngetik lagi.\


Tanda Panjang!!

Yang berbeda dari huruf katakana ini adalah tanda panjangnya. Kalo di hiragana pake huruf aiu, maka pada katakana cukup dengan menambahkan tanda garis datar (ー).
Contohnya yah:
Mari kita menjepangkan kata Moon yang dibaca "muun", maka tulisannya kayak gini
ムーン (Ini mimin yang bicara bukan Mr. Japang)
Nah, kata di atas terdiri dari huruf  mu (ム), tanda panjang (ー), dan huruf n (ン).

Haraf diperhatikan terdapat huruf-huruf yang sangat mirip dalam katakana yang sulit dibedakan yakni shi (シ) dengan tsu (ツ) dan n (ン) dengan so (ソ). Cara menulisnya pun beda, kalo ente sudah terbiasa pasti bisa kok membedakannya.

Oh yah, ada satu hal yang penting. Dalam katakana ada yo-on yang lain yang sering digunakan, yakni huruf vokal kecil seperti e kecil (ェ) dan i kecil (ィ). Contohnya dalam penulisan Cherry (チェリー). Yap, tentu saja karena dalam Bahasa Jepang tidak ada yang namanya huruf "che". Contoh lain yang menggunakan a kecil yah ファーストフード (Faasutofuudo atau Fast Food).

Nih tabel yo-on yang menggunakan tanda vokal kecil (mimin culik dari wikipedia)
Skarang waktunya mimin memberikan sedikit contoh kata-kata yang harus menggunakan huruf katakana

アメリカ - Amerika - America
チョコレート - Chokoreeto - Chocolate
セーラームーン - Seeraamuun - Sailor Moon
カード - Kaado - Card
インドネシア - Indoneshia - Indonesia

Mungkin ente bingung bagaimana caranya menjepangkan bahasa asing kayak di atas. Tenang saja, kalo ente banyak nonton anime, ente bisa terbiasa.

Yap, itulah serbi serba soal huruf katakana. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi. Kalo ada yang kurang paham silahkan tanyakan di komen atau cari lagi postingan yang lebih berkualitas di google sono. Mungkin kalian bertanya-tanya kemana Mr. Japang? Jawabannya simpel, dia udah mimin pecat; gak guna sih. Mari kita tutup postingan ini. Papay (Bukan To be continued lagi)

Jangan lupa juga
Main shogi
Pelajari huruf hiragana
Bikin komik rage

No comments:

Post a Comment