Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Thursday, November 23, 2017

Besaran dan Satuan Part 2

Yo semua ^_^ Ketemu lagi sama mimin yang jenius lagi pintar, mimin K. Kali ini mimin bakal ngelanjutin postingan sebelumnya yang part 1. So, sebelum baca postingan ini, alangkah baik dan mulianya ente baca part 1-nya dulu disini trus klik iklan. Okay, daripada banyak ngebacot di paragurafu peetama, mending langsung aja cekidotto (bahasa wibu).









Di postingan sebelumnya, kira2 yang mimin posting bulan lalu, mimin udah ngejelasin tentang pengukuran sama besaran. Nah, skarang mimin bakal ngebahas tentang satuan. Apa itu satuan? Trus, kenapa bukan duaan atau tigaan? Apakah satuan bisa dimakan? Apakah satuan termasuk instrumen? Apakah satuan merupakan salah satu strategi permainan shogi yang jitu? Apakah satuan punya nomor telepon? Semua pertanyaan itu tentu saja gak bakal mimin jawab kecuali pertanyaan pertama yakni "Apa itu satuan?"

Langsung saja yah. Satuan itu adalah acuan atau pembanding yang digunakan dalam pengukuran untuk menyatakan nilai dari suatu besaran. Misalnya gini, jika ada benda yang panjangnya 2 meter, maka benda tersebut pastilah 2 kali lebih panjang daripada benda yang panjangnya 1 meter. Sebenarnya kita butuh acuan untuk mengukur sesuatu. Tidak ada objek yang bisa diukur kecuali ada objek lain sebagai acuannya (ente bisa kutip kalimat ini di skripsi ente wkwkwk).

Seberapa besar acuan dari satuan ditentukan oleh "kita". Ya, "kita", manusia (kera botak yang dikasih akal). Misalnya untuk ukuran 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya di ruang hampa (vakum) selama 1/299.792.458 detik. Contoh lainnya adalah 1 sekon didefinisikan sebagai durasi dari 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin (makacih wikipedia).

Nah, udah ngerti, kan tentang satuan itu? Bdw, satuan itu ada dua macam. Ada yang namanya satuan baku, sama satuan tidak baku. Hmm, apa yang dimaksud dengan satuan baku sama tidak baku? Apakah ini ada hubungannya dengen elit global konspirasi mamarika? Apakah ini berhubungan dengan kaum kfear Wahyudi? Hmm, sepertinya NASA telah membohongi kita. Baiklah, apa itu satuan baku dan satuan tidak baku?

Pernah gak ente beli sesuatu yang panjang2 (entah benda apa) di pasar trus diukur baru dipotong? Kalo gak pernah, mungkin ente adalah hikikomori-anti-sosial-introvert kayaknya yah. Terkadang, ada pedagang yang mengukurnya pake lengan dan ada juga yang mengukur pake meteran. Menurut ente mana pedagang yang paling pinter. Tulis jawaban ente di komentar dan dapatkan hadiah dari dunia antah barantah.

Dari cuplikan di atas, dapat disimpulkan bahwa satuan baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh siapapun maka akan menghasilkan pengukuran yang sama contohnya m, kg, dan antek-anteknya. Adapun, satuan tidak baku yah sebaliknya dong, contohnya jengkal, lengan, jari, dan sebangsanya.

Ada juga yang namanya sistem SI atau Satuan Internasional. Yap, sesuai namanya, SI merupakan satuan-satuan universal dasar yang digunakan secara internasional. Ente mungkin pernah mendengar satuan pound, gallon, dkk. Itu semua bukanlah satuan SI dan pastinya bakalan ribet kalo dipake. Oleh karena itu, dibuatlah (bukan dibuat sih tapi ditentukan) satuan SI biar gak ribet seperti kg, m, s, dan antek-anteknya. Kalo ente mau liat satuan SI apa aja, silahkan buka part 1 dari postingan ini. Soalnya, semua satuan yang mimin tulis di situ adalah SI. Kalo ada yang nemu satuan yang bukan SI, silahkan ente lapor ke mimin.

Okeh, itulah postingan mimin yang mungkin ada banyak salah karena mimin akhir2 ini rada goblok dikit. Kalo ada yang salah, ato mau menambahkan, mimin sama tim Blogger sudah menyediakan kotak komentar bagi para pengunjung yang suka berkomentar. Kalo gak suka berkomentar, yah terserah dari ente mana lebih masuk akal buat ente. Langsung saja mimin pamit yah, papay~

Jangan lupa juga
Ketahui nama2 warna Random
Baca cerita tentang bilangan
Pelajari cara bermain shogi

No comments:

Post a Comment