Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Sunday, June 23, 2019

Mahir bermain Angry Bird dengan fisika a.k.a Projectile Motion


Hai yu-yu calon penguasa dunia - siapa lagi kalau bukan pembaca KnKLand -.  kali ini ikebaru-san ingin share pembahasan mengenai Projectile Motion , kalau bahasa indonesianya apa ya? maklum aing gk terlalu mahir bahasa indonesia - keseringan make bahas inggris 😎-. Projectile Motion ini bisa kita amati di benda/objek yang terlempar atau dilempar yang lintasannya membentuk lenkungan seperti parabola. kira-kira visualisasi nya begini :


Angry Bird

Kebetulan gambar ini aing ambil dari game angry bird, jadi klo ingin mahir main Angry bird, yu-yu semua harus simak pembahasan ini dengan seksama 👌. Oke tanpa membuang-buang waktu lagi langsung aja jom kita cekidot 😋.



Dari gambar tadi kita bisa bikin grafik seperti ini :
Grafik Projectile Motion

eh, sebelum membahas ini lebih lanjut yu-yu semua harus tau dlu persamaan 1D constant Acceleration untuk mencari kecepatan dan posisi benda pada masing-masing sumbu - sumbu x dan sumbu y -. kira-kira begini persamaan nya :


Nah, sekarang dh tau kan - terima kasih dlu ke aing 😍-. oke lanjut, dengan melihat gambar grafik diatas bisa kita ketahui, bahwa : 




dari informasi ini kita bisa mencari titik tertinggi dan titik maksimum terjauh nya loh, jom pertama kita cari dlu titik tertingginya.

Coba pikir 😶, kalau benda sampai pada titik tertinggi/ titik L pada grafik diatas pasti kecepatan benda nya akan menjadi nol kan.  dari informasi ini kita bisa buat persamaan seperti ini :


jangan bingung, ini persamaan kecepatan pada sumbu y di titik L

untuk membuat ruas kanan menjadi nol, maka t nya  : 

persamaan waktu di titik tertinggi

kita subtitusi persaman waktu di titik tertinggi ini ke persamaan 1D acceleration untuk jarak pada sumbu y.


Jarak tertinggi maksimum 
Viola evergardeen, kita sudah menemukan rumus jarak tertinggi nya dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin mendekati 90 derajat maka jarak tertinggi maksimum nya akan makin jauh. ayo, sekarang mari kita cari jarak terjauh maksimum nya yaitu titik S pada grafik. 

Ayo pikir lagi, waktu tempuh dari titik O (titik awal) ke titik S ( jarak terjauh maksimum benda) pasti dua kali dari waktu tempuh dari O ke titik L, kan. maka dapat kita rumuskan : 





kita subtitusikan persamaan di atas ke persamaan 1D acceleration untuk jarak pada sumbu X.





 Viola , kita sudah menemukan rumus jarak terjauh maksimumnya, dan bagi anda yang sudah  memerhatikan artikel ini dengan seksama selamat anda sudah menjadi pro gamer Angry bird.

PErlu diketahui, akan sedikit komplek jika yu ingin menerapkannya di dunia nyata karna ada faktor lain yang menganggu seperti udara,dll. dan tentunya jika ingin melakukan pengukuran yu harus menggunakan ketidakpatian dalam pengukuran.

salam dari ikebaru-san semoga bermanfaat, jika ada kritik,saran, atau pertanyaan bisa yu tulis di kolom komentar. bye.. sampai jumpa di artikel selanjutnya







No comments:

Post a Comment