Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Wednesday, September 12, 2018

Kenapa Kapal Tidak Tenggelam?

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi cemelang . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan kebahagiaan dan cinta ini, KnK Land. Kali ini aing bakal ngebahas tentang kapal, yohohoho. Keingat dulu waktu jadi banyak laut, aing jadi pianisnya. Yohohoho, binkusu no sake wo :'( Bicara tentang kapal, aing jadi selalu ingat anime wampis, sungguh anime yang luar biasa, kalian harus tonton. Bicara soal kapal juga, apakah kalian pernah heran kenapa kapal yang berat gitu bisa ngapung di aer? Kok bisa yah? Jawabannya simpel, semuanya atas izin tuhan. Hmm, gak puas dengan jawaban simpel itu? Dasar syirik! Okeh, aing bakal kasih jawaban yang rumit dengan fisika!!





Semua benda memiliki massa. Air memiliki massa, besi memiliki massa, buku mempunya masa, bahkan tubuh kita memiliki massa. Ada yang bilang massa itu sinonim dari berat. Ini gak salah sih tapi juga gak benar dalam dunia fisika. Dalam dunia fisika, massa dan berat itu berbeda. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang massa, situs wikipedia yang sok pintar itu punya artikel tentang massa yang bisa klian baca disini.

Okey, qta masuk ke pembahasan utama. Kenapa kapal besi yang begitu beratnya sampe berton-ton gak tenggelam? Padahal batu kecil aja yang ringat bet bisa tenggelam begitu saja. Bagi kalian yang masih goblok dengan fisika tentu terheran-heran, mungkinkah ini ada hubungannya dengan sihir? Yap, ada hubungannya dengan sihir yang biasa qta sebut fisika.

Pertama2, qta ketahui dulu, kenapa benda bisa tenggelam? Kenapa juga benda bisa terapung? Apa gerangan yang terjadi di alam ini? Kenapa tuhan menakdirkan hal sperti ini? Okey, okey, mari qta langsung saja ke pembahasan yang bener2 pembahasan yang sebenar-benarnya pembahasan. Dalam kehidupan sehari2, qta selalu melihat benda jatuh ke bawah (yah tentu saja jatuh pasti ke bawah lah). Kenapa itu bisa terjadi? Para ilmuan mengatakan bahwa hal ini terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi. Eh, tapi kan kita gak boleh percaya ilmuan kafir itu? Dasar bodoh, pemikiran macam apa itu, dasar kaum FE. Ilmuan udah capek2 sekolah biar pintar, nih FE malah sok tau. Ehem, maaf. Begitupun benda saat tenggelam. Benda tenggelam di air karena adanya gaya gravitasi bumi. Lalu, kenapa benda bisa mengapung? Kan anda gaya gravitasi bumi? Ternyata selain gaya gravitasi bumi, ada juga gaya lain yang bekerja saat benda berada di cairan seperti air yakni gaya apung. Gaya apung dapat membuat benda terangkat ke atas dan jadilah mengapung. Selain tenggelam dan mengapung, ada juga istilah "melayang" yang artinya benda tersebut tidak tenggelam ataupun mengapung tapi tetap stay di tengah2 air karena gaya gravitasi dan gaya apungnya sama.

Lalu, kenapa kapal besi yang beratnya berton-ton itu bisa mengapung? Padahal kan menurut logika, gaya apungnya pasti gak kuat menahan beban besi yang beratnya berton-ton itu. Jadi begini, meskipun kapal itu sangat berat, sebenarnya kapal itu lebih ringan dari air dalam artian massa jenisnya lebih kecil dari air. Lah, kok bisa gitu? Yap, bisa gitu karena pada kapal terdapat rongga-rongga yang dapat berisi udara sehingga massa jenis total kapal mengecil akibat adanya udara. Kalau ditanya, apakah massa jenis mempengaruhi gaya apung, jawabannya adalah ya.

Bagi yang gak paham apa itu massa jenis, massa jenis adalah perbandingan antara massa per volume. Itu artinya sebesar apapun volume benda, massa jenisnya tetap sama. Saat kita mau melihat apakah benda bakal tenggelam atau tidak, kita tidak melihat dari massa-nya. Akan tetapi, dilihat dari massa jenisnya. Kapal terbuat dari besi. Massa jenis besi lebih besar daripada air sehingga masuk akal kalau kapal dapat tenggelam. Akan tetapi, kapal didesain memiliki rongga udara. Itu berarti massa jenis rata-ratanya pun berubah dan semakin kecil. Sebagai ilustrasi, perhatikanlah gambar berikut ini.



Perhatikan gambar di atas. Kotak-kotak yang berwarna abu-abu di atas adalah balok besi yang ditaruh di air. Balok besi pertama adalah balok besi yang solid tidak berisi udara, balok besi yang kedua adalah balok besi yang sedikit berisi udara, dan balok besi ketiga adalah balok besi yang banyak berisi udara. Terlihat bahwa jumlah udara dapat mempengaruhi massa jenis total benda. Saat massa jenis benda lebih besar dari massa jenis air, benda tersebut akan menuju ke dasar atau biasa disebut tenggelam. Saat massa jenis benda tersebut sama dengan air, maka benda tersebut akan berada di tengah-tengah air atau disebut melayang. Terakhir, saat massa jenis benda lebih kecil dari air, maka benda tersebut akan muncul ke permukaan atau disebut mengapung. Nah, dengan menggunakan konsep inilah, kapal yang terbuat dari besi bisa mengapung.

Yap, itulah sedikit penjelasan kenapa kapal tidak tenggelam dari aing. Aing tau postingan ini banyak kekurangan. Oleh karena itu, kalau ada yang salah, mohon dikoreksi. Sebenarnya masih banyak yang pen aing tulis di sini tapi aing males buat nulis hehe. Kalo ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

Jangan lupa juga
Ketahui tentang berat jenis
Baca biografi George III
Ikuti Ajaran KnKisme

No comments:

Post a Comment