Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Friday, April 23, 2021

Cabang-Cabang Ilmu Kimia

 

zat kimia


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini aye akan membahas tentang cabang-cabang ilmu kimia. Apa saja cabang-cabangnya? Langsung aja kita cekidoot.


Terdapat 5 cabang besar dalam ilmu kimia dan tentu saja ini tidak berarti sudah tidak ada cabang lain. Cabang-cabang tersebut antara lain kimia organik, kimia anorganik, kimia fisikal, kimia analitik, biokimia.


1. Kimia Organik


Cabang ini secara khusus mempelajari tentang struktur, reaksi, mekanisme, sifat, serta komposisi dari senyawa organik. Senyawa organik itu sendiri adalah senyawa yang memuat ikatan karbon-hidrogen.


2. Kimia Anorganik


Sesuai namanya, ya tentu saja berlawanan dari kimia organik, subjek pada cabang ini meliputi senyawa yang gak berbasis karbon atau dengan kata lain anorganik.


3. Kimia Fisik

 

Kimia fisik adalah ilmu yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, subatom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika. Ilmu ini secara khusus membahas mengenai energi dan dinamik pada sistem dan proses kimia.


4. Kimia Analitik

 

Kimia analitik adalah studi yang mempelajari tentang pemisahan, identifikasi, serta kuantifikasi komponen kimia. Analisis material sampel bertujuan untuk memahami bagaimana komposisi kimia dan struktur dari sampel tersebut. Dimulai dari pemisahan untuk mengisolasi komponen, hingga analisis kualitatif dan kuantitatif yang secara berturut-turut untuk mengidentifikasi komponen dan mengukur takaran atau konsentrasi komponen.


5. Biokimia


Simpel, ada kimia, ada biologi, kalo digabungin BOOM!! 💣 Biokimia adalah cabang yang mempelajari tentang struktur serta proses-proses kimia yang terjadi pada tubuh organisme.


Baiklah, cukup sekian postingan aye kali ini. Sebenarnya masih ada cabang kimia lain misal kimia nuklir. Kalo ada tambahan, sanggahan, protes, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~🙈

No comments:

Post a Comment