Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, December 8, 2017

Apa Itu Berat Jenis? Bantahan Terhadap Flat Earther Bego :v

Yo semua! Ketemu lagi sama mimin yang pintar lagi baik hati, mimin K. Tentu saja masih di blog kesayangan kita, KnK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas tentang berat jenis yang merupakan besaran yang dipuja2 para Flat Earther. Mereka mengklem kalo gaya gravitasi itu gak ada tapi yang ada hanya berat jenis. Sunggu kebobrokan yang hakiki dari ajaran nabi Darling alaihi sesat. Oleh karena itu, untuk memerangi kesesatan nabi paslu, mimin bakal ngebahas tentang apa sih berat jenis itu? Hmm, daripada bacot di paragraf 1, yuk ke paragraf 2 lebih asik kayaknya. Cekidot.





Baiklah, wahai kalian para introvert yang cuma suka cari wawasan di komputer kagak suka kuliah. Tama2, qta harus tau dulu apa itu berat jenis. Oh yah, tolong bedain antara berat sama massa. Dalam kehidupan sehari2 kita mengenal yang namanya berat. Misalnya saja saat kita mau beli beras yang beratnya 2 kilogram dengan harga 19.500. Perhatikan tulisan yang warna merah. Yap, tulisannya berat. Eh, tunggu dulu, tulisannya gak berat karena hanya sekadar tulisan. Ah, bodo amat.

Oke, intinya di paragraf 2, mimin hanya mau kasih tau kalo berat sama massa itu beda. Istilah berat yang qta gunakan sehari2 itu sebenarnya adalah massa. But wait, tapi itu bisa dibilang berat juga sih tapi yah terserah dari anda mana yang lebih masuk akal buat anda, bumi itu datar. Dalam fisika ato dalam dunia sains, berat ato weigh sebenarnya adalah gaya gravitasi yang terjadi terhadap benda. Eh, tunggu dulu itu namanya "berat" atau "gaya" sih? Berat ini sebenarnya bisa disebut gaya berat. Yang membedakan berat ato gaya berat sama gaya yang lain ialah, gaya berat selalu mengarah ke bawah. But wait, tunggu dulu, bawah itu dimana sih? Bawah itu ada di ... hmm, relatif sih, tergantung ente tinggal di planet mana ato bahkan ente gak tinggal di planet, bisa saja ente tinggal di meikarta mungkin (krik krik). Sebenarnya, bukan hanya bumi, bulan, ato planet yang mempunyai gaya gravitasi. Semua benda yang mempunyai massa seperti kayu, batu, udara, butiran air, bahkan diri ente sendiri pun memiliki gaya gravitasi. Nah, rumus umum gaya gravitasi adalah sebage berikut:

Thx for paint
dan inilah keterangannya:
F = Gaya gravitasi
m1 = massa benda 1
m2 = massa benda 2
r = jarak antara kedua benda
dan G = konstanta gravitasi yang kira-kira sama dengan 6,67 × 10−11 N m2 kg−2. Thx for wikipedia

Nah, itulah rumus dari gaya gravitasi. Trus apa itu berat jenis? Hmm, ane juga baru dengar sama istilah berat jenis ini. Padahal, yang familiar buat ane adalah massa jenis yang rumusnya massa dibagi volume benda. Apa itu berat jenis? Setelah ane googling dan googling lagi. Ternyata ada dua definisi dari berat jenis yang entah yang mana yang bener tapi yah terserah dari ente mana yang lebih masuk akal buat ente, bumi itu bulat.

Definisi Pertama: Berat Jenis = Berat Benda/ Volume
Kalo massa jenis adalah massa per volume, maka berat jenis adalah gaya berat yang bekerja pada benda dibagi volume. Hmm, masuk akal juga sih. Tapi, kalo diingat2, berat suatu benda dapat berubah2 tergantung gaya gravitasi yang terjadi pada benda (contohnya di Planet Jupiter beda gaya gravitasinya sama bumi). Apakah definisi ini salah? Hmm, tidak juga. Berdasarkan definisi ini, satuannya bisa Newton per meter kubik (N/m3)


