Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Tuesday, September 13, 2016

Cara Mempelajari Matematika Dengan Baik dan Bener

Monster Matematika, Ih Serem
Yo All! Yo! Kali ini mimin bakal ngebagiin tips seputar math. Yap, math adalah pelajaran yang paling disukai sekaligus paling dibenci mimin. Kenapa? Entah kenapa, perasaan mimin ama pelajaran math ini rumit banget. Kadang bikin kesal kadang bikin senang. Itulah tantangan dalam pelajaran math. Postingan ini merupakan postingan yang mimin buat agar semua orang tau kalo math itu gak serem-serem amat kok plus buat curhat mimin yang kesel banget sama teman2 mimin yang selalu saja nanyain materi2 dasar math yang udah diajarin lewat SD dan ditambah lagi masih ditanyain lagi esoknya lagi dan esoknya lagi bikin mimin capek banget buat ngejawabnya. Nah, untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang melelahkan tersebut, mimin bakal ngebagiin cara mempelajari math yang baik dan benar di postingan ini. Cekidot.



Pertama-tama sebelum mimin kasih tau caranya, ada beberapa hal yang harus ente semua tau tentang math. Yang pertama, math itu bukan pelajaran hitung cepat meskipun hitung cepat sangat membantu dalam menyelesaikan soal math tapi ketahuilah sesungguhnya math itu bukan ilmu hitung cepat. Tujuan matematika bukanlah untuk menghitung perkalian dengan cepat atau apalah namun tujuan matematika adalah menyelesaikan suatu permasalahan dengan menganalisa dan perhitungan. Meskipun prosesnya lama, tetap saja dikatakan benar, selama caranya benar dan hasilnya juga benar. Yang kedua, matematika bukan soal menghafal rumus. Math beda sama fisika dan kimia yang harus selalu hafal rumus. Math tidak perlu hafal rumus karena semua rumus dari matematika dapat dibuat sendiri dan dibuktikan di atas kertas. Sedangkan, fisika dan kimia sebagian besarnya membutuhkan eksperimen lalu terbentuknya rumus. Adapun, rumus dalam matematika digunakan untuk menyelesaikan soal lebih cepat dan lebih mudah. Mungkin ente2 semua selalu menganggap kalo orang yang jago math gampang menghapal rumus. Padahal sebenarnya mereka gak menghafal tapi memahami. Mimin aja sering lupa beberapa rumus seperti rumus deret. Meski begitu, mimin gak perlu liat buku lagi buat ngehafalinnya namun mimin bisa membuat rumus itu lagi di atas kertas tanpa ngeliat buku =D Oleh, karena itu mimin selalu kesel sama temen2 yang bilang kalo mimin punya daya ingat yang kuat karena banyak ngafalin rumus. Emang bener sih, kekuatan ingatan mimin di atas rata2 tapi gak sampe segitunya kale.

Oke, daripada banyak bacot dan curhat gak jelas, mending mimin langsung aja bagiin tipsnya, oke?

Tips Pertama - Tekun
Yap, dalam mempelajari math kita harus tekun. Jangan hanya melihat soal yang asing atau gak pernah dikerjakan ente bakal jadi pusing dan menyerah. Jangan gitu dong! Kita sebagai manusia yang pantang menyerah gak boleh kayak gitu. Oke, sebagai contoh mimin bakal kasih soal sebagai berikut.
Liat soal itu, tampaknya emang susah bukan? Bagi orang yang udah pro pasti gak bakal susah ngenyelesaikan soal tersebut. Mimin juga dulu waktu masih cupu gak bisa ngerjain soal tersebut. Tapi, coba deh dengan ketekunan kita menyelesaikannya. Tidak ada rumus baku dalam menyelesaikan soal math. Selama rumus tersebut dapat dibuktikan, maka rumus itu pasti benar. Dalam math kita gak boleh ngehafal banyak2 rumus karena terkadang ada soal yang membutuhkan tingkat nalar yang tinggi. Cobalah ente selesaikan soal diatas. Gak bisa? Hadeh masih gak bisa? Ini pelajaran anak SD loh! Gak percaya, hmm,  ente tau kan 1 - 1/2 sama dengna berapa? Ente tau kan 1 - 1/3 sama dengan berapa? Ini mimin udah kasih petunjuk lho! Masih gak bisa. Yaudah mimin kasih bocorannya.
Nah, gimana? Gampang kan? Gak ada susahnya kan? Keliatannya aja yang susah, tapi ternyata hanya bermodalkan matematika dasar yang didapat dari SD serta nalar yang kuat kita bisa ngenyelesaiinnya dengan mudah.

