Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, April 24, 2016

Apa Itu GDP (Gross Domestic Product)?

Hai semua ^_^ Hari ini mimin nge-share lagi soal ekonomi. Kali ini tentang GDP. Apa itu GDP? Apakah sejenis DBD? Apakah bisa dimakan? Hmm, daripada banyak bacot, langsung aja cekidot.










GDP atau Gross Domestic Product adalah salah satu indikator yang dapat menunjukkan pertumbuhan ekonomi. Jika GDP suatu negara tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya maka dapat dipastikan kalo negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi. Nah, Apa itu GDP? Apakah termasuk universitas? Ya, nggaklah. GDP adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara baik yang diproduksi oleh warga negara itu sendiri ataupun negara asing tanpa memandang kebangsaan perusahaan-perusahaan tersebut. Lalu bagaimana cara menghitung GDP? Padahal semua barang yang dihasilkan kan gak sama. Ya, tentu saja bukan dihitung jumlah barang sama jasanya tapi yang dihitung adalah harga total seluruh produk barang dan jasa yang dihasilkan.

Nilai GDP bisa dihitung dengan menggunakan harga yang berlaku ataupun harga yang tetap atau konstan. Ada dua jenis GDP yakni GDP nominal dan GDP ril. GDP nominal mengukur nilai barang dan jasa akhir dengan harga yang berlaku di pasar pada tahun tersebut, sedangkan untuk GDP riil mengukur nilai barang dan jasa dengan harga yang tetap.

GDP dihitung dengan dua cara pendekatan yakni pendekatan pengeluaran dan pendapatan.

Jika menggunakan pendekatan pengeluran rumusnya adalah :
GDP = C + I + G + (X - I)
Dengan,
C = Konsumsi atau pengeluaran rumah tangga
I = Investasi oleh sektor usaha
G = Pengeluaran atau belanja pemerintah
X = Ekspor
I = Impor

Jika menggunakan pendekatan pendapatan rumusnya adalah :
GDP = R + W + I + P
Dengan,
R = Sewa (Rent), atau pendapatan pemilik faktor produksi tetap seperti tanah
W = Upah (Wage), yakni upah untuk tenaga kerja
I = Bunga modal (Interest), yakni bunga untuk pemilik modal
P = Laba (Profit), untuk pengusaha

Memang rumusnya agak mirip (emang mirip) dengan rumus mencari Pendapatan Nasional, tapi ya gitulah. Kurang lebih seperti itu cara menghitungnya. Semoga ente bisa memahami dan mengerti sama postingan mimin ini. Oke deh gitu aja yang bisa mimin sampaikan, semoga hidup ente penuh dengan warna dengan selalu membaca postingan dari kami. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi lewat komen. Semoga postingan ini bermanfaat skian and goodbye (^_^)V

Jangan lupa juga
Baca tentang cara memakai topi
Baca cerita abal, rok mini ajaib
Baca tips agar sendal gak diambil saat jumatan


No comments:

Post a Comment