Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, April 17, 2016

Konfigurasi Elektron (Cara Kulit) Untuk Golongan A

Hai semua ^_^ Hari ini mimin bakal kasih tau lagi soal kimia. Hari ini mimin bakal kasih tau soal konfigurasi elektron. Apa yang dimaksud dengan konfigurasi elektron? Gak tau? Kasian ya? Ya, sebenarnya sih materi ini udah diajarkan oleh guru pas kelas X, tapi gpp lah mungkin ente gak ngerti atau ketinggalan jadinya tersesat deh di blog ini. Baiklah mari kita mulai.







Dalam pelajaran kimia, mencari konfigurasi elektron itu sangat penting lho! Kenapa? Karena dengan cara inilah tabel periodik disusun sedemikian rupa. Apa itu konfigurasi elektron? Apakah bisa dimakan? Apakah menjijikan? Ehem, konfigurasi elektron adalah susunan elektron pada suatu atom. Tau nggak? Dalam satu atom tidak hanya punya satu kulit lho! Sampai saat ini, maksimal jumlah kulit atom ada 7 sama seperti jumlah periode dalam tabel periodik. Tau nggak sih, kalo dalam tabel periodik itu unsur dibagi dalam golongan dan periode berdasarkan konfigurasi elektron? Gak tau? Kasian ya? Oke deh, daripada banyak bacot liat gambar berikut.
Ini adalah gambar atom aluminium (anggap gambarnya bener). Perhatikan deh, dalam aluminium hanya terdapat 3 kulit atom dan masing-masing terdiri atas jumlah elektron yang berbeda-beda. Kulit terdalam (terdekat dengan inti atom) dinamakan kulit K, yang kedua dinamakan kulit L, lalu terakhir dinamakan kulit M. Jadi, penamaannya adalah kulit K, L, M, N, dst. Jumlah maksimal atom yang diisi dalam kulit berbeda-beda. Tergantung nilai n-nya.





Nah, nilai n masing-masing untuk tiap kulit adalah
K -> n = 1
L -> n = 2
M -> n = 3
N -> n = 4
O -> n =5
P -> n = 6
Q -> n = 7

Nah, jumlah maksimal elektron yang dapat diisi pada suatu kulit atom = 2n². Maka jumlah atom maksimal untuk masing-masing kulit adalah
K -> 2n² = 2(1)² = 2
L -> 2n² = 2(2)² = 8
M -> 2n² = 2(3)² = 18
N -> 2n² = 2(4)² = 32
O -> 2n² = 2(5)² = 50
P -> 2n² = 2(6)² = 72
Q -> 2n² = 2(7)² = 98

Syarat selanjutnya, kulit terakhir maksimal hanya bisa diisi oleh 8 elektron. Nah, sekarang gimana sih cara membuat konfigurasi elektron? Cara ini hanya bisa digunakan untuk unsur golongan A di tabel periodik. Caranya, pertama-tama kita harus tau berapa jumlah nomor atomnya. Lalu kita buat tabel seperti berikut:

Seperti yang udah kita tau kalo nomor atom sama dengan jumlah elektron pada suatu atom netral. Nah, untuk mengisi tabel ini, kita harus tau berapa nomor atomnya. Bayangkan jika kulit atom adalah kantong kosong lalu elektron adalah permen. Cara membuat konfigurasi elektron yakni sama seperti mengisi permen dalam kantong-kantong tersebut (kulit atom). Aturan mengisinya adalah mulai dari kulit terdekat, isi sampai penuh kulit K (kulit K maks 2). Lalu selanjut kulit L (maks 8), dan seterusnya sampai suatu saat ada kulit yang gak bisa diisi penuh. Jika ente sudah sampai disaat seperti ini, maka kurangi jumlah n-nya. Jika seandainya elektron yang masih belum diisi kurang dari 8 maka semuanya diisi pada kulit terakhir. Nah, contohnya saja, kita pakai unsur Kalium (K) dengan nomor atom 19. Pastinya jumlah elektronnya ada 19, kita isi 2 ke kulit K (maks 2). Setelah itu sisa atomnya ada 17. Kita isi 8 ke dalam kulit L (maks 8), maka sisanya adalah 9. Nah, sekarang di kulit M (maks 18) gak bisa diisi penuh karena sisanya 9, maka n-nya dikurangi 1 sehingga kulitnya hanya diisi dengan 8 elektron, sisanya 1 elektron ditaruh di kulit selanjutnya atau kulit N.
Dari tabel tersebut konfigurasi elektronnya dapat ditulis 2 8 8 1, atau 2.8.8.1. Nah, gitu aja. Mau mimin tambahin? Gak ah gitu aja. Baiklah setelah mimin udah kasih tau caranya sekarang bantuin mimin nyelesaiin soal berikut :







Tulislah konfigurasi elektron dari:
-Natrium (Na), nomor atom = 11
-Antimon (Sb), nomor atom = 51

Nah, gitu aja deh. Coba selesaiin soal di atas yah, jawabannya silahkan ditulis dikomen. Kalo masih ada yang kurang jelas, atau mungkin mimin ada kesalahan silahkan dicurhatin di komen. Semoga postingan ini bermanfaat. Skian and goodbye (^_^)V

Jangan lupa juga
Download ebook hipnotis
Download game Crazy Taxi
Baca tentang sifat-sifat orang Indonesia

No comments:

Post a Comment