Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, March 11, 2018

Ordo Matriks dan Macam-Macam Matriks

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang emejing lagi keyen .  Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh kebahagiaan ini, KnK Land. Kali ini aing bakal ngebahas lagi tentang matriks. Nah, untuk kali ini, aing bakal bicarakan tentang ordo sama macam2 matriks. So, daripada lama2, mending langsung saja qta cekidoot.









Ordo Matriks

Tentu qta sudah ketahui bahwa matriks merupakan susunan bilangan yang disusun dalam bentuk persegi panjang. Tentunya persegi panjang punya ukuran yang berbeda2. Matriks pun demikian, punya ukuran yang berbeda. Ukuran dari suatu matriks dinyatakan dalam ordo. Ordo matriks biasanya dinyatakan dalam bentuk n dengan m merupakan jumlah baris dan n merupakan jumlah kolom yang terdapat pada matriks. Berikut contoh2nya.

Matriks 2×2
Matriks 3×5







Macam-Macam Matriks

1. Matriks Baris

Matriks baris adalah matriks yang hanya memiliki satu baris saja. Matriks ini berordo 1×n, dengan n merupakan banyaknya kolom pada matriks tersebut.

Contoh:

dan

2. Matriks kolom

Matriks kolom adalah matriks yang hanya memiliki satu kolom saja. Matriks ini berorodo m×1, dengan m merupakan banyaknya baris pada matriks tersebut.

Contoh:


dan


3. Matriks bujur sangkar atau persegi

Matriks bujur sangkar adalah matriks yang jumlah kolomnya sama dengan jumlah barisnya. Matriks ini berordo n×n.

Contoh:


dan

4. Matriks persegi panjang

Matriks persegi panjang merupakan kebalikan dari matriks persegi. Matriks persegi panjang adalah matriks yang jumlah kolomnya tidak sama dengan jumlah barisnya.

Contoh:


dan

5. Matriks segitiga

Matriks segitiga adalah matriks bujur sangkar atau persegi yang semua unsur-unsur di bawah atau di atas diagonal utamanya adalah nol.

Contoh:


Diagonal utamanya aing warnain merah






Matriks segitiga atas




Diagonal utamanya aing warnain merah



Matriks segitiga bawah






6. Matriks diagonal

Matriks diagonal adalah matriks bujur sangkar yang semua unsur atau elemen. selain pada diagonal utama adalah 0.

Contoh:


7. Matriks skalar

Matriks skalar adalah matriks diagonal yang setiap elemen pada diagonal utamanya sama.

Contoh:

 

8. Matriks identitas

Matriks identitas adalah matriks skalar yang setiap elemen pada diagonal utamanya adalah 1. Matriks ini juga biasa disebut matriks satuan. Matriks identitas adalah identitas perkalian dari matriks. Jadi, apabila suatu matriks dikali dengan matriks identitas maka akan menghasilkan matriks itu sendiri.

Contoh:

9. Matriks nol

Matriks nol adalah matriks yang seluruh elemennya adalah nol.

Contoh:


10. Matriks simetris

Matriks simetris adalah matriks bujur sangkar yang mempunyai elemen pada baris ke-i kolom ke-j sama dengan elemen pada baris ke-j kolom ke-i (simetris).

Contoh:
 






Nah, itulah postingan aing tentang ordo matriks dan macam2 matriks. Semoga yu bisa paham sama tulisan aing. Kalo masih gak paham, yu masih bisa bilang di komen. Kalo ada kesalahan, silahkan protes di komen. Semoga bermanfaat. Next aing bakal posting tentang matriks transpos dan operasi pada matriks. Sempai jumpa di postingan berikutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment