Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Saturday, November 12, 2016

Cara Membuat Tulisan Berjalan aka Marquee di Blog

Yo All! Yo! Yey, kali ini mimin K yang tamvan dan pintar kembali lagi dengan tips dan tutorial yang mungkin bermanfaat bagi ente2 semua. Dimana lagi kalo bukan di KNK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas soal blogging atau lebih tepatnya tentang kode HTML. Mungkin ente2 semua pernah melihat ada tulisan yang bergerak di blog atau situs tertentu. Tulisan seperti itu bisa ada karena dua kemungkinan yakni penggunaan kode HTML untuk ngegerakin tulisan atau menggunakan file animasi. Nah, yang mimin bakal kasih tau disini adalah yang gampangnya aja yakni menggunakan kode HTML untuk membuat tulisan bergerak. Nah, terus gimana sih cara membuat tulisan bergerak atau sering dipanggil Marquee itu? Tentu saja untuk membuatnya, ente lebih baik ngerti dulu dasar2 kode HTML. Kalo ente udah tau, pasti gampang mencerna apa yang ditulis mimin.


Maaf buat para blogger yang gak ngerti HTML kalo ada tulisan yang mimin tulis disini yang membuat ente gak ngerti. Sekali lagi maaf. Entar kalo ada pertanyaan silahkan tanyakan di komen atau kontak mimin. Karena semua pengunjung di blog ini mimin anggap spesial, makanya mimin berusaha sebaik mungkin agar postingan mimin dapat dicerna otak ente2 skalian. Yaudah deh, daripada banyak bacot gak jelas mending langsung aja mimin kasih kodenya

Kode dasar tulisan berjalan atau marquee adalah sebagai berikut.


Jreng jreng inilah kodenya --> "<marquee>Tulisan yang diinginkan</marquee>" tanpa tanda petik, dan yang warna biru bisa diganti dengan tulisan laen sesuka ente. Nah, hasilnya bisa ente liat di bawah ini.

Tulisan yang diinginkan

Nah, skarang udah tau kan kode marquee-nya? Hah? Gak tau cara makenya? Ya Tuhan, kok gitu sih? loh kok marah Padahal ente sendiri yang nyari kode marquee-nya terus tersesat di blog ini tapi gak tau cara make kode? Ah, dasar bodoh! Mimin gak bakal ngajarin soal itu ke ente karena di postingan ini mimin anggap aja udah tau.

Oke, mungkin ente pengen banget untuk memodifikasi kode marquee-nya, kan? Oke, dalam kode marquee ini terdapat beberapa atribut di dalamnya yakni

Loop
Yang pertama adalah loop. Loop atribut yang fungsinya membatasi jumlah berapa kali tulisan akan muncul. Kodenya adalah <marquee loop=terserah dalam bentuk bilangan bulat>Tulisan</marquee>. Contoh :
tulisan ini muncul 3 kali

Atribut laennya adalah

Bgcolor, untuk mengedit warna bacground dari marquee. Atribut ini dapat ditulis kayak gini <marquee bgcolor="nama warna"> dengan tipe data string atau <marquee bgcolor=#kode warna> dengan tipe data angka hexadesimal 6 digit (#000000 sampai #FFFFFF).

Contoh untuk background marquee merah

Kodenya
<marquee bgcolor="red">Bgnya merah</marquee> atau <marquee bgcolor=#FF0000>Bgnya merah</marquee>

Hasil
Bgnya merah
atau
Bgnya merah

Daripada banyak bacot nih daftar atributnya
Loop, Menunjukkan jumlah berapa kali tulisan muncul, diisi dengan bilangan bulat
Bgcolor, Menunjukkan warna background dari marquee, diisi dengan string atau nama warna pake tanda petik dan bisa juga dengan kode warna dari #000000 sampai #FFFFFF. Bdw, kode warna bisa ente cari disini.
Direction, Menunjukkan arah gerakan, diisi dengan up/down/right/left
Title, Membuat marquee memberikan informasi tambahan saat didatangi kursor mouse, diisi dengan string pake tanda petik
Scrollamount, Menunjukkan kecepatan tulisan bergerak dalam satuan milisekon, diisi dengan bilangan bulat
Behavior, Menunjukkan jenis gerakan yakni scroll/slide/alternate. Scroll untuk teks berjalan pada satu sisi, slide untuk teks berjalan tersendat2, dan alternate untuk teks memantul.
Dll, mimin gak mau kasih tau.

Oke, itulah kode yang digunakan untuk membuat tulisan berjalan di blog. Gak tau cara pakenya? Dasar goblok! Kita hidup sebagai manusia modern harus tau cara pake kode tersebut. Kalo ente gak tau cara makenya, sebaiknya ente membaca postingan mimin bagaimana caranya jadi pinter. Silahkan search aja di blog ini. Okedeh, maaf kalo mimin terlalu kasar. To be continued ... .... .

Jangan lupa juga
Download Ebook Ekonomi kelas 11, mohon lapor kalo link rusak
Download Ebook Fikih kelas 10 kurikulim 2013
Protes mimin tentang proyek yang mimin batalin

No comments:

Post a Comment