Definisi Kedua : Berat Jenis = Massa Jenis Benda / Massa Jenis Air
Definisi kedua yakni berat jenis adalah perbandingan antara massa jenis benda atau zat dengan massa jenis air murni. Tunggu dulu, mana bagian "berat"nya? Definisi ini gak masuk akal sama skali! Eits tunggu dulu. Seperti yang qta ketahui klo berat itu relatif. Qta tidak bisa mengetahui "berat jenis" benda hanya dari mengamati benda itu saja. Oleh karena itu, qta bisa membandingkan dua jenis benda pada tempat yang sama. Karena, perbandingan berat kedua benda (di tempat yang sama, volumenya juga sama yach) pasti selalu sama dengan perbandingan massa jenis benda. Kalo gak caya silahkan buktikan sendiri pasti bisa! Tapi, kalo ente gak bisa buktiian juga gpp, nih mimin yang kasih pembuktiannya.

Jadi sebenarnya definisi kedua dari berat jenis adalah perbandingan antara berat suatu benda dengan air. Namun, ternyata bisa diperoleh hanya dengan menggunakan rumus massa jenis. Menurut definisi kedua ini, berat jenis tidak mempunyai satuan sama skali

Nah itulah kedua definisi dari berat jenis yang mimin dapat di internet dan anehnya kedua definisi ini ada di Wikipedia.
Inilah alasan kenapa yang ngedit Wikipedia haruslah orang2 yang elit
Nah, dari kedua definisi tersebut mana yang menurut ente yang lebih masuk akal untuk disebut sebagai berat jenis? Bingung kan? Hmm, baiklah, biar gak bingung, mimin bakal kasih solusinya dengan mencari dari sumber berbahasa inggris ^_- untuk bisa meluruskan definisi mana yang bisa disebut sebagai berat jenis.

Okeh, ternyata definisi yang benar untuk berat jenis jatuh pada... Eng ing eng~ Jroot~ Jreng-jreng... Dua duanya yeaah~! Definisi pertama merupakan definisi dari Spesific Weight (berat spesifik) sedangkan definisi kedua (tertulis pertama di wikipedia) sebenarnya adalah definisi dari Spesific Gravity yang biasanya disebut gravitasi spesifik ato rapat massa relatif dan kedua-duanya merupakan dua besaran yang dapat menyatakan berat jenis benda ^_- hehe. Kalo ente gak setuju dengan apa yang dikatakan mimin, silahkan protes di komen disertai alasan yang logis, nanti mimin kasih hadiah (sertakan no. hp).

Nah, itulah postingan tentang berat jenis. Semoga dapat memberikan manfaat serta pengetahuan yang lebih bagi ente2 semua. Okeh, skarang waktunya menghujat kaum Flat Earther yang mengklaim kalo gaya gravitasi itu gak ada dan benda bisa jatuh itu karena adanya berat jenis. Kegoblokan hakiki yang luar biasa padahal rumus berat jenis itu sendiri dan rumus gravitasi saling mendukung satu sama lain. Deh, gini nih orang2 yang suka bolos pas pelajaran fisika. Gini nih orang2 yang cuma molor dan ngaku2 pintar cuma karena nonton video "mahabenar" di yucup karya nabi Darling alahi sesat itu. Mereka gak sadar kalo di rumus berat sendiri ada g-nya yang artinya percepatan GRAVITASI.

Sebagai bahan tertawaan saja, mimin menyediakan link video yang bisa membuat ente gemes sama kelakuan mereka.
https://www.youtube.com/watch?v=pIFUB2PYovM

Oh yah, kalo ente seorang Flat Earther, mohon maaf, mimin telah melakukan banyak kesalahan bagi ente2 semua. Kenapa? Karena mimin telah menghina ajaran sakral nabi Darling alaihi sesat yang ada di yucup itu. Yap, situs video yang bahkan orang gila pun bisa uplod video disitu. Mohon maaf telah membuat iman kalian terhadap video "mahabenar" tersebut diuji melalui postingan mimin ini. Tentu saja, mimin gak bakal peduli sama apa yang bakal ente2 semua lakukan yang sok2 ngebangkitin gerakan pipel pawer apalah gitu. Sebagai elit global, mimin sangat senang menonton aksi2 jenaka kalian. Sekian, dan salam elit global, papay~

Jangan lupa juga
Main Tic Tac Toe tidak pernah kalah
Baca kisah tentang bilangan
Ketahui hakikat dari dua kalimat syahadat

No comments:

Post a Comment