Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Tuesday, March 13, 2018

Simbol Zodiak Suku Maya dan Namanya

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang bersinar lagi keyen. Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang begitu cerah ini, KnK Land. Bicara soal kalender, qta mengenal kalender masehi sama kalender hijriah. Berdasarkan kalender masehi, qta tau ada yang namanya zodiak. Kali ini aing mau ngebahas tentang zodiak tapi zodiak ala suku maya. Tentu, qta tidak boleh percaya begitu saja sama ramalan zodiak. Disini aing hanya membahas zodiaknya bukan ramalan. Tentu menurut agama tertentu misalnya Islam, dilarang ngebaca yang namanya ramalan zodiak. Perlu diingat ini bukan postingan ramalan tapi ini postingan tentang sistem kalender. Langsung aja cekidoot.



Simbol zodiak suka maya merupakan salah satu sistem astrologi yang diciptakan oleh bangsa Maya kuno berdasarkan perhitungan astronomi. Tapi tuan-tuan dan nyonya nyonya sekalian, sebelum qta ngebahas tentang simbol, alangkah baiknya qta kenali dulu sistem perkalenderan suku maya.

Para Mayans menggunakan tiga jenis sistem kalender: kalender Long Count, Tzolkin, dan Haab. Sistem kalender Long Count menghitung waktu dan tanggal berdasarkan fenomena-fenomena astronomi. Para sejarawan telah mempersempit sistem penanggalan ini dimulai kira-kira 5.000 tahun yang lalu, tanggal 6 September 3114 SM. Akhir dari kalender Long Count suku maya ini adalah pada tanggal 21 September 2012. Kalender yang benar2 panjang yah? Yap, kalender ini memiliki siklus waktu yang sangat2 panjang.

Suku Maya juga menggunakan yang namanya kalender Tzolkin, yang siklusnya 260 hari, yakni kira2 sama waktunya dengan waktu kehamilan. Kalender Mayan Tzolkin ini mempunyai 20 tanda hari dan dikombinasikan dengan angka 1 sampai 13. Tentu, kalender ini tidak sama dengan kalender tahun penuh, karena itu kalender ini tidak tersedia untuk tujuan astrologi.

Kalender Haab adalah satu2nya kalender yang mengikuti standar (kira2) 365 hari. Kalender inilah yang biasa digunakan untuk astologi. Kalender Haab terdiri atas 18 bulan yang masing2 juga terdiri atas 20 hari, ditambah dengan satu bulan akhir yang terdiri atas 5 hari "tanpa nama" .

Lambang astrologi maya dibagi menjadi 19 lambang zodiak yang terdapat dalam sistem astrologi yang dibuat oleh suku maya pada zaman kuno. Masih ada banyak misteri mengenai astrologi suku maya hingga sekarang. Tafsiran yang tepat tentang simbol2 suka maya masih kurang jelas. Banyak interpretasi modern yang telah diajukan, namun tidak banyak diantaranya yang berdasarkan riset terhadap budaya Suku Maya dan simbolisme yang digunakan oleh mereka. Apa yang diketahui ialah kalender Haab menggunakan 19 simbol astrologi Maya untuk merepresentasikan pergerakan sepanjang tahun. Kebanyakan makna dan simbolisme berdasarkan pada aspek penting dalam budaya mereka misalnya cuaca, jaguar, empat arah, dan astronomi. Orang2 Maya modern blum memberikan tafsiran yang lebih jauh mengenai simbolisme dari lambang2 tersebut, jadi ada banyak sekali interpretasi yang berbeda yang muncul. Berikut qta langsung saja ke daftar lambang suku maya, tanggal, dan arti.

  • Ch'en (2 Januari - 21 Januari). Arti : badai hitam, langit hitam, bulan, bunga satu, barat.
  • Yax (22 Januari - 10 Februari). Arti : badai hijau, venus, bunga dua, selatan.
  • Sac (11 Februari - 2 Maret). Arti : badai putih, katak, rasi bintang katak, bunga tiga, utara.
  • Keh (3 Maret - 22 Maret). Arti : badai merah, pepohonan, rusa, timur.
  • Mak (23 Maret - 11 April). Arti : tertutup, penutup, dewa dari nomor 3.
  • K'ank'in (12 April - 1 Mei). Arti : tanah, anjing, kuning, dunia bawah, matahari kuning.
  • Muwan (2 Mei - 21 Mei). Arti : burung hantu, burung moan, dewa hujan dan awan, api.
  • Pax (22 Mei - 10 Juni). Arti : waktu menanam, puma, uap, panah, drum.
  • Kayab (11 Juni - 30 Juni). Arti : kura-kura, dewi bulan, dewa satu.
  • Kumk'u (1 Juli - 20 Juli). Arti : gandum, buaya, kulit jagung, raja dua, kegelapan, Itzamna dewa-dewa hujan dan tanaman.
  • Wayeb (21 Juli - 25 Juli). Arti : hari-hari sial, dewa bumi, hantu, hari-hari yang hilang.
  • Pop (26 Juli - 14 Agustus). Arti : jaguar, kepala, pemimpin, bumi lunak
  • Wo (15 Agustus - 3 Septermber). Arti : langit hitam, jaguar hitam, badai hitam, waktu malam, katak, bumi lunak dua.
  • Sip (4 September - 23 September). Arti : konjungsi merah, langit merah, badai merah, rusa, rusa jantan.
  • Sotz (24 September - 13 Oktober). Arti : kelelawar, ikan, lumut dua, awal musim dingin.
  • Sec (14 Oktober - 2 November). Arti : langit dan bumi.
  • Xul (3 November - 22 November). Arti : anjing suntail, hari-hari burung, dewa anjing.
  • Yaxk'in (23 November - 12 Desembar. Arti : matahari baru, dewa matahari, awan-awan merah, hijau.
  • Mol (13 Desember - 1 Januari). Arti : air, awan berkumpul,  jaguar, pengumpulan.
Nah, itulah simbol zodiak suku maya. Semoga postingan ini memberikan yu lebih banyak wawasan dan menjadi lebih pintar. Sampai jumpa di postingan berikutnya bye~

No comments:

Post a Comment