Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, July 13, 2018

Struktur DNA

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang kece lagi kece banget . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan keceriaan ini, KnK Land. Kali ini aing akan ngebahas lagi tentang biologi. Sebenarnya aing gak suka ngebahas biologi karena rasanya berat banget bagi aing tapi itu tidak masalah karena aing pengen memperkaya keyword di blog ini biar banyak yang terjebak dan membaca postingan di blog ini. Okeh, langsung saja qta cekidoot .





DNA adalah singkatan dari Dari Nenek ke Anak, eh, maksud aing, DeoxyriboNucleic Acid atau kalao dibahasaindonesiakan menjadi asam deoksiribosanukleat. Nama yang keren, bukan? Itu baru kepanjangan. Trus, apa itu DNA? DNA adalah sejenis biomolekul. DNA berfungsi menyimpan segala jenis informasi yang unik dari makhluk hidup. Jadi, kalo muka yu jelek, silahkan salahkan si DNA. 

Qta sudah ketahui bahwa, DNA berisii segala macam informasi genetik. Lalu, bagaimana keberadaan suatu DNA dapat menyimpan informasi makhluk hidup. Oleh karena itu, mari qta pelajari struktur DNA tersebut.

DNA adalah biomolekul yang bentuknya Double Helix. DNA itu sendiri adalah polimer dari molekul nukleotida. Berarti, DNA itu merupakan rantai panjang yang terdiri atas nukleotida yang sambung menyambung menjadi satu jadilah Indonesia DNA. Mari qta lihat DNA secara kasat mata. Perhatikan gambar berikut, gambar berikut adalah gambar model DNA abal-abal buatan aing.

Anggap aja gambarnya bagus yah . Jadi gini, sebenarnya DNA itu polimer yang rantainya panjang bingits. Oleh karena itu, qta perhatikan saja satu bagian atau segmennya karena dari atas sampe bawah sama aja sih sebenarnya strukturnya. Perhatikan gambar model DNA yang lebih bagus berikut yang aing curry dari google image.

Untuk lebih jelasnya, berikut struktur DNA yang lebih jelas yang aing curry juga dari google image.


Perhatikan struktur DNA di atas. DNA terdiri atas fosfat (lingkaran), gula deoksiribosa (segilima), dan basa nitrogen (yang bentuknya kayak permen warna-warni). Ada empat macam basa nitrogen yang terdiri atas basa purin (adenin dan guanin) serta basa pirimidin (sitosin dan timin). Pada DNA, setiap basa nitrogen memiliki pasangan yang terhubung oleh adanya suatu ikatan pernikahan yang namanya ikatan hidrogen. Adenin selalu berpasangan dengan timin, adapun guanin selalu berpasangan dengan sitosin. Nah, perbedaan susunan basa nitrogen inilah yang membuat suatu DNA berbeda dengan DNA lain. Susunan basa nitrogen inilah yang bertindak sebagai data pada DNA untuk menunjukkan informasi genetik makhluk hidup. Bisa dikatakan, DNA adalah suatu papan instruksi untuk menunjukkan bagaimana bentuk serta sifat makhluk hidup, dan basa nitrogennya sebagai instruksi-instruksi di dalamnya. Berkat DNA tubuh kita bisa tumbuh seperti ini.

Biar lebih paham lagi, aing bakal nyurry lagi gambar struktur DNA dari google image. Yang ini gambarnya akan memperlihatkan bagaimana ikatan2 kimia dalam suatu segmen DNA.

Perhtaikan gambar di atas. Terlihat dengan jelas yang mana fosfat, yang mana gulanya, yang mana basa nitrogennya beserta ikatan hidrogennya. Oh yah, di atas disebutkan bahwa DNA adalah polimer dari molekul nukleotida. Nukleotida terdiri atas satu fosfat, satu gula, dan satu basa nitrogen. Ada juga yang namanya nukleoiya nukleosida, sama sih kayak nukleotida tapi gak ada fosfatnya. Perhatikan gambar berikut.


Nah, seperti itulah struktur dari DNA. Disini aing cuma ngebahas strukturnya aja, blum cara kerjanya. Semoga bermanfaat. Kalo ada yang mau ditanyakan, silahkan tanyakan di komeng. Kalo ada yang salah, silahkan portes di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya, bye~

Jangan lupa juga
Ketahui alasan kenapa negatif dikali negatif sama dengan positif
Ayo pecahkan teka-teki berpikir kreatif
Ketahui cara mengonversi desimal ke basis bilangan laen

No comments:

Post a Comment