Tips Kedua - Belajar Dari Dasar (Dan Jangan Dilupakan)
Masalah pelajar zaman sekarang ini adalah sering melupakan materi dasar yang didapat di bangku sekolah dasar. Ini sudah menjadi realita dan gak bisa dipungkiri. Mimin juga udah ngalamin hal yang sama, teman2 mimin masih sering nanyain ke mimin tentang operasi pada bilangan positif dan negatif padahal itu udah diajarin di SD. Yah, semua pelajaran dasar udah dilupakan padahal sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Memang sih bener kebanyakannya materi dalam matematika banyak yang tidak dibutuhkan namun dasarnya sangat penting dalam kehidupan sehari2 seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ente gak bisa mempelajari perkalian kalo gak tau penjumlahan, ente gak bisa mempelajari perpangkatan kalo gak tau perkalian, ente gak bisa mempelajari logaritma kalo gak tau perpangkatan, ente gak bisa nyelesaiin soal pake rumus phytagoras kalo gak bisa perpangkatan, ente gak bisa mempelajari sinus ama cosinus kalo gak tau phytagoras, dan lainnya. Yang pasti, pelajaran dasar sangat penting. Kalo dasarnya aja udah kacau pastinya untuk mempelajari yang lebih sulit lagi pasti bakal susah juga.





Tips Ketiga - Nemu Rumus, Cari Pembuktiannya, Lalu Latihan Soal
Seperti yang mimin bilang di atas, rumus dalam matematika harus ada pembuktiannya. Rumus beda yah sama definisi. Kalo definisi yah definisi gak bisa dibuktiin karena definisi selalu benar. Coba ente buktikan kenapa 1 + 1 = 2? Karena ini definisi dari penjumlahan maka tidak boleh dibuktikan karena memang seperti itu. Coba ente buktiin kenapa 3x2 = 3 + 3? Karena itu adalah definisi dari perkalian, makanya tidak bisa dibuktiin. Nah, rumus beda, butuh pembuktian. Rumus didapat dari pengolahan satu atau beberapa dari definisi sehingga terciptanya rumus, dalil, atau teorema. Contohnya saja pembuktian rumus phytagoras dan rumus abc yang pernah mimin post sebelumnya. Ente bisa buktiin sendiri rumusnya, atau kalo gak mampu, silahkan dicari di internet. Yang pasti, kalo ente faham asal usul rumusnya dari mana maka kemungkinan besar rumusnya bisa ente hafal di luar kepala atau paling tidak ente bisa membuat rumus itu lagi jika ente lupa. Selanjutnya adalah latihan soal. Jika ente banyak melakukan latihan soal, maka otomatis rumus2 yang digunakan dalam soal tersebut akan sangat mudah terhafal. Ini lebih baik ente lakuin daripada menghafalnya dengan mengucapkannya berulang kali tapi gpp sih kalo ente rada males nyari soal terus ente ngafalin. Yang pasti, latihan soal dapat memberikan ente lebih banyak wawasan apalagi kalo soalnya soal olimpiade. Ente pastinya bakal stres dong. Ini juga dapat membantu ente agar gak lupa dengan materi math yang didapat dari sekolah dasar.

Tips Keempat - Perluas Wawasan, Cari Soal atau Hal Lain yang Berhubungan dengan Math di Internet
Ini bisa dilakukan dengan cara googling, cari situs yang khusus math atau cari soal2 dan forum2 yang ngebahas soal math. Ente juga bisa saling menanyakan sama ahlinya soal math. Ya, emang bener sih math itu bisa dipelajari secara otodidak tapi itu kalo ente mampu. Makanya, ente juga membutuhkan seorang guru yang jago math. Guru yang ane maksud bukan guru2 math biasa yah. Guru tersebut haruslah seorang guru yang benar2 ahli dalam pelajaran math bahkan bisa tau materi2 math di luar kurikulum sekolah


Oke, itulah tips2 yang bisa ane berikan untuk para pengunjung KNK Blog sekalian. Semoga bermanfaat bagi kita semua wahai saudara2. Ehem, kalo ada yang salah, ane mohon maaf yang sebesar2nya dan mohon dikoreksi di komen biar ane edit lagi postingan ini, hehe. Nah gimana? Math gak susah kan? Selama kita tekun dan berusaha, kita pasti bisa kok. Yap, ane harap ente bisa siap menghadapi monster yang namanya 'matematika'. Daripada banyak bacot, mending kita akhiri saja yah. Tunggu postingan mimin selanjutnya. To be continued .. . . .. .

Jangan Lupa Juga
Baca tentang hal yang tetap laku meski mahal
Download Ebook Fikih Kurikulum 2013
Download Ebook Ekonomi kelas xi

2 comments: