Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, May 18, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : Teka-teki racun si Kavka

 


  Halo.... ketemu lagi sama saya alias Sawer Dong. kali ini kita akan melanjutkan pos singkat seri eksperimen pikiran. Kali inikita bakalan bahas yang berhubungan dengan filsafat politik, kenapa dikatakan begitu? karena kali ini kita akan membahas tentang decision atau keputusan.

 Eksperimen pikiran kavka adalah eksperimen yang diciptakan oleh seorang filsuf moral dan politik yang bernama Gregory Stephen Kavka, eksperimen ini ia ciptakan untuk mendukung teori pencegahan yang berhubungan dengan pemakain nuklir. Kavka berpendapat bahwa ada situasi dimana intensi ( niat ) dan aksi dari orang rasional itu berbeda. Mari kita mulai ekperimennya :

Bayangkan anda adalah seorang yang sangat beruntung karena telah mendapatkan tawaran dari seorang biliuner aneh, ia memberikan penawaran bahwa jika anda pada malam ini berniat akan meminum racun yang ia berikan besok sore,  maka, paginya anda akan mendapatkan uang 1 triliun darinya. 
 
kemudian si billionare ini menegaskan dua hal: pertama racun tersebut tidak akan membahayakan hidup anda atau memberikan efek samping yang merugikan di kemudian hari, yang terjadi adalah anda akan kesakitan yang amat sakit selama satu hari. kedua : sebenarnya anda tidak perlu meminumnya, cukup anda berniat saja pada malam harinya. jika besok anda berubah pikiran maka anda boleh saja menolak untuk meminumnya dan uangnya pun sudah terkirim paginya.

 Untuk orang rasional, pasti kalian bakalan berniat begitu karena ini merupakan pilihan yang menguntungkan. dan bakalan membuat sebuah rencana jenius berupa berniat untuk meminumnya dan besoknya merubah niatan ini. tapi apakah hal tersebut bisa terjadi? 

sayangnya menurut kavka ini tidak dapat terjadi, sebagai orang rasional anda tidak dapat berniat untuk meminum racun tersebut. kavka berpendapat karena yang dapat menghasilkan uang bukan aksi memimumnya tapi niat meminumnya. 

pada saat pertama anda bakalan bisa saja berniat untuk meminum racun tersebut tapi setelah si bilionare itu memberitahu bahwa ternyata meminumnya itu tidak berarti apa-apa. maka intensi/niat anda secara tidak langsung dan tidak dapat dikontrol bakalan tidak akan berniat meminum racun tersebut. Kenapa bisa terjadi? karena dalam kepala orang rasional intensinya akan secara tidak langsung mengarah pada hal rasional. yaitu tidak berniat meminum racun tersebut. 

jadi, karena tidak seperti aksi/putusan, intensi/niat tidak bisa kita paksa untuk diniatkan. maka menurut kavka, anda telah gagal mendapatkan uang tersebut hanya karena tambahan 1 informasi.

Mungkin kalian punya sanggahan untuk kavka ini? bisa anda tulis di kolom komentar. Gk cuma sanggahan, kalian bisa mengetik apapun di kolom komentar terkecuali hal-hal yang dilarang admin k.

Jadi.. begitu saja ekperimen pikiran kali ini, see you next time ~~




No comments:

Post a Comment