Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Wednesday, April 25, 2018

Konjektur Birch dan Swinnerton-Dyer (Dapatkan Hadiah 1 Juta Dolar)

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi cemerlang . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh cinta dan kebahagiaan ini, KnK Land. Nah, kali ini aing akan membahas tentang salah satu konjektur dalam matematika. Yu mungkin sudah pada tau apa itu konjektur tapi mungkin juga yu blum tau apa itu konjektur. Gak masalah sih, yu tau atau gak tau soalnya aing bakal kasih tau. Nah, langsung saja qta cekidoot .






Dalam matematika ada yang disebut dengan konjektur. Apa sih konjektur itu? Apakah semacam alat untuk menulis? Kalo itu sih kapur. Konjektur adalah suatu pernyataan atau dugaan yang apabila diuji berulang-ulang selalu benar. Konjektur sebenarnya blum terbukti secara analisis tapi saat diuji berulang kali selalu saja benar sehingga blum dapat menghasilkan kesimpulan. Apabila suatu konjektur sudah terbukti, maka konjektur itu berubah menjadi teorema.

Sebenarnya aing gak suka ngebahas tentang materi yang blum aing pelajari soalnya harus aing pelajari dulu sebelum posting . Namun, karena request dari teman, yah aing terpaksa (gak terpaksa amat sih) mosting ginian. Yap, tentu saja, aing harus mempelajari materinya dulu. Materinya itu gak ada satupun tulisannya aing temukan berbahasa indonesia yang membahas mengenai konjektur ini. So, itu berarti, aing adalah blogger pertama yang membahas tentang konjektur ini, heuheu .

Konjektur Birch dan Swinnerton-Dyer. Ehem, biar gampang aja, mulai skarang qta singkat menjadi konjektur BDSM BSD. Okey, konjektur BSD merupakan salah satu dari 7 masalah milenium yang blum terpecahkan. Masalah milenium itu sendiri adalah masalah matematika yang dinyatakan oleh Clay Mathematic Institute pada tahun 2000. Sejauh ini, baru satu masalah yang dipecahkan, sehingga sisanya tinggal 6. Barangsiapa yang berhasil memecahkan salah satu masalah milenium ini, bakal mendapat hadiah jutaan dollar dan tentu saja tidak berupa pulsa yah, hehe.

Okey, Konjektur BDSM BSD itu sendiri adalah salah satu konjektur yang belum terpecahkan. Pertama2, aing akan memberikan sedikit gambaran.

Matematikawan selalu saja tertarik untuk mencari solusi bilangan bulat dari persamaan2 aljabar seperti x2 + y2 = z2. Tentu, persamaan ini sangat familiar yah bagi matematikawan dan salah satu solusi yang paling familiar bagi qta adalah x = 3, y = 4, z = 5 (tripel pitagoras). Sebenarnya masih banyak lagi solusi2 bilangan bulatnya. Qta bisa mencari semua solusi bilangan bulatnnya dengan bantuan bilangan kompleks. Semua solusinya sudah berhasil ditemukan oleh Euclid, matematikawan kuno dari Mesir. Skarang yang menjadi masalah ialah mencari solusi bilangan bulat dari persamaan yang lebih kompleks. Nah, disinilah konjektur Birch dan Swinnerton-Dyer muncul.

Konjektur ini berbunyi "Setiap kurva eliptik bisa memiliki titik rasional (solusi rasional) yang tak terhingga, atau terhingga bergantung pada nilai suatu fungsi tertentu." Jadi, qta bisa mengetahui berapa banyak solusi x, y, atau z rasional pada suatu fungsi polinomial yang kurvanya eliptik. Cukup menarik bukan? Untuk pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya yu download teksnya disini. Setelah terbuka, di bagian kanan, klik "Official Problems Description". Nah, disitu yu bisa ngedonlot file ebooknya. Tentu saja isinya berbahasa inggris, sehingga pasti sulit dipahami, kan? Sebenarnya aing berniat mau nerjemahin cuma aing gak mau menyusahkan diri hanya untuk menerjemahin teks tanpa dibayar. Oleh karena itu, aing biarin aja deh kecuali ada yang bayarin, hehe . Nerjemahin teks tentang math emang susah banget apalagi kalo banyak rumusnya. Kelar hidup aing kalo gitu mah.

Okeh, sekian postingan dari aing. Semoga yu paham dan dapat memberikan manfaat bagi qta semua. Kalo kurang paham, silahkan sampekan di komeng yah. Kalo ada yang salah, sampekan juga di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment