Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Tuesday, January 19, 2016

Tips Hemat Listrik

Namanya Bolty si listrik. Setelah dipake buat nyalain lampu, si Bolty pun mati.
Hai semua ^_^ Kembali lagi sama Admin K yang baik hati dan tidak sombong yang bakal bagi-bagi tips. Jangan peduli sama gambar di samping, gambar tersebut hanyalah makhluk yang tidak berdaya dan udah mati. Mending baca aja lanjutan post ini. Cekidot.









Listrik, ya listrik. Ada apa dengan listrik? Nggak tau apa itu listrik? Listrik adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern masa kini. Kenapa? Coba ente matiin aja listriknya biar ente tau kenapa. Yasudah, kali ini mimin bakal bagi-bagi tips untuk menghemat listrik. Kenapa kita harus hemat listrik? Biar tagihannya gak menebal buat susah dibayar. Tapi min, aku kan kaya kenapa harus hemat? Kalo gitu, ente harus minggat ke pojok terus dengar lagu ini untuk mengenang para pegawai PLN yang gugur karena kesetrum.

Daripada pusing ABCD sampai Z, mending ane kasih tau aja ^_^

1. Cabut Charger HP kalo udah full

Yang pertama, cabut charger handphone ente saat udah full. Emang kenapa? Gak usah ditanyain, yang namanya udah full yah dicabutlah entar listriknya bakal kebuang sia-sia. Apalagi kalo hapenya gak dicolok, mungkin bakal terbuang sia-sia. Truss min, kalo aku lagi nge-download terus butuh waktu yang lama buat selesai gimana? Kalo gitu sih, tergantung kepercayaan masing-masing, bukan urusan ane :v

2. Hindari pemasangan steker secara menumpuk

Emang kenapa min? Karena semakin banyak dipake, ya semakin banyak pula listrik yang mengalir :v Crott crott, eh sound effectnya gak kayak gitu kan? Jangan pernah ngelakuin ini! Kenapa? Selain karena tampak aneh dan mengurangi estetika rumah ente, hal ini juga dapat mengakibatkan korsleting atau arus listrik terputus yang bisa-bisa dapat membuat estetika rumah ente jadi sangat berkurang karena kebakaran.

3. Cabut semua yang nggak dipake

Yap, plis jangan bilang you don't say soalnya ini emang bener-bener pelajaran dasar dari mata pelajaran "Penghematan Listrik". Ente pasti tau kan kenapa? Yap, biar pemakaian listrik menjadi lebih sedikit. Kenapa ane suruh cabut bukan tekan off aja, kan bisa matiin? Eits, walau udah dimatiin, kalo masih kecolok di dua lobang mainstream, ada juga peralatan listrik yang masih nguras-nguras listrik rumah ente. Jadi, cabut aja televisi, komputer, blender, setrika, bom atom atau peralatan lain yang berbau pornografi elektronik kecuali kulkas soalnya tau aja kulkas 24 jam pasti dipakelah. Ane gak tau sih kalo emang semua peralatan atau sebagian kecilnya kayak gitu, coba tanyakan ke penjualnya atau baca buku panduannya mungkin aja ente bisa dapat petunjuk.

4. Matikan lampu saat tidak dipakai

Penghematan listrik yang paling mudah bahkan anak kecil yang masih imut nan kawaii atau biasa disebut anak TK pun tau. Yap, matikan lampu yang sudah gak dipake. Emang kenapa min? Kan ane takut gelap. Huss, dasar penakut! Gelap itu tidak menakutkan! Justru tagihan PLN yang lebih menakutkan, camkan itu di hati ente! Tapi min, kan bukan aku yang bayar tapi papa aku. Dasar anak manja! Ente bakal tau kalo udah dewasa! Matikan lampu cepat! Yap, matikan lampulah agar ente gak bakal dibilang anak manja. Matikan lampu paling enak dilakukan saat siang hari saat matahari menyilaukan bumi, saat mau tidur, saat keluar ruangan, dan tentu saja saat listrik padam.

5. Bekerja manual

Karena ada teknologi, manusia menjadi malas karena pekerjaan menjadi lebih mudah bahkan gak perlu dikerjakan lagi. Listrik pun begitu, dengan adanya listrik semuanya dari mencuci, menulis, mendengarkan berita, bermain, dan hal lainnya membuat manusia tidak perlu menguras tenaga buat melakukannya. Tapi kalo buat hemat listrik bijimana coba? Ya, harus kerja manual-lah. Tentu saja nguras tenaga. Jadi, tips ini hanya boleh dilakukan oleh orang-orang greget.

6. Berolahraga atau main di luar

80% manusia yang nggak ada kerjaan dan berada di rumah saat listrik nggak padam terus memiliki televisi atau komputer pasti bakal nonton televisi atau main komputer. Hal ini sangat menguras listrik. Kenapa? Karena melakukan hal-hal tersebut sama kayak mengonsumsi narkoba yang adiktif sehingga mengakibatkan ketagihan. Karena ketagihan, jadinya dilakukan terus menerus sehingga ngabisin listrik. Jadi, agar mereka gak bakal ngabisin listrik, kita harus ngasih kerjaan. Contoh kerjaan adalah berolahraga atau main di luar. Main di luar itu seru loh! Ente bisa nemu pengalaman yang baru terus bisa lebih fresh dan sehat serta bugar. Ane rekomendasiin ente main basket soalnya main basket sangat adiktif banget, selain adiktif main basket juga gak perlu pake listrik, hehe. 

7. Hidup primitif

Manusia zaman dulu bisa hidup tanpa listrik, kok ente nggak sih, kan ente manusia modern pasti lebih bisa dong :v Kalo ente pengen hidup seperti manusia primitif, coba belajar pelajaran sejarah atau ente bisa mempelajarinya dari gambar-gambar atau peninggalan yang mereka tinggalkan. Siapa tau ente bisa dapat inspirasi seperti cara membuat mobil dari dinosaurus atau cara menyalakan komputer dengan batu. Bisa jadi gitu kan? Ane sih gak tau gimana manusia primitif itu hidup, bahkan hewan pun dapat hidup tanpa listrik, coba deh cari inspirasi sama mereka, siapa tau bisa ngehemat listrik.

Sekian postingan dari ane ^_^ Semoga bermanfaat buat dompet ente. Sebenarnya masih ada sih tips laen tapi sengaja ane sembunyikan biar ente bisa nambahin di komen. Yaudah, sekian and goodbye  V(^_^)       
      

4 comments:

  1. Kalo ente hidup primitif, kenapa bisa komen di blog ini? XD

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Itu adalah hal yang sangat terbalik XD pasti kagak mungkin. Primitif yang modern itu kayak gimana? Hidup primitif dengan gaya modern atau hidup modern dengan gaya primitif?

      Delete