Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, April 25, 2020

Mungkinkah Untuk Mengcompress File 1TB Menjadi 1MB ?

Postingan ini bukan postingan original KnK Land. Postingan ini adalah sumbangan dari Andre Haxor.


Perkenalkan nama samaran saya adalah Andre Haxor. Ini adalah tulisan pertama saya di KnK Land. Saya bukan orang yang begitu pandai menulis. Jadi saya harap anda dapat memahami kalimat saya dengan baik.

Seperti judul artikel Mungkinkah untuk mengcompress file 1TB menjadi 1MB ? secara teori sih mungkin saja. Mari kita bahas bagaimana alur kerja compress file saya maksud.

Setiap file di seluruh komputer anda sebenar nya terdiri dari sederetan kode biner. Misal saya memiliki file HACKER.JPG dengan ukuran 1MB. Berarti ada sederetan kode biner (0 1) berjumlah 8000000bits. Jadi kalau anda memiliki file 1TB ? berarti anda memiliki 8000000000000bits.

Lebih lanjut anda harus tau komputer hanya mengenal 256 karakter ASCII. Dengan begini dari 8000000000000bits hanya akan ada 256 kombinasi pembentuk file. Dengan kata lain 8000000000000bits dapat di singkat menjadi lebih kecil.

Baik bagaimana cara mengecilkan file nya ? Mudah saja anda lakukan pengelompokan file. Cara melakukan pengelompokan nya bagaimana ? Mari kita coba mengelompokan nya dengan mencoba anda buka sebuah file ukuran 10MB dengan hex editor. Berarti akan muncul sederetan kode hex.

Dengan begini anda udah mengerti sebenar nya deretan kode biner 01 di ubah representation nya menjadi kode hex. Baik kembali ke topik awal anda saya asumsikan udah membuka file ukuran  10MB dengan hex editor. Coba anda perhatikan sederatan kode hex di layar monitor anda.

Apa yang anda lihat ? Iyaa anda hanya melihat kode hex. Sekarang coba anda perhatikan lebih teliti ? Apa yang anda lihat ? Yaitu sederetan kode hex yang berulang. Seperti udah saya katakan hanya ada 256 kombinasi. Berarti file 1TB sebenar nya adalah perulangan dari 256 kombinasi karakter ascii. Seperti udah saya bahas di awal bagaimana cara compress file 1TB menjadi 1MB ? Berarti anda  cukup kelompokan file 1TB menjadi 1MB.

Cara anda menglompokan adalah begini. Misal anda membuka file HACKER.JPG 1TB berarti hanya ada 256 karakter kemungkinan berarti. Anda cukup simpan FREKUENSI dari kemunculan karakter. Misal asumsikan file HACKER.JPG adalah gambar hanya menampilkan warna hitam pekat di layar monitor. Berarti hanya akan ada kode hex 00 00 00 berulang sampai 1 TB. Dengan begini saya cukup simpan informasi dari file hacker.jpg menjadi begini 00=8000000000000.

Silakan buka notepad ketik 00=8000000000000 lalu klik save. Anda simpan dengan nama file hacker.jpg.txt.

Coba anda cek ukuran file dari hackerjpg.txt berapa ? Well mungkin hanya beberapa KB saja. Berarti anda sudah sukses mengcompress file 1TB menjadi 1MB.

Muncul permasalahan baru ? Cara mengembalika file bagaimana ? Di sini adalah titik sulit nya. Sangat sulit mengingat setiap OFFSET file. Saya udah memikirkan beberapa ide buat mengembalikan file.

Hanya saja beberapa ide saya pikirkan masih memiliki kendala yaitu:

1. Pengembalian file dengan melakukan permutasi
Kalau anda mengembalikan file. Dengan melakukan perhitungan dari permutasi anda perlu super komputer agar cepat melakukan nya.

2. Pengembalian file dengan algoritma acak

Mungkin anda sering ketemu fungsi acak pada sebuah bahasa pemograman. Misal adalah di C++ ada fungsi acak RAND() gan. Bayangkan kalau anda menggunakan fungsi RAND() dia mengembalikan  keacakan file seperti semual waw ini pasti hebat. Walau begitu kemungkinan nya adalah 0.0000000000001% berhasil

3.Pengembalian file dengan algoritma rakitan sendiri
Mungkin boleh saja anda merakit algoritma sendiri untuk mengembalikan file. Hanya saja kendala saya adalah di perhitungan nya. Saya bukan ahli matematika. Kalau anda ahli mungkin anda dapat merakit algoritma nya sendiri gan.

Baik apa mau saya sampaikan dari tulisan ini ? Saya hanya ingin berbagi ide. Mana tau anda berminat ingin mencoba nya melakukan sendiri. Anda perlu bantuan ataupun belum mengerti bagaimana alur kerja saya maksudkan boleh hubungi saya https://id-id.facebook.com/andre.haxor.

Udah begitu saja ingin saya sampaikan.

1 comment: