Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, December 10, 2016

Macam-Macam Huruf Jepang

Yo All! Yo! Kali ini mimin yang pintar dan terampil, mimin K, bakal ngeshare soal bahasa. Di blog ini tentu saja mimin gak cuma ngebahas soal Bahasa Kanoka sama Bahasa Arab. Mulai skarang mimin bakal ngeshare soal Bahasa Jepang. Rencananya sih bakal ngeshare soal Bahasa Inggris sama Bahasa Indonesia tapi sekarang Bahasa Jepang dulu yah. Baiklah, daripada lama, mending cekidot.





Mendengar kata "Jepang" yang terbesit di benak kita mungkin anime, samurai, ninja, mata cipit (astaga, jangan rasis), bahkan artis2 bokep makanan tradisional mereka kayak sushi dan onigiri. Nah, selain semua itu, apalagi? Yap, tentu saja bahasanya terutama hurufnya yang chingchong chingchong kayak cina kan? Sayang sekali orang Jepang gak ngomong ching chong ching chong tapi banyak yang ngomongnya ikeh ikeh kimochi. Ehem, langsung ke topik aja. Huruf Jepang emang mirip sama huruf China.Ya, wajarlah, soalnya huruf Jepang diambil dari China. Berbeda dengan Bahasa Indonesia yang hanya menggunakan huruf latin, Bahasa Jepang menggunakan empat jenis huruf. Yap, jangan terkejut, emang kliatannya sama. Oh, gak terkejut ya? Gpp. Huruf Jepang terdiri atas huruf hiragana, katakana, kanji, dan romaji. Mari kita bahas secuil per secuil.

Hiragana
Yang pertama adalah huruf hiragana. Huruf hiragana adalah huruf yang mewakili suara dalam Bahasa Jepang. Satu huruf mewakili satu suku kata dan hanya ada satu huruf mati yakni huruf ん (n). Huruf Hiragana memiliki fungsi untuk menuliskan kata dalam Bahasa Jepang. Huruf Hiragana juga biasanya diletakkan setelah kanji untuk mengubah arti dari kata. Selain itu, huruf hiragana juga diletakkan di atas atau di samping huruf kanji (furigana) agar huruf kanji bisa dibaca oleh orang yang belum tau ngebaca kanji. Berikut daftar huruf hiragana dan cara bacanya yang mimin screenshot dari wikipedia (malas ngegambar)

Adapun untuk pembahasan selanjutnya tentang huruf hiragana bakal mimin post nanti yah.

Katakana
The next is Katakana. Huruf Katakanya sebenarnya sama kayak huruf hiragana, yang beda hanya bentuk hurufnya saja. Ada sih huruf2nya yang rada2 mirip. Fungsi dari huruf katakana adalah untuk menuliskan kata2 yang berasal dari bahasa asing yang telah dijepang2kan. Contohnya aja kata Chocolate yang dijepangin menjadi chokoreito yang harus ditulis dengan katakana sehingga ditulis チョコレート bukan ちょこれいと . Contoh laennya adalah アメリカ (amerika), コーヒー(koohii/kopi), ポケット(poketto/kantong), dll. Adapun daftar huruf katakanan adalah sebagai berikut.
Ini juga bakal dibahas laen kali.

Kanji
Selanjutnya adalah kanji. Ini adalah huruf yang paling susah diantara kesemua huruf Jepang. Iya, susah lho! Beneran! Mau tau apa susahnya? Yang pertama, huruf kanji itu jumlahnya ribuan. Yang kedua, satu huruf kanji memiliki cara baca yang berbeda tergantung situasi. Nah, inilah yang membuat kanji jadi susah. Kenapa bisa gitu? Karena huruf kanji tidak sama kayak huruf latin, hiragana, katakana, ataupun hijaiyah sebab huruf kanji mewakili makna dari suatu kata. Contohnya saja huruf 人 yang artinya orang, bisa dibaca "hito", ataupun "jin" tergantung huruf sebelum atau setelahnya. Susah banget kan? Dua kanji juga jika digabung akan mendapat arti baru misalnya huruf 天 yang berarti surga atau langit dan huruf 使 yang artinya menggunakan digabung akan menghasilkan kata 天使 yang artinya malaikat. Yah, gitu deh yang pastinya susah banget. Pembahasan soal kanji panjang banget, mungkin bakal lebih dari satu postingan buat ngebahas soal kanji.

Romaji
Yang terakhir adalah huruf romaji. Sebenarnya sih huruf romaji itu sama kayak huruf latin yaiyalah huruf romaji emang huruf latin. Jadi, orang Jepang juga bisa make huruf latin buat nulis Bahasa Jepang. Tentu saja, meski udah ada romaji yang lebih gampang, orang Jepang masih ngotot pake tiga huruf susah di atas apalagi kanji. Ane nggak tau kenapa, mungkin gak etis kalo gak pake tiga huruf diatas. Cara bacanya mirip sama cara baca orang indonesia. Jadi untuk menulis "Watashi" yang artinya "Aku", orang jepang juga nulisnya "Watashi" atau "Watasi", bukan "Wuh-tuh-she" kayak Bahasa Inggris yah. Contoh laen kata yang dijepangin dari Bahasa Inggris "Furuutsu" yang artinya "buah", bukan ditulis "Fruits" dalam romaji tapi tetap ditulis sesuai katakananya yakni "Furuutsu". Untuk romaji, mimin gak perlu ngebahas di post nanti soalnya gampang.

Yap, itulah keempat macam huruf Jepang. Untuk pembahasan satu per satu bakal mimin post laen kali, mimin juga masih newbie soal Bahasa Jepang, mohon maaf kalo ada kesalahan. Akhirnya mimin bisa mosting soal Bahasa Jepang. Tunggu postingan mimin berikutnya yah. Kalo pengen mimin mostingnya cepet, silahkan request di komen yah. To be continued .. . . . .


Jangan lupa juga
Kenali nama anggota tubuh dalam Bahasa Kanoka
Baca bacotan gaji mimin, bdw, mimin skarang udah kelas XII
Baca tentang cara membuat teks berjalan di blog

No comments:

Post a Comment