Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, April 22, 2016

Logo KNK Dalam Koordinat Kartesius

Hai semua ^_^ Hari ini mimin iseng-iseng bikin logo KNK dalam koordinat kartesius. Nah, ini hanya buat fun aja ya. Terus gimana cara bikin logo KNK-nya? Cekidot.









Baiklah, buat ente yang pengen ngegambar logo KNK dalam koordinat kartesius. Caranya gampang. Pertama-tama sediakan kertas yang ada gambar koordinat kartesius (kalo gak ada, gambar sendiri lah) atau ente juga bisa pake aplikasi buat ngegambar di koordinat kartesius di PC atau Smartphone ente biar lebih gampang. Yang pertama yang harus ente gambar adalah lingkaran. Gambarlah dengan titik pusat berada di titik O(0, 0). Berikut persamaan lingkarannya
x² + y² = r²
r-nya terserah ente mau berapa
Misalnya ente pilih r = 3 maka persamaannya
x² + y² = 9

(Bagi yang ngegambarnya di kertas secara manual, gunakan jangka lebih baik. Tapi pastikan jarak antar bilangan yang ada di sumbu x dan sumbu y itu sama. Cara ngegambarnya mudah. Bagian paku dari jangka diletakkan di titik O(0, 0) lalu bagian pensilnya diletakkan di r yang ada pada sumbu x atau y, setelah itu putar)

Setelah ngegambar lingkaran waktunya ngegambar garis miring.
Tarik garis dari titik (√(r²/2), -√(r²/2)) sampai titik (-√(r²/2), √(r²/2)). 
Misalnya tadi ente pilih r = 3, maka garisnya:
Dari titik (√(9/2), -√(9/2)) sampai titik (-√(9/2), √(9/2)). 

(Kalo gak bisa ngakarin, garisnya digambar aja kayak persamaan garis y = -x. Gak ngerti? Kasian yah tanya di komen. Atau biar gampang, buat sudut 45 derajat dari sumbu x searah jarum jam, terus digambar garis deh.)

Lalu gambar titik di:
(r/2, 0) dan (-r/2, 0)
Misalnya tadi ente pilih r = 3, maka titiknya ada di
(3/2, 0) dan (-3/2, 0)

Lalu gambar 4 garis yang ada di samping kiri dan samping kanan.
Garis 1 : ditarik dari (r, 0) sampai (5r/3, r)
Garis 2 : ditarik dari (r, 0) sampai (5r/3, -r)
Garis 3 : ditarik dari (-r, 0) sampai (-5r/3, r)
Garis 4 : ditarik dari (-r, 0) sampai (-5r/3, -r)
Misalnya ente pilih r = .3 maka

Garis 1 : ditarik dari (3, 0) sampai (5, 3)
Garis 2 : ditarik dari (3, 0) sampai (5, -3)
Garis 3 : ditarik dari (-3, 0) sampai (-5, 3)
Garis 4 : ditarik dari (-3, 0) sampai (-5, -3)

(Bagi yang menggambarnya manual pake kertas, gunakan mistar atau penggaris saat menggambar garis. Pertama buat titik di salah satu koordinat ujung garis, lalu titik satunya lagi di ujung yang laen. Lalu gambarlah garis dari kedua titik tersebut dengan penggaris)

Nah, itulah cara menggambar logo KNK Blog di koordinat cartesius dengan pusat di O(0,0). Kalo ente pengen ngegeser, atau ngegedein bisa juga. Itu sih kalo ente udah kuasain materi Transformasi. Kalo mungkin ada kesalahan sama rumus diatas tolong kasih tau. Kalo gak ngerti, kasian ya komen aja biar mimin maksain ente buat ngerti. Semoga postingan ini bermanfaat dan menghibur ente (bagi yang suka math) dan semoga ini bisa menjadi pembelajaran biar ente lebih terlatih buat ngegambar di koordinat kartesius. Yasudah, sekian and goodbye V(^_^)

No comments:

Post a Comment