Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Saturday, May 21, 2016

Matematika - Macam Macam Bilangan

Yo all! Yo! Pada postingan kali ini mimin yang pintar, mimin K bakal ngeshare lagi soal matematika. Pada kesempatan kali ini mimin bakal kasih tau tentang macam-macam bilangan. Tahukah ente setiap bilangan memiliki sifat yang berbeda dan unik? Layaknya manusia yang berbeda-beda tapi masih ada kesamaan, bilangan pun juga kayak gitu. Contohnya aja angka 2 dan 4, sama-sama genap tapi 2 adalah bilangan prima, sedangkan 4 bukan bilangan prima. Nah, dari persamaan sifat, bilangan dapat dibagi dalam suatu kelompok lho! Kelompok apa sajakah itu? Yasudah, cekidot.





Bilangan Ganjil
Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang gak habis dibagi 2. Ciri-ciri bilangan ganjil adalah satuannya 1, 3, 5, 7, atau 9. Contoh bilangan ganjil : 1, 3, 511, 217, 889, -55, dan -7.

Bilangan Genap
Kebalikan dari bilangan ganjil, bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi 2. Ciri-ciri bilangan genap adalah satuannya 2, 4, 6, 8, 0. Contoh bilangan genap : 2, 8, 0, -66, 78, 488, dan 556.

Bilangan Prima
Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki 2 faktor bilangan bulat positif yakni 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima : 2, 3, 5, 7, 11, 13, dst. (Bilangan prima yang terbesar yang ditemukan sampai saat postingan ini selesai ditulis adalah 257.885.161 − 1 yang panjangnya 17.425.170 digit. Luar biasa kan?). Bdw, 1 gak termasuk bilangan prima

Bilangan Komposit
Bilangan komposit adalah kebalikan dari bilangan prima yakni bilangan asli yang memiliki lebih dari 2 faktor bilangan bulat positif. Contoh bilingan komposit : 4, 6, 8, 9, 10, dst.

Bilangan Asli (Bilangan positif)
Bilangan asli adalah bilangan bulat positif, dimulai dari 1, 2, 3, 4, dst.


Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan bulat tak negatif, dimulai dari 0, 1, 2, 3, dst.


Bilangan Negatif
Bilangan negatif adalah bilangan yang kurang dari 0. Contoh : -1, -2, -5/3, -6.12, dll.


Bilangan Bulat
Bilangan bulat adalah bilangan yang tak berbentuk pecahan, ya ente pasti ngertilah. Bilangan bulat terdiri atas semua bilangan cacah dan negatifnya. Contoh : -1, -3, 5, 0, 5, dll.


Bilangan Pecahan
Kebalikan dari bilangan bulat. Ya, pasti ente taulah yang kayak gimana pecahan itu, gak usah ane jelasin. Contoh bilangan pecahan : 2.5, 5/2, -7.7, dll.


Bilangan rasional
Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dengan a/b dengan a bilangan bulat, serta b juga bilangan bulat dan b tidak sama dengan 0. Contoh :
-2 dapat dinyatakan dengan 2/1 atau 4/2 sehingga 2 adalah bilangan rasional
-0.5 dapat dinyatakan dengan 1/2 atau 2/4 sehingga 0.5 adalah bilangan rasional

Bilangan irrasional
Bilangan irrasional adalah kebalikan dari bilangan rasional. Bilangan irrasional tidak dapat dinyatakan dengan a/b dengan a dan b adalah bilangan bulat. Contoh : √5, π, 2√3, dll.

Bilangan riil
Bilangan riil adalah bilangan yang terdiri atas bilangan rasional dan irrasional.


Bilangan imajiner
Merupakan bilangan yang memiliki sifat i 2 = −1. Contoh : 5i, -8i, dll.

Bilangan kompleks
Bilangan kompleks adalah bilangan yang berbentuk a + bi dengan a dan b adalah bilangan riil sedangkan i adalah bilangan imajiner dengan memiliki sifat i 2 = −1. Bilangan real a disebut bagian riil dari bilangan kompleks, sedangkan bilangan real b disebut bagian imajiner dari bilangan kompleks. Contoh bilangan kompleks : 5 + 6i, -2 + 7i, 9 - 5i, dll.

Nah, itulah macam-macam bilangan dalam dunia matematika. Semoga ente faham dengan penjelasan mimin diatas. Kalo ada pertanyaan tolong komen ya. Baiklah, mimin minggat dulu yah ... To Be Continued :v

No comments:

Post a Comment