Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, June 7, 2015

Indera Manusia Lebih Dari Lima

Hai semua ^_^ Mungkin postingan ini sedikit mengejutkan ya. Hari ini ane bakal kasih tau fakta mengejutkan dari indera manusia. Yang kalian tau indera manusia itu ada lima, tapi sebenarnya indera manusia itu sangat banyak, lebih dari 10, bahkan lebih dari 20. Simak aja deh.












Dari TK sampe sekarang ente pasti tau kalo indera manusia itu ada lima. Tapi ternyata setelah membaca postingan ini, ente pun sadar kalo ente dibohongi sejak masih TK, kasian banget. Ane juga dulu kayak gitu, tapi kayaknya udah nggak hehe. Seperti yang ane ente tau, indera manusia yang diajarkan guru TK, SD, SMP, dst itu ada lima yakni indera penglihatan (mata), pendengaran (telinga), penciuman (hidung), pengecap (lidah), peraba (kulit). Nah, udah lengkap kan? 5 doang. Lima itu disebut pancaindera. Tapi coba deh ente liat ke tubuh ente sendiri, contohnya saja rasa sakit, ente ngerasain sakit pake indera apa coba? Tuh liat ente gak tau. Apa kulit? Kalo ente ngerasa sakit di jantung, paru-paru, dll, gimana? Bingung kan? Yaudah, berikut indera manusia selain pancaindera.

1. Indera Keseimbangan (Equilibrioception)
Indera ini memungkinkan manusia atau organisme untuk merasakan arah, gerakan, ataupun kecepatan tubuh agar memelihara keseimbangan postur tubuh. Indera ini terletak di telinga. Dengan indera ini ente gak miring kanan, miring kiri.

2. Indera Suhu (Thermoception)
Mungkin ente ingin protes, soalnya ini juga termasuk indera peraba. Tapi apakah ente gak pernah merasa panas dalam atau yang lainnya :v Indera suhu dan peraba berbeda, kalo peraba merasakan halus atau kasarnya benda, sedangkan suhu itu merasakan panas masuk atau panas keluar dari tubuh. Nah, kalo panas masuk ke dalam tubuh maka tubuh ente akan merasa panas, dan sebaliknya. Tanpa indera ini ente bisa saja hangus terbakar tanpa merasakan apa-apa. Indera ini banyak terdapat di kulit.

3. Indera Penderitaan dan Rasa Sakit (Nociception)
Ente tau nggak, rasa sakit bukan hanya terasa di kulit lho. Contoh : sakit kepala, sakit jantung, sakit paru-paru, sakit perut, dll. Ini membuktikan kalo kulit bukan satu-satunya indera rasa sakit, tapi seluruh tubuh merupakan indera rasa sakit. Mungkin ente gak seneng dengan rasa sakit. Tapi tanpa indera rasa sakit ini ente gak bakal tau kalo tubuh ente lagi bermasalah.

4. Indera Kesadaran Tubuh (Proprioception)
Coba ente tubup mata, terus ente sentuh hidung ente dengan jari, pasti kesentuh kan? Coba sentuh telinga, gak meleset kan? Coba di kaki, di perut, dll. Kenapa ente bisa tau posisi telinga, hidung, kaki, perut, dll padahal ente gak melihatnya? Apakah ente punya indera ke-enam? ke-tujuh? ke-delapan? Tentu saja, indera yang ente pake adalah indera kesadaran tubuh atau proprioception. Dengan indera ini ente gak perlu liat kaki kalo jalan, gak perlu liat mulut kalo makan, dll.

Sekian postingan dari ane, sebenarnya sih masih banyak indera yang lain seperti indera rasa gatal, lapar, haus, mual, mules, tekanan, elektromagnetik, dll tapi sayang ane males buat nulis hehe. Sekian and goodbye.       

No comments:

Post a Comment