Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, July 6, 2018

Masih Mau Ngehafal Perkalian? Gunakan Trik Perkalian Ini, Perkalian Cuma Pake Jari (Jarimatika)

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang paling keyen lagi cemerlang . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan cinta dan kasih sayang ini, KnK Land. Kali ini, aing bakalan ngebahas salah satu cara perkalian cepat. Sebenarnya, aing gak terlalu suka membahas tips2 hitung cepat kayak gini tapi gpp lah untuk memperkaya keywod. Baiklah, daripada lama-lami, mending qta langsung saja cekidoot .



Saat masih SD, mungkin kita pernah disuruh ngehafal perkalian oleh guru qta. Yah, gitulah, guru gabut. Menghafal perkalian satu sampe sepuluh adalah tugas yang sangat menjengkelkan saat masih SD kan? Ya, setidaknya gak semenjengkelkan menghafal undang-undang. Padahal, sebenarnya qta tidak perlu menghafal perkalian karena ada trik menghitung perkalian tanpa perlu dihafal. Yap, tanpa perlu dihafal.

Trik perkalian 1


Semua bilangan dikalikan dengan 1 pasti hasilnya bilangan itu sendiri. Jadi, kita gak usah ngehafal perkalian 1, gak guna.

Trik perkalian 2


Perkalian 2 juga gampang, qta tinggal menjumlahkan bilangan yang dikalikan 2 dengan bilagan itu sendiri. Misalnya 4 dikali 2, hasilnya pasti 4 + 4 = 8.

Trik perkalian 3


Perkalian 3 gak usah dihafal, yang perlu dilakukan hanya menambahkan dua kali bilangan itu sendiri. Misalnya 8 dikali 3, itu 8 + 8 = 16 lalu ditambah 8 lagi, 16 + 8 = 24. Ya, gitu deh.

Trik perkalian 4


Cara mudah mengalikan bilangan dengan 4 adalah hanya dengan dikalikan saja dengan 2 sebanyak 2 kali. Contohnya 7 × 4 = 7 × 2 × 2 = 14 × 2 = 28.

Trik perkalian 5


Cara mudah mengalikan bilangan dengan 5 adalah dengan membagi bilangan tersebut dengan 2 lalu dikali 10. Contoh 9 × 5 = 9 / 2 × 10 = 4,5 × 10 = 45.

Trik perkalian 6-9 (jarimatika)

Perkalian yang paling sulit dihafal saat menghafal perkalian waktu SD biasanya berkisar antara perkalian 6 sampe perkalian 9. Sebenarnya, qta tidak perlu susah2 ngehafal perkalian karena hanya dengan jari saja qta bisa menghitung perkalian 6 sampe 9.

Trik perkalian ini sangat mudah dan hanya dengan menggunakan kedua tangan qta (kecuali kalo gak punya tangan, dark), qta bisa dengan cepat menghitung hasil perkaliannya. Metode ini berguna untuk mencari perkalian antara 6 sampe 9.

Langkah-langkahnya sebagai berikut
1. Buka kedua tangan kita.
2. Pandang tangan kiri untuk bilangan yang dikali, dan tangan kanan untuk bilangan pengali.
3. Pada tangan kiri, apabila bilangan yang dikalinya adalah 6 tutup satu jari, apabila 7 tutup dua jari, apabila 8 tutup tiga jari, apabila 9 tutup 4 jari (tutup jari dengan menghitung dari 6).
4. Lakukan hal yang sama pada tangan kanan (untuk bilangan pengali).
5. Jumlahkan jumlah jari yang tertutup secara keseluruhan lalu dikali 10, simpan hasilnya.
6. Kalikan jumlah jari yang terbuka di tangan kiri dengan jumlah jari yang terbuka di tangan kanan, simpan hasilnya.
7. Jumlahkan hasil pada step 5 dan step 6.

Sebagai contoh, mari qta hitung 7 × 8 dengan cara tersebut.

Langkah pertama, buka tangan.
Mari berdoa
 Selanjutnya, qta misalkan tangan kiri untuk 7 dan tangan kanan untuk 8.

Setelah itu, qta tutup jari di sebelah kiri dengan menghitung dari 6 sampai 7.

Lakukan hal yang sama pada tangan kanan.
Nah, skarang jarinya udah ditutup (anggap aja gambarnya bagus :'v).
Oke, skarang waktunya menghitung. Jumlahkan semua jari yang tertutup. Lalu, simpan sebagai puluhan (kali 10).

Selanjutnya hitung jari yang terbuka di tangan kiri lalu kalikan dengan jumlah jari yang terbuka di tangan kanan.

Diperolehlah hasilnya adalah 56.

Tentu saja, trik ini bisa digunakan untuk bilangan lainnya antara 6 sampai 9.

Trik perkalian 9 (jarimatika)


Selain menggunakan cara2 di atas, ternyata ada trik laen untuk perkalian 9 khususnya perkalian 9 dengan 1-10. Caranya mudah skali. Aing kasih contoh saja untuk mencari 9 × 8. Pertama2, qta buka tangan qta.

Yap, udah terbuka :'v anggap aja gambarnya bagus. Nah, tadi kan bilangan yang mau dikali 9 adalah 8. Skarang qta hitung jari qta dari sebelah kiri sampe 8.

Lalu, qta tutup jari ke-8.


Nah, skarang, qta hitung jumlah jari yang terbuka di sebelah kiri jari yang tertutup dan jumlah jari yang terbuka di sebelah kanannya. Jumlah jari yang sebelah kiri akan menjadi puluhan hasilnya sedangkan yang di sebelah kanan menjadi satuannya.


Nah, diperolehlah hasilnya adalah 72 guys . Cara yang sama bisa dilakukan untuk perkalian 9 dengan bilangan 1 sampai 10.

Trik Perkalian 10


Salah satu perkalian yang paling mudah adalah perkalian 10. Jika 10 dikalikan bilangan bulat maka bilangan tersebut tinggal ditambahkan satu 0 di belakang. Misalnya saja 825 × 10 maka hasilnya pasti 825 trus ditambah 0 di belakang sehingga hasilnya adalah 8250. Untuk perkalian 10 dengan bilangan real yang tidak bulat atau pecahan, caranya juga sangat mudah. Caranya tinggal tanda komanya dipindahkan satu digit ke kanan. Misalnya saja 48,72 × 10, maka hasilnya adalah 487,2.

Okeh, itulah trik2 perkalian yang bisa yu yu terapkan tanpa perlu menghafal perkalian. Semoga bermanfaat bagi qta semua. Kalo kurang paham silahkan bertanya. Kalo ada yang salah, silahkan protes di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

Jangan lupa juga
Ketahui tentang bagaimana fungsi kuadrat bisa disebut definit positif atau negatif
Ketahui perbedaan syirik jaman now dan jaman old
Ketahui dan pahami konsep limit

2 comments: