Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, October 21, 2017

Struktur jaringan tumbuhan

Gambar terlalu HD jangan dilihat :v
Oke semua! Sebut saja ane S, S bakalan share tentang biologong tentang "jaringan pada tumbuhan"
Yang belum tau organ tumbuhan ane kasih tahu dulu yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah pasti ente sudah pernah liat semua itu ane yakin dan percaya.
   Jaringanadalah  kumpulan sel yang mempunyai tugas dan fungsi yang sama. Jaringan terbagi mrnjadi 2 yaitu jaringan meristem  ( jaringan yang masih akan berkembang/selnya masih membelah), jaringan Permanen (jaringan yang udah gak bakalan berkembang lagi atau terhenti perkembangannya alias pembelahan selnya untuk sementara).


A. Jaringan meristem (jaringan Embrional)
        Jaringan terbagi menjadi dua yaitu:
 1. Berdasarkan Letak
  •  Promeristem : telah ada saat tumbuhan embrional
  •  Meristem primer : berasal dari sel-sel embrional yang merupakan kelanjutan embriopada bagian ujung batang dan ujung akar. Cth : Protoderma (bakal epidermis), prokambium (bakal kambium), meristem dasar (bakal parenkim) 
  •  Meristem sekunder : berasal dari jaringan dewasa yang telah terhenti pertumbuhannya tetapi menjadi embrional kembali. Cth : kambium gabus 
 2. Berdasarkan Asal

  •  Meristem apikal (meristem ujung) : terdapat di ujung akar dan ujung batang apabila sel-selnya berkembang langsung dari sel-sel embrionik.




  • Meristem sekunder : apabila sel-selnya berkembang dan jaringa dewasa yang sudah mengalami deferensiasi. Contohnya kambium ( pemisah antara xilem dan floem) dan kambium gabus (felogen) 

B. Jaringan Permanen (Dewasa)
       Ingat aja bahwa jaringan ini udah dewasa dan permanen alias gak ada perkembanganya tapi ada juga yang berhenti berkembang untuk sementara dan akan mulai berkembang lagi nantinya. Jaringan dewasa dapat terdiri dari beberapa macam yang dibedakan berdasarkan dari bentuk dan fungsinya. Macam-macam jaringan permanen atau dewasaa yaitu : 
a. Jaringan epidermis
     Epi (artinya Luar) bedanya sama endodermis bagian dalam (endo = dalam) Jaringan ini adalah jaringan paling luar yang berfungsi melindungi tumbuhan karena dia berada diluar yang pastinya melindung jaringan yang ada didalam tumbuhan pada daun terdapat dua jaringan epidermis yaitu epidermis atas dan juga epidermis bawah.
 b. Jaringan Parenkim (Jaringan dasar)
     Kenapa jaringan ini disebut jaringan dasar padahal dia termasuk pada jringan permanen? Nah, jaringan ini adalah jaringan yang lokasinya ada banyak atau setiap tempat pada tumbuhan pasti ada. nih yang namanya parenkim mau cek di akar, batang, daun, buah pasti ada ini parenkim.
 Coba perhatikan Struktur jaringan diatas, dimanakah letak si Parenkim? jawabannya adalah 4, benar anada menadapatkan 1jt rupiah dari knk company dengan pajak sebesar 2jt.

c. Jaringan penyongkong (jaringan penguat) 
    Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau pengokoh agar tumbuhan gak loyo pada jaringan ini terdapat saudara Parenkim dari keluarga kim.
  • Jaringan Kolenkim
          Jaringan kolenkim adalah jaringan penyokong atau penguat pada organ tumbuhan muda dan tanaman herba. Kolenkim merupakan sel hidup yang sifatnya mirip dengan parenkim. Ada sel yang mengandung kloroplas dan berperan dalam proses fotosintetis. Kolenkim tersusun dari sel-sel hidup dengan protoplasma yang aktif dan memiliki bentuk memanjang dengan penebalan yang tidak merata. Jaringan penyokong berfungsi dalam memperkokoh tumbuhan. Sel-sel yang kuat, tebal dan telah mengalami spesialisasi. Jaringan ini juga berfungsi sebagai pelindung biji dam belas veskuler.

  •  Jaringan Sklerenkim
          Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat yang diri dari sel-sel mati. Sklerenkim memiliki dinding sel yang kuat, tebal dan mengandung lignin. Sklerenkim terbagi dari dua macam berdasarkan bentuknya yaitu, serabut dan sklereid (sel batu). Serabut atau serat berasal dari jaringan meristem yang terdiri dari sel-sel panjang dan bergerombol membentuk anyaman atau pita. Misalnya pelepah daun pisang. Sedangkan pada sklereid (sel batu) adalah jaringan sklerenkim yang bentuk selnya membulat dengan dinding sel mengalami penebalan. Misalnya pada tempurung kelapa atau kulit biji beras.

d. Jaringan pengangkut

 1. floem
     Setelah diolah didaun maka floem menjalakan tugasnya untuk mengangkut makanan yang telah jadi dari daun.
 2. xilem
     Xilem adalah pengakut zat makanan dengana menyalurkan air dan mineral dari akar menuju ke daun untuk diolah.
3. kalau ini epidermis :v bukan jaringan pengangkut.

e. Jaringan Gabus
    Jaringan gabus adalah jaringan yang tersusun dari sel-sel gabus yang berbentuk memanjang. Jaringan gabus berfungsi melindungi jaringan lain yang terdapat dibawahnya agar tidak terlalu agak tidak terlalu banyak kehilangan air. jaringan gabus berada Setelah jaringan Epidermis. Seperti gambar dibawah ini.

Dan jika ente ente sakalian belum pernah melihat struktur jaringan nih ane kasih liat model aslinya dilihat dari mikroskop.
Mnokotil
Dikotil



, kalau dikotil mah udah jelas teratur kayak pasukan lagi berbaris.


 Oke itu dia struktur jaringan dari ane moga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment