Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, April 7, 2018

Definit Positif dan Definit Negatif Fungsi Kuadrat.

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi manis . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh keceriaan ini, KnK Land. Sebelumnya aing pernah ngebahas tentang rumus abc. Cekarang, aing bakal ngebahas tentang apa itu definit positif sama definit negatif. Apa cih depinit pocitip cama depinit negatip itu? Langcung caja qta cekidoot .








Mari qta ketahui dulu apa itu definit positif sama definit negatif. Suatu fungsi disebut sebagai definit positif apabila nilai fungsinya selalu positif berapapun nilai peubahnya dari domainnya. Sebaliknya definit negatif apaibla nilai fungsinya selalu negatif berapapun peubahnya dari domainnya. Perlu diingat domain disini adalah bilangan real.

Suatu fungsi kuadrat bisa menjadi definit positif, definit negatif, atau bukan kedua-duanya. Fungsi kuadrat adalah fungsi yang berbentuk f(x) = ax2 + bx + c, dengan a adalah koefisien dari x2, b koefisien dari x dan c adalah konstan. Perlu diingat bahwa a tidak boleh sama dengan nol karena fungsi yang bakal terbentuk bukan fungsi kuadrat tetapi fungsi linier. Fungsi kuadrat juga mempunyai diskriminan D dengan D = b2- 4ac.

Adapun syarat2-nya agar suatu fungsi kuadrat dikatakan definit positif atau negatif adalah sebagai berikut:
-Fungsi kuadrat definit positif apabila a > 0 dan D < 0
-Fungsi kuadrat definit negatif apabila a < 0 dan D < 0

Mungkin yu bertanya2, kok bisa gitu yah? Apa ada buktinya? Pembuktiannya adalah sebagai berikut.

Seperti yang qta ketahui bahwa fungsi kuadrat itu berbentuk parabola.



Parabola akan cekung ke atas apabila a > 0, dan cekung ke bawah apabila a < 0. Fungsi kuadrat bisa disebut definit positif atau definit negatif apabila kurvanya tidak melewati atau menyinggung sumbu x karena apabila parabola menyinggung sumbu x maka nilai fungsi kuadratnya bisa 0 sehingga tidak bisa disebut sebagai definit positif atau negatif lagi. 


Kapan fungsi kuadrat tidak menyinggung sumbu x? Yap, saat fungsi tersebut tidak punya akar (pembuat nol) yang real. Itu artinya D tidak boleh lebih dari atau sama dengan 0. Sehingga, D < 0. Adapun untuk penentuan negatif sama positifnya, itu ditentukan oleh nilai a-nya. Apabila a positif (a > 0), maka kurvanya akan cekung ke atas, sehingga fungsinya bisa menjadi definit positif. Sebaliknya, apabila a negatif (a < 0), maka kurvanya akan cekung ke bawah, sehingga fungsinya bisa menjadi definit negatif.

Nah, itulah pembahasan tentang definit positif dan definit negatif fungsi kuadrat. Semoga yu bisa pahami dan semoga ini bisa memberikan manfaat bagi qta semua. Kalo kurang paham, silahkan bertanya di komeng. Kalo ada yang salah, silahkan portes di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

2 comments:

  1. Kalau bisa di beri Contoh Soalnya Juga mas e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas sarannya dan makasih udah berkunjung di blog kami.

      Delete