Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, May 8, 2016

Cara Bermain Shogi - Part 8 Drop

Hai semua ^_^ Sekarang mimin mau ngelanjutin tutorial cara main shogi. Nah, kali ini tentang Drop. Apa itu Drop? Apakah sejenis cat yang anti bochor bochor gitu? Hmm, sepertinya bukan. Lalu apa sih sebenarnya Drop itu, bikin penasaran aja. Nah, Drop ini merupakan salah satu istilah dalam permainan shogi. Daripada banyak bacot gak jelas, langsung aja cekidot.











Shogi beda sama catur. Nah, dalam peramainan catur pasti ente tau kan istilah "memakan" buah lawan? Nah, setelah dimakan maka buah lawan tersebut dibawa kemana? Yap, dibawa ke dunia antah barantah dan udah gak bisa dipake lagi kecuali main lagi. Kalo shogi? Dalam shogi, istilah "memakan", "membunuh", atau bahkan "mengunyah" lawan itu gak tepat. Kenapa? Karena dalam shogi lebih dikenal dengan istilah "menangkap". Kenapa harus menangkap? Karena saat ente "menangkap" lawan bukan berarti buah shoginya dibuang ke antah barantah (samping papan) terus gak dipake lagi. Buah shogi yang "ditangkap" bisa dipake lagi. Jadi, saat ente "menangkap" buah lawan, buahnya diambil jangan dibuang. Letakkan aja di tempat yang ditunjuk panah merah.
Nah, disitulah tempat bertenggernya buah shogi yang udah ente tangkap dan itu artinya buahnya sudah menjadi milik ente hohohoho. Terus diapain buahnya? Tentu saja dipakelah dengan cara Drop. Apa itu Drop? Drop adalah meletakkan buah shogi yang udah ditangkap kembali ke papan dan tentu saja diarahkan ke arah lawan (soalnya udah jadi punya ente). Jadi, dalam permainan buah shogi, semua buah shoginya abadi, gak ada yang mati. Ajaib yah, perang kok gak ada yang mati. Yah gitulah permainan. Nah, terus apakah ada aturan untuk melakukan Drop? Yap, tentu saja ada. Apa sajakah aturannya?
Aturan pertama, Hisha (Rook), Kakugyou (Bishop), Kinshou (Gold), dan Ginshou (Silver) yang udah ditangkap boleh di Drop dimana aja ente suka
Aturan kedua, Keima (Knight) bisa di drop di mana aja kecuali di baris 1 dan baris 2, soalnya kalo disitu udah gak bisa jalan lagi
Aturan ketiga, Kyousha (Lance) dan Fuhyo (Pawn) bisa di drop di mana aja kecuali di baris 1, soalnya kalo disitu udah gak bisa jalan lagi
Aturan keempat, Fuhyo (Pawn) gak bisa di drop di kolom yang sudah ada Fuhyo milik ente (Fuhyo atau Pawn milik seorang pemain gak boleh dalam satu kolom), namun Tokin (Promoted Pawn) sudah tidak dianggap Fuhyo lagi jadi gak berpengaruh.
Aturan kelima, saat ente diskak, drop jadi gak bebas, ente bisa ngedrop buat ngehalangin skak lawan
Aturan keenam, buah shogi yang didrop di wilayah lawan tidak langsung terpromosi, buah tersebut harus melangkah satu kali lagi lalu bisa dipromosi (meski melangkah keluar wilayah lawan tetap bisa dipromosi)
Aturan keenam koma lima, petak yang udah terisi buah shogi baik milik ente ataupun punya lawan maka gak ada buah shogi yang bisa didrop disitu. Yaiyalah, emang mau main tindih-tindihan?
Aturan keenam koma tujuh lima, meski saat dicapture buahnya telah terpromosi, namun saat akan di-drop kembali, maka buah tersebut ter-drop dalam keadaan tidak terpromosi.
Aturan keenam koma tiga tujuh lima, ente bisa langsung meng-skak lawan dengan drop. Tapi untuk "immediately check-mate" gak boleh menggunakan Pawn (Fuhyo) yang bakal didrop. Ini hanya boleh dilakukan dengan Pawn yang sudah ada
Atuan ketujuh, setelah ente nge-Drop bukan berarti giliran ente masih ada, ente gak bisa gerakin buah shogi lagi karena setelah nge-Drop maka giliran dialihkan ke lawan. Sehingga, dalam satu giliran ente punya dua pilihan nge-Drop atau ngegerakin buah shogi yang udah ada di papan (Ingat! Drop hanya satu kali).


Nah, gimana? Udah ngerti kan? Kalo ente udah baca dari part 1, part 2, part 3, part 4, part 5, part 6, part 7, sampai postingan ini dan ngerti maka ente udah bisa main shogi. Selamat ^_^ Yasudah, skian and goodbye (^_^)V

Part 9 (opsional)

Jangan lupa juga
Baca tentang isim isyarah
Baca tentang promosi Rook dan Bishop
Baca tentang hal yang tetap laku walau mahal
Baca tentang tembaga
Baca tentang ODS
Baca tentang cara main FreeCell

No comments:

Post a Comment